Cara Membuat Hidroponik Sederhana Dengan Botol Bekas - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Hidroponik Sederhana Dengan Botol Bekas

Navigasi Info - pertanian saat ini telah menjadi gaya hidup melenia diperkotaan walaupun mereka terkendala oleh lahan untuk bertani tapi itu tidak mematahkan semangat mereka untuk mendapatkan sayuran atau buahan organik hasil dari bercocok tanam sendiri.


banyak cara bagi kita untuk memanfaatkan yang ada untuk bercocok tanam di rumah dengan lahan yang terbatas atau dapat dibilang sempit.

sebenarnya sederhana sekali untuk kita bertani di lahan yang sempit kita dapat memanfaatkan botol bekas minuman seperti aqua atau pun menzon ya langsung saja kita ke tutorial pembuatannya

cara pembuatan hidroponik dengan botol bekas :

 Bahan dan Alat :


  • Sediakan botol bekas dengan ukuran yang sama
  • pipa paralon seperempat Inci ( termasuk untuk menjointnya )
  • besi untuk melubangi
  • holew saw 5 mm sesuai netpot

cara membuat :

  1. pertama - tama panasi besi sampai benar - benar panas lalu tusukan terhadap botol plastik yang telah kita siapkan tadi diusahakan jarak setiap lubangnya sama supaya pemasangannya rapih dan enak diliahat selain itu posisi pipa harus di tengah atau lebih tinggi.
  2. setelah botol di lubangi dengan ukuran jarak yang sama lalu masukan pipa paralon tersebut di lubang yang telah kita buat tadi sehingga setiap botol menjadi satu dan sejajar.
  3. lalu lubangi kembali pipa untuk masukan netpot. gunakan holew saw untuk melubanginya supaya rapih jika kalian tidak memunyai holew saw kita bisa mengunakan kawat panas.
  4. setelah itu lubangi pipa paralon dengan holew saw atau paku untuk melubangi pipa penyedia air untuk setiap tanaman.
  5. setelah selesai tinggal instal pipa kepompa air untuk pengairannya.

Selamat mencoba jika masih bingung bisa di lihat di video diatas