Kelebihan dan kekurangan kayu Pinus - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan kayu Pinus

Navigasi Info - Pohon tusam atau lebih dikenal dengan pohon Pinus dan dibeberapa daerah ada juga yang menyebut pohon jati Belanda sedangkan kayu Pinus yang sering digunakan untuk pembuatan perabotan ( furnitur ) ialah kayu Pinus jenis merkusii dan radiata yang tumbuh subur di pegunungan Sumatra.


Kayu Pinus salah satu kayu yang sering di gunakan dalam pembuatan furnitur seperti lemari , kursi , meja dan furnitur lainnya .


Tak jarang pula kayu Pinus ini digunakan untuk bahan dasar pembuatan pengemasan barang ekspor maupun impor , dikarenakan kayu pinus mudah dibentuk yang disebabkan oleh teksturnya yang lunak dan lembut selain itu kayu Pinus juga kuat menghadapi tekanan sehingga sangat cocok dibuat untuk kemasan barang impor.


Menurut rumor yang beredar dipasaran  kayu Pinus ini mudah di daur ulang yang disebabkan oleh kayu nya lebih lunak dari pada kayu lain untuk pembuatan furnitur.

Dari keterangan diatas kalian pasti ingin mengetahui lebih dalam dari kayu Pinus ini oleh sebab itu kami telah merangkum dari berbagai sumber untuk mengupas lebih dalam tentang kekurangan dan kelebihan dari kaya Pinus ini langsung saja kita kupas bersama.

Kelebihan dan kekurangan kayu Pinus


Kelebihan kayu pinus



  1. Kayu pinus Cepat dalam pengeringan hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 Minggu untuk mencapai MC level 12 % .
  2. Kayu Pinus memiliki warna yang terang dapat dipastikan kalian akan jatuh cinta dengan warna serat kayunya yang cerah dan indah.
  3. Kayu Pinus juga memiliki ketahanan yang kuat yang membuatnya tahan lama dan awet walaupun kayu Pinus memiliki tekstur yang kaku dan ringan tapi kekuatannya tidak dapat di remehkan ya walaupun tak sekuat kayu jati maupun kayu oak sih tapi cukup lumayan kuat 
  4. Kayu Pinus memiliki berat yang dapat dibilang lebih ringan daripada kayu jati dan kayu lainnya sehingga memudahkan kita dalam memindahkan jika ingin mendekorasi ruangan.
  5. Kayu Pinus mudah melakukan pengecatan karena warnanya yang cerah lebih memudahkan kita melakukan pengecatan.
  6. Kayu Pinus salah satu kayu yang tahan dengan guncangan dikarenakan teksturnya yang lembut dan ringan namun kuat terhadap tekanan sangat cocok dibuat untuk bangunan anti gempa.
  7. Kayu Pinus waktu panennya lebih cepat karena pertumbuhannya yang terbilang cepat jadi kita dapat cuan terus dari penjualannya dan juga tidak takut kehabisan setok karena penanamannya mudah dan cepat.


Kekurangan kayu Pinus



  1. Walaupun kayu ini awet tapi kayu Pinus ini mudah tergores dan melengkung jadi jika kalian memilih kayu yang kuat dalam artian tidak mudah tergores dan melengkung kayu Pinus tidak dapat menjadi pilihan kalian.
  2. Kayu Pinus juga memiliki banyak mata kayu sehingga kita harus lebih teliti memilihnya karena berpengaruh dengan kekuatan kayu yang kita jadikan furnitur 


Harga Kayu Pinus


Untuk harga di pasaran saat ini kayu Pinus gelondongan permeter kubiknya dengan diameter 30 cm seharga 1 juta sampai 2 juta rupiah

Begitulah hasil penelitian kita dari berbagai sumber yang terpercaya Semoga bermanfaat dan sukses selalu