Buah klemba / pissei magical fruit asli indonesia - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah klemba / pissei magical fruit asli indonesia


Navigasi Info - Tanaman di dunia ini banyak sekali keunikannya tak terkecuali negara kita Indonesia dari tanaman pemakan serangga hingga tanaman yang mampu membuat lidah kita memakan apa saja menjadi manis seperti magical fruit di luar negeri .


Ternyata di Indonesia memiliki tanaman yang mempunyai efek serupa seperti magical fruit yang terdapat di Afrika barat yaitu tanaman klemba atau dalam bahasa Lampung nya tanaman pissei tanaman pissei ini dulu tumbuh subur di kebun saya tapi sekarang sudah sulit untuk kita temui .

Jika di Afrika barat magical fruit nya sejenis buah berry lain hanya dengan klemba atau pissei ia menyerupai pohon kelapa atau pakis yang baru tunas biasanya buah tanamannya berada dibawahnya seperti gambar di bawah ini.


Seperti pohon kelapa bukan itu pohon tanaman pissei yang akan saya coba budidayakan dirumah selain tanaman ini sudah mulai langka ditambah juga tanaman ini unik karena buah nya mampu mengubah Indra perasa kita menjadi manis memakan apapun juga , ini yang membuat saya berkeinginan untuk mencoba menanamnya dirumah agar tanaman ini tidak punah dan dapat dilihat oleh anak cucu kita nanti jangan sampai hanya menjadi sebuah cerita sedangkan tampilan buah pissei seperti di bawah ini .
Bentuknya mirip kwaci dengan warna kehitaman jika telah masak tapi saya tidak mendapatkannya kemarin, biasanya ukuran buahnya pun tidak besar ya persis sebesar ukuran kwaci .

Mungkin jika dilakukan penelitian untuk tanaman pissei ini kemungkinan ada manfaat bagus untuk kesehatan dan menjadi nilai ekonomi yang membuat tanaman ini tidak punah karena akan dibudidayakan .

Perubahan cuaca dan lingkungan juga membuat tanaman ini menjadi langka , ya tidak kita pungkiri bahwa Sanya Indonesia sering terjadi kebakaran hutan dan perluasan lahan pertanian secara brutal yang membuat flora dan fauna menjadi kehilangan tempat hidupnya .

Mungkin ini menjadi PR kita bersama agar tidak hanya menjadi cerita bagi anak cucu kita tapi juga dapat di wariskan kepada mereka kekayaan alam negeri kita tercinta ini.