Memanfaatkan Garam dapur Untuk pupuk Tanaman - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memanfaatkan Garam dapur Untuk pupuk Tanaman


Navigasi Info - garam dapur suatu matrial yang berasa asin mungkin tak perlu di jelaskan soal ini ke rekan - rekan pembaca karena garam biasa kita jumpai di dapur kita masing karena garam salah satu kunci membuat makanan terasa nikmat.

garam dapur yang biasa kita gunakan untuk memasak membuat makanan menjadi lebih nikmat ternyata bukan hanya itu saja dapat kita manfaatkan karena garam dapur dapat membuat subur tanaman dalam artian bisa menjadi pupuk penambah nutrisi tanaman.


garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berupa senyawa anorganik seperti klorida (Cl−), dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat (CH3COO−) dan ion monoatomik seperti fluorida (F−), serta ion poliatomik seperti sulfat (SO42−). Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam

Garam yang memiliki kandungan Sodium (Na+) dan Klor (Cl-), dapat memberikan unsur mikro yang bisa dimanfaatkan secara langsung oleh tanaman untuk menunjang pertumbuhan tanaman.
Natrium klorida (NaCl) dapat membantu memulikan mikronisme pada tanah secara cepat.

Manfaat Garam untuk tanaman

  • menghilangkan gulma
  • menetralisir zat asam yang berlebih
  • memulihkan nustris tanah
  • menunjang percepatan pertumbuhan tanaman

Cara pemakaian untuk pupuk tanaman

cukup larutkan garam pada air hingga merata lalu diamkan selama 10 menit langsung dapat di semprotkan pada tanaman atau tanah

Catatan: perbandingan air dan garam 5:1 untuk lima liter air perlu 1 kg garam

selamat mencoba semoga dapat bermanfaat kepada rekan - rekan