memanfaatkan nasi basi menjadi pupuk organik - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

memanfaatkan nasi basi menjadi pupuk organik

Navigasi Info - mungkin sebagian kita sering menyisakan nasi atau tak habis dimakan menjadi limbah / nasi basi yang mengandung banyak bakteri yang dapat merusak tubuh manusia walaupun sebagian kita  yang memiliki hewan ternak bisa menjadikan pakan makanan untuk ayam atau bebek tiga terlalu beresiko untuk jadi pakan hewan karena daya tahan tubuh hewan yang lebih kuat menangkal bakteri itu.

tapi teman - teman jangan galau juga sih jika teman - teman tidak memiliki hewan ternak ternyata nasi basi juga dapat kita manfaatkan menjadi salah satu bahan penyubur tanaman dengan nama lain pupuk dan pastinya pupuk dari nasi basi ini bebas dari bahan kimia yang membahayakan plus punya nilai ekonomi untuk menghasilkan uang tambahan.

kita dapat memanfaatkan bakteri dan spora pada nasi basi untuk membuat cairan pupuk organik yang sering dikenal dengan MOL ( Mikro Organisme Lokal ) ini sejenis pupuk yang menggunakan mikro organisme untuk memulihkan tanah yang sekarang banyak peminatnya dan punya harga jual yang tinggi






cara membuat MOL ( pupuk organik dari nasi basi ) :

Bahan:

  1. Nasi ( Nasi Basi )
  2. Air Bersih
  3. Gula pasir


Alat :

  • Ember atau drum untuk menampung
  • Botol untuk mengemas
  • Sarung tangan mencegah bakteri ketubuh kita
  • Saringan atau dapat menggunakan kain penyaring 


Cara membuat :

  1. Masukan nasi basi itu di ember penampung  dan tutup rapat hingga di tumbuhi jamur kira - kira  satu Minggu nasi telah di tumbuhi jamur yang sama seperti  gambar diatas jangan lupa mengunakan sarung tangan ya supaya tidak terkena bakteri yang membahayakan tubuh.
  2. Jika telah ditumbuhi jamur masukan air dan gula perbandingan 2 : 10 untuk 2 liter air di butuhkan 10 sendok gula pasir  pada wadah yang terdapat nasi basi tersebut dan tutup rapat kembali biarkan selama 1 minggu lagi .
  3. Setelah seminggu nasi basi itu mengendap di bawah dan air olahan itu dapat di gunakan.
  4. Saringlah air itu dengan kain atau saringan lain untuk memisahkan ampas nasi basi itu dengan cairan pupuk cair MOL ini.
  5. Tinggal dikemas dibotol jika ingin dijual intinya cairan ini tinggal di semprotkan ke tanaman atau tanah siap di gunakan menjadi pupuk cair.


Selamat mencoba semoga sukses