Kekurangan dan kelebihan kayu akasia - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan kelebihan kayu akasia

Navigasi Info - Kayu akasia berasal dari dataran afrika yang tumbuh subur di pedalaman hutan, kayu ini diperkenalkan oleh seorang ahli botani yang bernama Carl Linnaeus seorang kebangsaan Swedia tepatnya pada tahun 1773.


Tanaman akasia ini juga tumbuh subur di negara tercinta Indonesia , pohon akasia ini mempunyai nama botanical : acacia mangium yang masih sejenis tanaman Leguminosae ( tanaman polong - polongan )

akasia sangat terkenal menjadi salah satu bahan dasar pembuatan kertas . Tak jarang juga kayu akasia digunakan menjadi bahan pembuatan furniture apa lagi sekarang sudah mulai populer kayu akasia di jadikan bahan baku lemari dan bahan furniture lain nya.

Tanaman akasia tinggi pohonnya bisa mencapai 30 meter dari tanah dengan diameter bisa mencapai sampai 1 meter , sedangkan bentuk pohon akasia termasuk salah satu pohon yang bebas cabang yang menjulang lurus tanpa cabang hingga setengah total tinggi batang nya.

Kelebihan kayu akasia :


Tahan lama 

Kayu akasia juga terkenal dengan ketahanan nya terhadap jamur , perubahan cuaca , dan serangga seperti rayap dapat diartikan bahwa Sanya kayu akasia masuk dalam jajaran kayu yang awet.

Serat kayu 

Serat kayu akasia sangat cocok untuk pembuatan kertas dan menjadi salah satu kayu unggulan pembuatan kertas , dan memiliki warna kayu khas seperti warna coklat muda , warna coklat tua kehijauan dan berwarna krem

Waktu panen

Pohon akasia sudah dapat kita panen pada usia kurang lebih 6 tahun dari penanaman biasanya usia segitu sudah memiliki diameter 30 cm sedangkan dalam pembuatan furnitur kita memerlukan kayu berdiameter 25 cm .

Mudah dibentuk

Kayu akasia termasuk kayu yang halus dan baik jika di potong dengan mesin , daya ikatnya pun cukup kuat jika menggunakan paku dan baut dalam pembentukannya untuk membuat furnitur sangat baik

Kekurangan kayu akasia :



Pengeringan kayu akasia cukup lama 


Untuk pengeringan kayu akasia termasuk salah satu kayu yang memerlukan kesabaran dalam pengeringannya dikarenakan untuk ketebalan kayu 3 cm memerlukan waktu kurang lebih sampai 60 hari lamanya.

Susut 


Jika dalam pengeringan kayu akasia dapat mengalami penyusutan yang besar dari aslinya

Mudah melengkung 


Kayu akasia mudah sekali melengkung jika peletakan pada mesin pengering ( Kiln dry ) tidak tepat jadi harus cukup teliti dalam penanganannya.

Pemanfaatan tanaman akasia :


Dewasa ini tanaman akasia banyak dimanfaatkan untuk beberapa produk antara lain sebagai berikut :


  1. Pembuatan kertas seperti diterangkan di atas akasia salah satu bahan dasar unggulan pembuatan kertas
  2. Pembuatan furnitur karena mempunyai warna yang khas dan mudah dalam pembentukannya dewasa ini tanaman akasia banyak di buru untuk pembuatan furnitur 
  3. Bahan dasar pembuatan parfum tanaman akasia mempunyai aroma khas yang di gemari dan sangat populer
  4. Menjadi tanaman bonsai beberapa orang memanfaatkan tanaman akasia ini menjadi tanaman bonsai yang indah
  5. Menjadi bahan dasar produk kecantikan karena tanaman akasia mengandung astrigen 
  6. Tanaman akasia bisa menjadi salah satu tanaman herbal karena kandungannya dapat menyembuhkan diabetes dan ejakulasi dini

Jika kalian tertarik membeli kayu akasia kami pun menjual kayu akasia perkubik nya hanya 2 juta rupiah saja

Rp 2.000.000
Jika kalian tetarik untuk membeli kayu akasia dapat hubungi wa kami dengan cara mengklik gambar wa di bawah :


Ingin Pesan Kayu Akasia Hubungi WA ini :