Mengupas Tentang Pertanian Hidroponik yang Sedang Booming - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengupas Tentang Pertanian Hidroponik yang Sedang Booming

Navigasi Info - Bertani hidroponik atau bertani dengan menggunakan media air untuk media tanamnya, selain itu menggunakan sistem pertanian hidroponik kita akan lebih efisien Dalam penggunaan air karena dengan menggunakan sistem hidroponik air yang kita pakai lebih sedikit dan juga pupuk yang kita gunakan lebih hemat dalam artian tidak banyak menggunakan pupuk .
Sistem hidroponik

Dewasa ini teknik pertanian hidroponik sedang booming dimasyarakat kita dan menarik untuk kita bahas oleh sebab itu team kita telah merangkum nya dari beberapa sumber untuk disajikan kepada para pembaca mari kita kupas bersama.

Kelebihan bertani hidroponik

Sejarah Hidroponik


Dalam sejarah perkembangannya sistem pertanian hidroponik sendiri bermula pada tahun 1627 yang mana pada saat itu Francisco bacon menulis sebuah buku yang berjudul Sylva sylvarum yang mana pada bukunya itu berisikan bagaimana membudidayakan tanaman tanpa media tanah kemudian pada tahun 1699 seorang bernama John woodward meneliti dan mempopulerkan teknik budidaya hidroponik ini .

Petani terkaya

Itulah secuil sejarah tentang sistem pertanian hidroponik , sedangkan untuk kekurangan dan kelebihan nya dapat di simak uraian kita dibawah ini.

Kekurangan dan Kelebihan menggunakan Sistem hidroponik


Kekurangan sistem pertanian hidroponik



  1. Yang pastinya menggunakan sistem hidroponik dapat dibilang lebih mahal dibanding bertani dengan menggunakan media tanah.
  2. Selain itu biaya perawatan komponen alat hidroponik seperti pompa air , pipa dan lain lumayan menguras dompet.
  3. Ditambah lagi kita memerlukan kemampuan untuk meracik pupuk yang pas untuk tanaman yang kita budidayakan.
  4. Yang kita sayangkan jika menggunakan sistem pertanian hidroponik untuk saat ini belum semua tanaman yang bisa kita tanam dengan menggunakan sistem hidroponik ini.


Menurut pengalaman yang ada sepertinya tiga permasalahan itu yang membuat kita harus berpikir ulang untuk bertani menggunakan sistem hidroponik akan tetapi di luar kekurangannya pasti banyak juga kelebihannya seperti yang kita uraikan dibawah ini.

Kelebihan sistem hidroponik 



  1. Sistem hidroponik sangat cocok bagi kita yang hidup diperkotaan yang keterbatasan lahan pertanian karena dengan menggunakan sistem pertanian hidroponik kita tidak memerlukan media tanah untuk media tanamnya.
  2. Tanaman yang kita panen dengan sistem hidroponik dapat dijamin kebersihannya disebabkan tanaman kita tidak bersentuhan dengan tanah dapat dipastikan tanaman yang kita tanam bersih dan steril.
  3. Air dan pupuk yang kita gunakan pun terbilang lebih sedikit dalam penggunaanya karena penggunaan air dan pupuk yang terus menerus sirkulasi dan lebih efisien pemakaiannya.
  4. Dalam waktu pemanenannya pun terbilang mudah tidak sulit seperti saat kita bertani menggunakan media tanah.
  5. Jika dibandingkan dengan kita bertani di media tanah pertumbuhan tanaman bisa dibilang lebih cepat dan subur.
  6. Dalam perawatan tanaman nya tidak membutuhkan banyak tenaga seperti kita bertani di media tanah.
  7. Jika menggunakan sistem pertanian hidroponik dapat dibilang Hama penyakitnya pun jarang kita jumpai malah bisa tidak ada.


Dari pengalaman kita jika bertani hidroponik bisa dibilang lebih banyak untungnya akan tetapi biaya pembuatan awalnya yang lumayan harus merogoh kocek .

Metode penjualan tanaman hidroponik



  1. Kalian dapat menawarkan nya ke orang terdekat kalian seperti tetangga maupun rekan kalian.
  2. Kalian pun dapat menawarkan nya melalui online sekarang sudah banyak orang menawarkan sayur hasil pertanian hidroponik mereka melalui online dan harganya pun bervariasi.
  3. Bergabung dengan jaringan komunitas hidroponik di media sosial atau pun offline karena peminat sayuran hidroponik sangatlah banyak terkadang petani hidroponik kehabisan stok sayuran maupun buahan mereka sehingga memerlukan pihak lain untuk mencukupinya.


Menurut pengalaman orang yang kita wawancara untuk penjualan sayuran dan buahan hidroponik ini sangat lah mudah karena sayuran dan buahan hasil pertanian hidroponik ini lebih enak dan bergizi sehingga banyak orang yang memburunya dalam segi harga pun lumayan menguntungkan untuk para petani .

Sampai disini dulu jika ada kekurangan dapat berkomentar dibawah terima kasih telah berkunjung dan semoga sukses