Mengenal dan Membaca Peluang Bisnis Tanaman Bonsai - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal dan Membaca Peluang Bisnis Tanaman Bonsai

Navigasi Info - Tanaman hias dewasa ini sangat diminati baik bagi anak muda maupun orang tua yang tengah mewabah saat ini banyak yang memburu tanaman hias seperti bunga yang berbentuk unik sampai kembang yang terbilang umum kita lihat .

banyak macam tanaman hias beredar dipasaran seperti kembang maupun tanaman miniatur atau bonsai yang harganya terbilang fantastik dari yang berharga puluhan ribu rupiah sampai yang puluhan juta rupiah .

Saat ini yang lagi booming di masyarakat ialah tanaman bonsai , pasti sudah tidak asing di telinga kalian tentang tanaman bonsai ini .

Tanaman bonsai ialah seni tradisional Jepang untuk mengecilkan tanaman didalam pot dalam artian lain membuat miniatur pohon besar yang berusia tua di dalam pot.

Teknik membuat bonsai antara lain :


  1. Teknik pemangkasan tanaman supaya terlihat indah dan tertata
  2. Teknik pemotongan batang tanaman supaya terjaga ukuran tanamannya 
  3. Teknik pengawatan yang berfungsi untuk membentuk batang dan cabang pohon sesuai ke inginan  kita dengan cara melilitkan dan mengikat kawat pada cabang dan batang pohon supaya dapat menentukan arah tumbuh tanaman bonsai
  4. Teknik menata batu supaya akar tanaman bonsai dapat menjalar indah di bebatuan 
  5. Yang terakhir yang tersulit yaitu teknik kesabaran menunggu tumbuh tanaman bonsai kita 🤣


Jenis Pohon yang sering di buat bonsai antara lain :

Pohon yang paling umum dibonsai adalah berbagai spesies pinus. Jenis tanaman dan pohon dipakai untuk mengelompokkan jenis-jenis bonsai


  1. Bonsai pohon pinus dan ek: tusam, cemara cina, cemara duri, sugi, dan lain-lain.
  2. Bonsai pohon buah untuk dinikmati keindahan buahnya (Ilex serrata, kesemek, Chaenomeles sinensis, apel mini, dan lain-lain).
  3. Bonsai tumbuhan berbunga untuk dinikmati keindahan bunganya (Prunus mume,Chaenomeles speciosa, sakura, azalea satsuki).
  4. Bonsai pohon untuk dinikmati bentuk daunnya (maple, Zelkova serrata, Rhus succedanea, bambu).
  5. Ada banyak sekali tanaman tropis yang telah dicoba dan ternyata cocok untuk dibonsai, di antaranya asam jawa, beringin, cemara udang, waru, dan jambu biji.

Membuat bonsai bisa dibilang mudah mudah sulit bagai mana tidak karena untuk membuat bonsai kalian harus sabar dalam merawatnya karena memerlukan waktu terbilang panjang untuk membuatnya .

Cara membuat bonsai :

  1. Pertama - Tama kalian harus memilih pot yang cocok dari bentuk dan ukurannya dan lubang untuk mengeluarkan airnya yang baik agar tanah nya mudah kering .
  2. Kemudian pilih dan carilah tanah yang baik dalam artian kaya akan nutrisi dan daya serap airnya bagus jika tidak tahan pusing kalian dapat beli secara online atau di toko tanaman hias di tempat kalian
  3. Dan yang terpenting siapkan peralatan untuk merawat bonsai dapat kalian beli di toko tanaman hias atau beli secara online

Yang pastinya harus telaten dalam merawatnya seperti pemberian pupuk dan air , pemangkasan , penggantian pot , penggantian tanah dan pengawatan tanaman bonsai supaya sesuai bentuk yang kita inginkan.

Dan juga tanaman bonsai ini sering di adakan kompetisi juga untuk memamerkan hasil karya anda dalam membuat bonsai dan hadiahnya lumayan besar di pameran tanaman hias bonsai ini kalian dapat menarik peminat pencinta tanaman bonsai untuk membeli tanaman bonsai kalian dengan harga yang tinggi bagai mana tidak tanaman yang paling murah saja kisaran harga 1 - 5 juta rupiah mantaap bukan jika di tekuni untuk usaha .

Peluang untuk usaha ini sangat lah tinggi dan menguntungkan antara lain :

  1. Kalian dapat menjual pot untuk tanaman bonsai dari harga 25.000  sampai 300.000 rupiah
  2. Sedangkan untuk tanaman dan pot nya ( bonsai ) harga termurahnya sekitar 1 sampai 5 juta ke atas 
Kalian dapat menjajakan tanaman bonsai kalian secara online atau dapat juga memajangnya di toko maupun di depan rumah kalian 

Note : jika memajang tanaman bonsai kalian di depan rumah sebaiknya hati-hati kalau bisa pasang sisi tv karena sekarang lagi banyak pencurian tanaman bonsai

Semoga bermanfaat untuk kalian dan sukses selalu