Cara Berternak Kambing yang Mudah dan Murah - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berternak Kambing yang Mudah dan Murah

Navigasi Info - Idul Adha banyak umat Islam mencari hewan kurban seperti : sapi , kerbau dan kambing.

Berternak Kambing
Berternak Kambing

Pada saat perayaan hari kurban harga hewan kurban semakin meningkat tajam seperti tahun 2020 sekarang ini harga sapi mencapai kisaran harga Rp 12 jutaan keatas sedangkan untuk harga kambing kisaran harga Rp 1,5 jutaan keatas.

Harga ini meningkat dari hari biasanya ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi kalian jika ingin menggelutinya terutama untuk berternak kambing.

Karena selain harga kambing lebih murah dari hewan kurban yang lain kambing juga untuk pembesarannya memerlukan waktu singkat ditambah lagi kebutuhan akan daging kambing sangat banyak dipasaran seperti untuk pembuatan makanan sate , soap dan lainnya.

Oleh sebab itu saya telah merangkumnya untuk kalian sebagai mana akan saya jabarkan seperti dibawah ini.

Cara Berternak Kambing


Persiapkan Kandang Kambing


Untuk memulai usaha ternak kambing hal awal yang harus dipersiapkan adalah persiapkan lokasi dan pembuatan kandang kambing.

Pilihlah lokasi yang jauh dari pemukiman warga agar tidak terkena teguran tetangga dan masyarakat selain itu lokasi harus terhindar dari hewan pemangsa seperti anjing atau hewan pemakan ternak lainnya jika telah mendapatkan lokasi yang baik selanjutnya pembuatan kandang.

Kalian dapat membuat kandang dari semen , kayu atau jika kalian ingin lebih hemat kalian dapat menggunakan bambu kemudian buat lah kandang kambing ukuran 7 × 7 m ini ukuran ideal yang dapat menampung 20 ekor kambing jika kalian menggunakan bahan kayu kisaran harga kurang lebih Rp 5 juta biaya yang habis untuk pembuatannya.

Tapi jika kalian hanya berternak kambing sedikit ( sederhana ) untuk jumlah kambing 1-5 ekor perkiraan harga pembuatan kandang dari bahan kayu ukuran kecil akan menghabiskan biaya Rp 1.500.000 saja.

Persiapkan bibit kambing


Untuk pembibitan kalian dapat membeli anakan kambing dipasaran ( perternak ) antara harga Rp 300.000 - Rp 600.000 per ekor.

Jika kita mengambil harga rata per ekor Rp 400.000 dan kalian hanya membeli anakan kambing 5 ekor saja maka kalian hanya mengeluarkan biaya sebagai berikut Rp 400.000 x 5 ekor = Rp 2.000.000

Persiapkan pakan 


Untuk pakan kalian dapat menanam rumput serta memberi vitamin yang dijual dipasaran dengan harga kisaran Rp 100.000

Tapi jika kalian tinggal di perdesaan dan  masih tersedia banyak rumput saya sarankan untuk memanfaatkan rumput tersebut untuk pakan ternak selain dapat membersihkan perkebunan dan lingkungan kalian juga mendapatkan pakan gratis.

Selain itu kalian dapat menanam rumput khusus pakan kambing di lahan milik kalian untuk persediaan pakan ternak sedangkan untuk harga bibit rumput ternak dipasaran perkantungnya Rp 20.000

Perawatan ternak kambing


Untuk perawatan kambing sendiri kurang lebih sama dengan hewan ternak lain yaitu sebagai berikut.


  1. Pemberian pakan yang rutin untuk pagi dan sore hari jika ingin mempercepat pertumbuhannya kalian dapat mencampurkan vitamin dan fermentasi pada pakan ternak jika ingin menambakan nya kalian harus mencacah pakan ternak terlebih dahulu agar maksimal dalam pencampurannya .
  2. Pembersihan kandang harus dilakukan dengan rutin agar kambing terhindar dari penyakit selain itu kalian dapat memanfaatkan kotoran kambing tersebut menjadi pupuk organik yang mempunyai nilai ekonomi dan harga pupuk nya pun lumayan tinggi.
  3. Pemandian hewan ternak kambing jika kambing sudah terlihat kotor sebaiknya kalian lekas memandikannya agar kambing tersebut tidak terkena bakteri maupun jamur yang membahayakan kambing kalian.


Untuk pembesaran kambing kurang lebih memakan waktu 1 tahun sudah dapat dijual dipasaran perekornya dapat kalian jual dengan harga Rp 1.500.000 jika kalian ingin mendapatkan banyak keuntungan dari berjualan kambing saya sarankan kambing dijual pada saat mendekati hari perayaan kurban ( Idul Adha )

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.