Cara Mudah Ternak Bekicot untuk Pemula serta berbagai macam manfaatnya - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Ternak Bekicot untuk Pemula serta berbagai macam manfaatnya

Mengenal lebih dekat bekicot hewan hama yang kaya akan gizi 


Navigasi Info - di rumah atau pun sedang berpergian, berpariwisata ( traveling ) maupun camping, jika sewaktu - waktu mendapatkan kecelakaan kecil ( luka ringan ) seperti tersandung batu , tergores pisau atau duri , tidak perlu khawatir atau repot . Alam telah menyedikan obat mujarapnya yaitu dengan menggunakan bekicot .


Untuk mengobati luka ringan dengan bekicot :



  1. Caranya sangat lah mudah kalian cukup pecahkan cangkang tepat di bagian puncaknya yang bagian lancipnya.
  2. Lalu teteskan lendir bekicot itu pada bagian yang terluka.
  3. Biarkan sebentar darah akan berhenti dan luka cepat mengering.


Karena hewan bekicot ini mudah di temui 
khusus nya daerah tropis seperti Indonesia

Bekicot adalah hewan sejenis siput darat yang berjalan lambat ( tak heran dia menjadi guyonan untuk meledek teman kita yang lambat heheheh ) .

Bekicot tergolong dalam jenis siput darat dan masih dalam satu rumpun achatinedae

Hewan bekicot ini berasal dari Afrika timur lalu menyebar ke seluruh dunia akibat perdagangan.

Bekicot bernama ilmiah Achatina fulica bekicot juga termasuk hewan hama dalam pertanian karena sering memakan tanaman kita gaes.

Bekicot ini sangat mudah untuk dipelihara karena bekicot cuma memakan dedaunan yang seperti saya sebutkan tadi jika hewan ini sejenis hama tapi penggemar makanan dari olahan bekicot sangatlah banyak hingga sampai ke Eropa khusus nya negara Perancis dengan makanan terbuat dari bekicot yang bernama escargo.

Biarpun bekicot ini hewan hama tapi kandungan gizinya sangat tinggi.

Kandungan pada bekicot :

  1. Kalori
  2. Lemak
  3. Protein
  4. Karbohidrat
  5. Asam amino esensial
  6. Vitamin A
  7. Vitamin B1
  8. Vitamin B2
  9. Vitamin B3
  10. Vitamin B6
  11. Vitamin C
  12. Vitamin E
  13. Mineral
  14. Kalium
  15. Kalsium
  16. Fosfor
  17. Zat besi
  18. Natrium
  19. Magnesium

Selain itu kandungan lemak yang tinggi membuat kalian tidak mudah lapar jika memakannya ( kenyang lebih lama )

Tidak heran para ahli gizi menyarankan memakan bekicot karena kandungan gizi nya yang tinggi dan rasanya yang lezat ajib banget dah.

Note : jika kalian ingin memakan bekicot kalian harus mencucinya hingga benar - benar bersih  dan dimasak benar-benar matang ya , karena parasit didalamnya sangat lah berbahaya bagi tubuh kita ( kalau kata orang kampung bisa keracunan di sebabkan parasit ini ).


Cara Mudah Ternak Bekicot


Menentukan lokasi kandang bekicot


Untuk ternak bekicot pertama - Tama harus memilih lokasi yang tepat yang jauh dari hewan seperti bebek dan semut , serta yang terpenting lokasinya tidak terkena sinar matahari sebagaimana yang kita tahu bahwa Sanya bekicot hidup di daerah yang lembab dengan suhu yang dibutuhkan kisaran 25 sampai 30 derajat Celcius agar pertumbuhanya bisa maksimal .

Menentukan kandang bekicot 


Jika telah ditemukan lokasi yang tepat selanjutnya kita membuat kandang untuk bekicot .

untuk kadang bekicot sendiri termasuk mudah kalian dapat menggunakan drum , galian tanah , terpal, semen  dan kotak kayu.

Untuk kandang bekicot yang terbuat dari kotak kayu , semen , terpal , dan kotak kayu kalian harus menambahkan nya  tanah dengan ketebalan kurang lebih 30 cm yang mana berfungsi untuk penyerapan kotoran agar terjaga kebersihan kandang dan juga untuk mempertahankan kelembaban kandang.

Jika kalian membuat kandang dengan galian tanah harus di pastikan aman dari sinar matahari dan hewan.

Menentukan indukan untuk ternak bekicot


Kalian harus mengetahui dahulu jenis bekicot apa saja yang dapat diternak ?
Yaitu jenis bekicot achatina fulica dan achatina variegata dengan ciri - ciri sebagai berikut.


  1. Bekicot jenis achatina fulica mempunyai warna garis - garis dicangkangnya berwarna tipis ( tidak terang ) jenis bekicot ini yang sangat populer digunakan sebagai bahan dasar pembuatan escargot
  2. Bekicot jenis achatina variegata mempunyai warna garis - garis pada cangkang berwarna tebal ( terang ) .


jenis bekicot achatina fulica dan achatina variegata
jenis bekicot achatina fulica dan achatina variegata 

Setelah mengetahui jenis bekicot yang dapat di budidayakan selanjutnya kita dapat mencarinya sekitar kita karena kedua jenis bekicot ini banyak kita temukan di Indonesia.

Untuk indukan carilah yang kondisinya tidak cacat dengan berat minimal 70 gram atau yang lebih besar akan lebih baik.

Mengawinkan bekicot


Setelah mendapatkan indukan bekicot kalian dapat mencampurnya dalam satu kandang dengan memberikan makanan berupa pakan , sayuran dan buah - buahan.

Karena bekicot merupakan hewan hermafrodit ( mempunyai 2 jenis kelamin ) jadi kalian tidak usah pusing memilih jantan atau betina dan biasanya pada usia bekicot 6 bulan bekicot akan melakukan masa kawin dan akan mencari tempat aman untuk menyembunyikan telurnya , satu indukan bisa bertelur 70 sampai 300 butir telur.

Perawatan ternak bekicot


Kurang lebih 2 Minggu dari masa bertelur bekicot akan menetas dan kalian dapat menyotir untuk di taruh di tempat khusus atau di satukan saja.

Jika kalian melakukan pen sortiran kalian dapat melihat tumbuh kembang anak bekicot dan juga untuk pemberian makanan anak bekicot dapat menggunakan Gangga ( lumut ) , buah , dan sayur .

Setelah tiga bulan dari menetas bekicot telah dewasa dan dapat di beri makan berupa pakan untuk pembesaran bekicot yang mana pakan bekicot kaya akan kapur yang dapat membesarkan tubuh dan cangkang bekicot.

Memanen


Bekicot dapat di panen saat usia 5 - 8 bulan secara fisik dan ukuran biasanya bekicot telah mencapai target pembesaran yaitu berat sekita 70 - 100 gram dan ukuran cangkang mencapai 8 - 10 cm.

Pemanenan dapat dilakukan dengan cara dipilah cari bekicot yang sesuai ukuran panen kemudian diletakan ke dalam kotak kayu atau ember lalu sirami dengan air agar kotoran pada cangkang bekicot hilang.

Hama dan penyakit


Sampai saat ini bekicot bebas dari penyakit palingan musuh alaminya yaitu semut dan bebek.

Harga Bekicot Saat Ini


Daftar Harga Bekicot 2020
Daftar Harga Bekicot


Harga daging bekicot perkilonya 70.000 rupiah
Harga daging bekicot kering perkilonya 25.000 rupiah

saat ini gila bukan hewan hama ini punya nilai jual yang sangat tinggi bisa menjadi referensi kalian yang ingin memulai usaha cobalah berternak hewan ini .

Semoga bermanfaat dan sukses selalu