Cara Membuat Pupuk dengan Micin atau MSG - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pupuk dengan Micin atau MSG

Navigasi Info - Micin atau MSG sering jadi bahan guyonan saat ini salah satunya generasi micin atau anak micin yang mitosnya buat bodoh yang mengomsumsinya tapi benarkah itu. ?

Sejarah MSG/Micin :

menurut sejarah Micin atau MSG ditemukan oleh ahli kimia berkebangsaan jepang yang bernama Kikunae Ikeda . kisah ini dimulai saat kikunae ikeda menyusun standarisasi rasa kaldu sup rumput laut atau sering disebut Dashi oleh masyarakat jepang.

Kikunae Ikeda bertanya-tanya bagaimana membuat standar rasa kaldu untuk sup rumput laut ( Dashi ) yang mana kaldu sup rumput laut ( Dashi ) ini terbuat dari fermentasi rumput laut dan ikan kering pada masa itu masyarakat jepang biasa Menggunakan dashi sebagai penyedap masakan

Pada tahun 1908 Kikunae Ikeda mencoba mengestrak Dashi menjadi kristal seperti garam yang sekarang kita kenal dengan MICIN atau MSG walaupun banyak kendala pada akhirnya Ikeda berhasil membuatnya.

mungkin ini sebagian kecil sejarah pembuatan micin tapi apa saja kah kandungannya

Kandungan MSG atau MICIN :


  1. Asam Glutamat
  2. Natrium
  3. Air
  4. Nitrogen


Nitrogen sendiri kita yang kita tahu berfungsi untuk membuat rangsangan perkembangan tanaman termasuk mempercepat pertumbuhan Batang,Akar, dan Daun selain itu fungsi lainnya Nitrogen sangat berguna bagi tanaman untuk berfotosintesi tanaman akan lebih berwarna hijau segar oleh nitrogen ini.

Natrium berfungsi sebagai pengembali kesuburan tanah atau nama lainnya berfungsi sebagai hara yang menyuburkan tanah.

Terlepas dari mitos yang berkembang pada masyarakat ternyata Micin atau MSG sangat bisa dimanfaatkan sebagai pengganti pupuk .

Cara Membuat Pupuk dengan Micin atau MSG :

Bahan :


  1. Micin atau MSG
  2. Air


Alat :


  • Wadah air seperti gelas atau ember



Cara Membuat :

Memanfaatkan Micin Untuk pupuk sangat lah gampang anda cukup larutkan micin kedalam air kompusisinya 1,5 gram micin untuk 1 gelas / 300cc air.
Larutkan hingga rata dan dapat langsung digunakan untuk menyiram tanaman.

selamat mencoba dan semoga sukses