Mengenal Tanaman Kecombrang berserta manfaat nya - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Tanaman Kecombrang berserta manfaat nya

Navigasi Info - kecombrang atau masyarakat Lampung mengenalnya dengan sebutan kumbang sekala . Kecombrang mempunyai bunga berwarna merah jambu ( pink ) seperti bunga teratai.

Kembang sekala / bunga kecombrang
Kembang sekala / bunga kecombrang

Tanaman kecombrang sering dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia untuk diolah menjadi berbagai makanan seperti : tumis kecombrang , sambal kecombrang dan kecombrang sangat populer diolah menjadi campuran masakan seafood seperti udang dan cumi.

Bunga kecombrang mempunyai nama ilmiah etlingera elatior , dengan berbagai manfaat seperti dibawah ini.

Manfaat Tanaman Kecombrang


Dapat dijadikan pengganti sabun


Pada masa lampau bunga kecombrang juga sering digunakan untuk menjadi sabun .

Jika kalian menggosokkan bunga kecombrang ia akan mengeluarkan banyak busa disertai bau harum yang khas bunga kecombrang.

Selain itu bunga kecombrang mengandung antibakteri yang akan menghilangkan bakteri yang menempel pada kulit jadi tak heran jika leluhur kita telah lama memanfaatkan tanaman ini sebagai pengganti sabun.

Bahan dasar makanan


Dari dahulu leluhur kita telah memanfaatkan tanaman kecombrang untuk menjadi bahan dasar makanan yang mana bunga kecombrang dapat diolah menjadi berbagai masakan , terutama untuk masakan seafood tanaman ini punya aroma yang khas yang dapat meningkatkan nafsu makan kalian.

Menghilangkan bau badan


Jika ketiak kalian memiliki aroma tak sedap kalian dapat memanfaatkan bunga kecombrang sebagai pengganti deodora karena aroma wangi yang khas dari bunga kecombrang dan antibakteri yang terdapat pada bunga kecombrang mampu menghilangkan bau badan.

Memperbanyak ASI


Kandungan nutrisi yang tinggi dapat dimanfaatkan untuk memperbanyak ASI , cocok sekali dimakan bagi ibu yang sedang menyusui.

Mengobati luka


Kecombrang dapat kita manfaatkan sebagai obat mengatasi luka dikarenakan antibakteri pada bunga kecombrang yang mampu memusnahkan bakteri berbahaya pada luka sehingga dapat menjadi pengganti obat merah.

Harga bunga kecombrang


Harga bunga kecombrang segar rata-rata berkisaran Rp 30.000 - Rp. 50.000 dipasaran bisa menjadi peluang bisnis untuk kita para petani.

Semoga bermanfaat untuk para pembaca dan sukses selalu