Peluang Bisnis ikan cupang dan Cara Berternak nya - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis ikan cupang dan Cara Berternak nya


Navigasi Info - Ikan cupang merupakan ikan aduan yang populer di dunia khusus nya Asia tenggara tak terkecuali di negara tercinta kita Indonesia .

Yang mana ikan cupang juga salah satu jenis ikan hias yang banyak penggemarnya , selain itu ikan cupang salah satu ikan air tawar yang berasal dari Asia tenggara seperti Brunei , vetnaim , Thailand dan tak terkecuali Indonesia .

Warna dan motif ikan cupang ini sangat bervariasi dengan sisik nya yang bermacam - macam warna tergantung jenis nya selain itu ikan cupang juga mempunyai sifat yang emosional membuat ikan cupang menjadi ikan aduan Yang menambah motivasi penggemar ikan hias untuk mengolesinya.

Dimana banyak pengemar yang fanatik disitu berpotensi bisnis yang basah hehehe.

Harga ikan cupang juga bervariasi dari yang seharga 10.000 rupiah hingga 20.000.000 rupiah atau bahkan lebih gila bukan

di Thailand ikan cupang kachen worachai di jual di Thailand seharga 20 juta rupiah per ekornya ikan cupang jenis ini yang menjadi variasi ikan cupang termahal mantap gilakan .

Selain itu berternak ikan cupang juga termasuk simpel karena dia tidak memerlukan tempat yang luas cukup dengan aquarium atau pun toples kalian dapat memelihara nya .

Cara Budidaya Ikan Cupang


1. Memilih Indukan untuk Budidaya Ikan Cupang

Memilih indukan Ikan cupang Jantan


Untuk menentukan indukan ikan cupang jantan dan betina dapat melihat hal - hal sebagai berikut..


  1. Ikan cupang jantan mempunyai gerakan berenang yang gesit.
  2. Ikan cupang jantan mempunyai sirip yang lebih panjang dan lebar.
  3. Ikan cupang jantan mempunyai warna tubuh yang lebih terang 
  4. Ikan cupang jantan mempunyai ukuran tubuh yang panjang dan besar.
  5. Kemudian pilihlah ikan cupang jantan yang mengeluarkan gelembung biasanya pada usia 4 bulan keatas


Memilih indukan ikan cupang betina



  1. Ikan cupang betina mempunyai gerakan berenang yang lebih lambat.
  2. Ikan cupang betina mempunyai sirip yang lebih kecil.
  3. Ikan cupang betina mempunyai warna tidak terang ( kusam ).
  4. Ikan cupang betina mempunyai ukuran tubuh lebih kecil.
  5. Kemudian pilihlah ikan cupang betina yang perutnya kembung ( buncit ) biasanya saat ikan cupang betina pada usia 3 bulan keatas.


Persiapan kolam ( wadah )



  1. Pilihlah lokasi kolam / wadah yang jauh dari pemangsa seperti kucing , bebek dan kelabang 
  2. Jika kalian tidak memiliki kolam kalian dapat memanfaatkan baskom maupun aquarium .
  3. Berilah ranting , lumpur dan dedaunan supaya mirip seperti habitat aslinya.
  4. Kemudian masukan air bersih yang bebas bahan kimia kalian dapat menggunakan air galian ( sumur ) jangan menggunakan air PAM karena mengandung bahan kimia ( kaporit ).


Mangkawinkan ikan cupang



  1. Masukan ikan cupang harus bertahap ke air sama seperti memasukan udang berfungsi agar ikan cupang tidak stress saat musim kawinnya.
  2. Kemudian kalian letakan plastik yang di lakban atau di ikat agar mengambang di air dan tidak bergerak ini berfungsi agar saat pemindahan indukan cupang tidak merusak telur ikan cupang karena telurnya akan menempel di plastik tersebut dan hindari pemakaian plastik yang berminyak atau mengandung bahan kimia berbahaya.
  3. Jika kalian menggunakan bak / kolam kalian harus memberi penutupnya supaya gelap ( karena ikan cupang termasuk hewan pemalu saat kawin )
  4. Jika kalian menggunakan baskom atau aquarium kalian harus meletakkannya ditempat yang gelap.
  5. Kemudian diamkan kurang lebih 2 - 3 hari ikan cupang jantan akan mengeluarkan banyak gelembung menempel di plastik tadi dan betina akan mengeluarkan sel telurnya disana.
  6. Setelah terlihat gelembung yang dibuat oleh ikan cupang jantan berwarna keputihan mirip seperti ingus ikan cupang betina harus dipisahkan jika tidak telur cupang akan dimakan oleh cupang betina .
  7. Setelah dipisah cupang jantan akan merawat telur hingga menetas 


Note : kalian dapat memindahkan cupang jantan dan betina jika ragu mana yang jantan dan betina tapi kekurangannya telur yang dihasilkan menjadi anakan cupang akan sedikit.

Pemindahan anakan cupang



  1. Telur akan menetas kurang lebih 3 - 4 hari dan menghasilkan anakan cupang 40 - 100 ikan cupang biasanya.
  2. Diamkan selama tiga hari karena anakan cupang belum bisa diberi makan pada usia segitu dia hanya memakan sisa telurnya saja.
  3. Setelah 3 hari anakan cupang dapat diberi makan.
  4. Dan kalian dapat memindahkannya di lokasi yang lebih luas.


Cara perawatannya.



  1. Untuk usia 3 hari kalian dapat memberikan makanan berupa kuning telur , pakan yang di tumbuk halus , cacing sutra dan jentik nyamuk.
  2. Sekitar 1 - 2 Minggu cupang telah dewasa kalian dapat memberi makanan pakan secara normal dan bisa memberi makanan yang membuat cupang cepat bermutasi warna seperti cacing sutra ,ulat sayur ,jentik nyamuk atau pakan khusus yang di jual di pasaran.
  3. Setelah itu persortiran karena cupang ini termasuk hewan kanibal kalian harus memisahkan nya dan di pilih ukuran tubuh yang sama supaya ikan cupang yang kecil tidak kena mangsa.
  4. Selebihnya tidak ada yang khusus untuk merawat cupang karena ikan hias ini tahan banting dalam kondisi apa pun.


Jika kalian berniat berternak ikan cupang kalian cukup dengan hanya bermodalkan 300 ribu rupiah sudah dapat menjalankannya .

Malah bisa lebih murah lagi dari 300 ribu rupiah jika kalian  dapat memanfaatkan toples bekas sebagai pengganti aquarium nya gaes