Manfaat Arang Yang jarang orang tahu - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Arang Yang jarang orang tahu

Navigasi Info - Arang kayu telah sejak lama kita ketahui sebagai bahan untuk pengapian dalam memasak , sebagai mana telah di gunakan oleh para leluhur kita.

Manfaat arang

Arang kayu juga sering kita temui penggunaanya dalam membuat sate maupun ayam bakar dikarenakan aroma yang dihasilkan dari arang kayu ini meningkatkan selera makan kita.

Fungsi arang kayu

Sering juga sebagian orang menyebut arang kayu dengan sebutan briket arang karena kegunaan nya sebagai bahan bakar memasak dan bahan dasarnya yang tidak selalu menggunakan kayu tapi juga berbagai bahan seperti batok kelapa , dedaunan dan lain - lain kemudian di cetak menjadi briker arang . Selain itu bahan unggulan yang baik untuk pembuatan arang kayu untuk memasak sebagai berikut.

Bahan unggulan untuk pembuatan arang :



  1. Batok kelapa ( yang paling baik dalam pembuatan arang aroma yang sangat wangi dan menggugah selera makan )
  2. Kayu ( bahan standar yang dapat langsung di gunakan )
  3. Dedak padi ( memerlukan proses pencetakan untuk menjadi briker arang )
  4. Serbuk kayu ( ini pun sama masih perlu proses cetak )


Dari data diatas jika untuk di gunakan sebagai bahan pengapian dalam memasak yang terbaik adalah batok kelapa .

Tapi standar yang baik dalam kegunaan arang ialah dari kayu karena dia dapat langsung di gunakan tanpa perlu banyak proses pengolahan seperti yang lain .

Sedangkan untuk pemanfaatan dari dedak padi dan serbuk kayu kita mesti mengolahnya terlebih dahulu dan aromanya kurang mantap seperti batok kelapa dan kayu .

Sedangkan untuk pemanfaatan arang dapat dapat dilihat seperti dibawah ini.

Pemanfaatan Arang :


Arang digunakan untuk memasak


Sebagaimana umum kita tahu dan telah dibahas telah sejak lama arang kayu kita gunakan dalam memasak bahkan dewasa ini banyak beberapa negara menggunakan arang untuk bahan memasak sehingga kebutuhan arang sekarang bukan hanya didalam negeri tapi juga secara internasional sehingga pesanan arang kayu semakin meningkat untuk dalam maupun luar negeri.

Arang juga digunakan untuk menjadi penjernih air dan menertralisir air


Arang juga dapat digunakan sebagai penjernih air sebagaimana telah dipraktekan di Jepang yang mana got dan saluran air mereka di berikan arang dan hasilnya air menjadi lebih jernih dan ecosystem lingkungan mereka hidup kembali.hewan air pun dapat hidup kembali seperti ikan , kepiting dan hewan air lainya Kembali dapat hidup mereka telah mempraktekkan ini kurang lebih 20 tahun.

Karena pada dasarnya pori-pori pada arang mampu menyaring air hingga jernih ditambah arang juga mengeluarkan ion negatif dan menyerap partikel pollutant sehingga air yang melewati arang tersebut di netralisir dalam artian lain arang berfungsi menyaring partikel beracun karena itu lah ecosystem lingkungan bisa hidup kembali.

Manfaat arang dibidang pertanian


Banyak yang belum tahu arang juga dapat digunakan dalam bidang pertanian fungsi dan manfaat arang di bidang pertanian sebagai berikut :

  1. Kegunaan arang kayu dalam pertanian salah satunya sebagai pencegah jamur dan hama.
  2. Arang berfungsi menetralisir saat kita berlebihan memberi pasokan pupuk pada tanaman.
  3. Fungsi lainnya arang mempunyai sifat menyerap air sehingga tanaman tidak kekurangan pasokan air


Dari berbagai fungsi dan manfaat arang harga arang pun bisa dibilang terjangkau karena untuk arang 1 karungnya hanya di hargai 65 - 73 ribu rupiah saja.

Terima kasih telah berkunjung dan sukses selalu

Note:Jika kalian ingin memesan arang kayu kalian dapat hubungi WhatsApp di bawah ini.

Ingin Pesan Arang Kayu Hubungi WA ini :