Cara Menanam Kurma di Daerah Tropis seperti Indonesia - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Kurma di Daerah Tropis seperti Indonesia

Navigasi Info - Menanam kurma di Indonesia memang terdengar asing dan aneh bagi kita , tapi ternyata menanam pohon kurma di daerah tropis dapat kita lakukan loh gaes.

Pohon kurma yang hidup di daerah tropis
Pohon kurma yang hidup di daerah tropis

Sekarang banyak daerah yang bercuaca tropis membudidayakan tanaman kurma, yang paling terkenal dalam membudidayakan tanaman kurma di daerah tropis ialah negara Thailand.

Ternyata di Indonesia sendiri  juga mulai bermunculan para petani kurma daerah yang mulai membudidayakan tanaman kurma untuk pertanian ialah provinsi Jawa timur , Aceh ,Riau dan Bengkulu .

Untuk daerah tropis seperti di Indonesia hampir semua tanaman dapat tumbuh tak terkecuali tanaman kurma , akan tetapi tak semua jenis kurma dapat tumbuh dan berbuah matang di daerah tropis seperti Indonesia oleh sebab itu kalian harus mengetahui jenis kurma apa saja yang mampu tumbuh di Indonesia .

Jenis kurma yang mampu berbuah matang di daerah tropis seperti Indonesia 


Kurma Heng One ( H1 ) 


Kurma Heng One ( H1 ) tanaman kurma ini mulai dibudidayakan di Thailand semenjak tahun 2018 .

Kurma adalah jenis tanaman dioecious ( dalam artian lain tanaman kurma memiliki jantan dan betina  jadi jika tumbuh jenis jantan dapat di pastikan tanaman kurma tidak dapat berbuah ) 


Jika kalian menanam kurma jenis Heng one ( H1 ) kalian dapat memperoleh kurma betina 80 % lebih besar tak heran tanaman kurma jenis Heng one ( H1 ) sempat menghebohkan dunia pertanian.

Kurma kolak one ( KL1 )


Kurma jenis kolak one ( KL1 ) telah lama dikenal di Indonesia dan Thailand semenjak tahun 2015 , jenis kurma kolak one ( KL1 ) mempunyai keunggulan dapat berbuah pada umur 3 - 4 tahun dan pohon kurma jenis ini lebih pendek  .

Kurma barhee


Kurma barhee jenis kurma ini biasa dibudidayakan di Inggris dan kurang populer di Asia tenggara keunggulan kurma barhee dapat berbuah pada usia 3 tahu dan dengan rasa sangat manis .

Kurma Ajwa 


Kurma ajwa jenis kurma ini mulai di budidayakan di Thailand karena kurma ajwa memiliki keunggulan nilai jual yang tinggi karena kurma jenis ajwa adalah kurma yang di gemari nabi .

Setelah tahu jenis kurma apa saja yang dapat dibudidayakan di Indonesia maka selanjutnya kita melangkah bagaimana cara menanam kurma.

Cara Menanam Kurma di Daerah Tropis

Cara menanam tanaman kurma di Indonesia
Cara menanam tanaman kurma di Daerah Tropis


  1. Cara menanam kurma sebenarnya sangatlah mudah pertama - Tama ambilah biji kurma yang kalian beli ( atau telah di makan ).
  2. Selanjutnya cuci bersih biji kurma agar terlepas dari daging kurma yang menempel.
  3. Kemudian rendam biji kurma didalam air selama 1 - 2 hari agar biji kurma menyerap air.
  4. Kemudian persiapkan lokasi tanam ( tanah berpasir lebih bagus ) jika kalian menanam kurma didalam pot sebaiknya tanahnya di campur dengan pasir perbandingan 1 : 3 ( 1 pasir : 3 tanah ) ini berfungsi untuk drainase dan menjaga kelembaban.
  5. Kemudian tanam biji kurma .
  6. Selanjutnya sirami setiap hari agar terjaga kelembabannya dalam waktu kurang lebih 2 Minggu tunas kurma akan muncul .


Note : tanaman kurma hampir mirip seperti tanaman kaptus yang hidupnya di daerah gurun jadi pastikan kalian untuk tidak berlebihan memberikan air .


Untuk harga bibit kurma ukuran sedang seharga Rp 400.000 dijual secara online

Terima kasih telah berkunjung dan selamat mencoba .