Buah Calincing / Belimbing terkecil di dunia yang Dapat Mengobati Keracunan - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Calincing / Belimbing terkecil di dunia yang Dapat Mengobati Keracunan

Navigasi Info - Indonesia memang kaya dengan sumber daya alam yang melimpah tak heran banyak bangsa lain yang iri dengan kekayaan alam negeri tercinta kita Indonesia.


Bahkan tanaman yang kita anggap biasa kita jumpai ternyata termasuk tanaman yang unik dan banyak manfaat nya sehingga tidak heran pula banyak orang luar negeri mencari tanaman herbal sampai ke Indonesia.


Tak terkecuali tanaman yang sering saya temukan di perkebunan saya saat saya masih kecil pun termasuk tanaman yang unik bahkan Lanka mungkin karena sulit di temukan saat ini yaitu buah Calincing atau sering kita sebut belimbing - belimbingan yang bahasa ilmiahnya oxallis barrelieri tanaman ini berbentuk seperti buah belimbing dengan ukuran sangat kecil dan rasanya pun masam seperti buah belimbing
Selain itu ini jika dalam bahasa Lampung di sebut jukuk belimbing jika di artikan dalam bahasa Indonesia yang artinya rumput belimbing = jukuk belimbing ( dalam bahasa Lampung dialek A ) kalau dalam bahasa Lampung dialek o ( nyow ) di sebut kebutik .


Tanaman ini sangat mudah kita temui di ilalang dulu tidak tahu sekarang karena perubahan lingkungan mungkin yang mengakibatkan sulit kita temui lagi oh iya tanaman Calincing ini di Inggris dikenal dengan nama lavender sorrel tanaman Calincing ini di perkirakan berasal dari Hindia barat , Amerika tropis , dan Amerika Selatan sekarang tanaman ini dapat kita jumpai di wilayah Afrika ,Australia , Indonesia dan Asia tenggara lain nya.

Kandungan tanaman Calincing :


Buah Calincing Mengandung senyawa polifenol dan Saponin dengan kadar yang rendah sehingga tidak menimbulkan alergi .

Sedangkan Daun Calincing mengandung asam oksalat yang tinggi sehingga akan menimbulkan rasa asam yang tajam selain itu juga asam oksalat juga jika di konsumsi dengan jumlah besar akan mengikat kalsium dalam tubuh ( tidak baik bagi tubuh jika di konsumsi dengan jumlah besar terutama yang terkena penyakit rematik  ).

Manfaat tanaman Calincing :


Kandungan zat aktif dalam buah Calincing dapat bermanfaat untuk penawar racun dalam makanan .

Cara mengobati keracunan makanan dengan buah Calincing :


Bahan :



  1. 25 gram daun dan batang tanaman Calincing
  2. Air 2 gelas


Cara membuat :


Rebus cukup tanaman calincing selama 15 menit

Cara pemakaian :


Minum air rebusan buah Calincing tersebut di pagi dan sore hari

Mantap bukan tanaman belimbing - belimbingan / calincing ini ternyata selain unik punya manfaat yang jarang orang tahu .

Sampai disini dulu artikel ini semoga bermanfaat jika kalian mengetahui manfaat lainnya kalian dapat berkomentar di bawah