Manfaat tanaman Ketapang yang jarang orang tahu - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat tanaman Ketapang yang jarang orang tahu

Navigasi Info - Bagi para pencinta ikan cupang mungkin tidak asing jika mendengar tanaman Ketapang karena daun Ketapang sangat bermanfaat untuk kesehatan air ikan cupang dan menurut mitos yang beredar di pasaran air rendaman daun Ketapang mampu mempercepat mutasi perubahan warna ikan cupang kita .


Sedangkan tanaman Ketapang ini mempunyai nama ilmiah terminalia catappa , pohon Ketapang biasanya tumbuh subur didekat tepi pantai pohonnya yang rindang membuat cocok sekali untuk menjadi tempat berteduh , tanaman Ketapang ini berasal dari Asia tenggara oleh sebab itu jadi tidak heran tanaman Ketapang ini pun mudah kita temui di Indonesia.

Manfaat ketapang

Selain itu ternyata hampir setiap bagian dari tanaman Ketapang dapat kita manfaatkan dalam artian lainnya daun sampai buahnya dapat bermanfaat bagi kita .


Apa sajakah manfaat tanaman ketapang itu mari kita simak bersama .

Manfaat tanaman ketapang


Manfaat daun Ketapang


  1. Daun Ketapang dapat di manfaatkan menjadi bahan pewarna hitam.
  2. Daun Ketapang dapat juga dimanfaatkan untuk menjadi bahan dasar tinta.
  3. Daun Ketapang sering dimanfaatkan untuk ikan hias cupang di karenakan daun Ketapang mampu menetralisir air selain itu menurut rumor yang beredar air rendaman daun Ketapang dipercaya mampu memperpanjang umur ikan cupang dan mempercepat mutasi perubahan warna ikan cupang .
  4. Daun Ketapang juga dimanfaatkan menjadi tanaman herbal untuk mengobati darah tinggi ( biasanya daun Ketapang diekstrak menjadi obat darah tinggi )

Manfaat kayu Ketapang


Kayu Ketapang biasanya dimanfaatkan untuk bahan bangunan dan furnitur walaupun tingkat ketahanan nya kurang bagus ( kurang awet ) , kayu pohon Ketapang ini digunakan untuk membuat perahu .

Manfaat buah Ketapang 


Buah atau lebih tepatnya biji buah Ketapang biasa dimanfaatkan sebagai pengganti almond karena rasa dan bentuk biji Ketapang mirip dengan kacang almond , jika segi rasa biji Ketapang ini rasanya lebih enak dari kenari tidak heran di beberapa negara memanfaatkan biji Ketapang menjadi cemilan dan toping kue .

Di Indonesia sendiri tanaman ketapang ini kurang di manfaatkan bisa jadi banyak dari kita yang belum tahu cara pemanfaatannya .

Mungkin dengan adanya artikel ini dapat menginspirasi kita untuk memanfaatkan tanaman Ketapang ini secara maksimal .

Terima kasih telah membaca dan semoga sukses