7 cara mudah untuk meningkatkan traffic pengunjung blog kalian - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 cara mudah untuk meningkatkan traffic pengunjung blog kalian

Navigasi Info - kalian telah berusaha keras dalam upaya meningkatkan visitor blog kalian tapi tak kunjung membuahkan hasil mungkin kalian melupakan beberapa hal berikut ini.

Cara meningkatkan traffic viewer blog


Cara meningkatkan traffic visitor blog
Cara meningkatkan traffic visitor blog 

1. Rajin membuat konten berkualitas


Jika kalian menginginkan mendapat banyak viewer blog tapi konten berjumlah minim dan kurang berkualitas sama saja dengan memancing tanpa umpan.

Karena hal terbaik yang harus kalian lakukan untuk mendapatkan banyak visitor ( pengunjung ) kalian harus memiliki banyak postingan artikel blog dan juga berisikan konten yang bermutu sehingga pengunjung akan kembali lagi untuk membaca di blog kalian.

Kalian mungkin sering mendengar selogan yang berbunyi " Konten adalah Raja " selogan itu bukan hanya sekedar omong kosong belaka itu benar adanya oleh sebab itu kalian harus rajin dan rutin ( konsisten ) dalam membuat konten blog kalian itu dapat meningkatkan kata kunci blog kalian pada mesin pencari sehingga akan membuat blog kalian teratas untuk di temukan di mesin pencari google.

Selain itu jumlah kata dalam postingan artikel blog kalian sangat mempengaruhi juga karena jumlah kata yang banyak dalam satu konten dapat menggeser konten dengan judul dan tema yang sama di mesin pencari dan juga isi setiap konten kalian harus dapat berkualitas dalam artian isi konten kalian bisa menghibur atau bermanfaat bagi pengunjung.

Sehingga blog kalian akan mendapatkan visitor / pengunjung blog yang loyal ( setia ) berkunjung kembali untuk membaca isi blog kalian hal ini pun berlaku bukan hanya untuk blog bertema Niche tapi juga blog gado - gado seperti blog berita contohnya blog ini sebagaimana selogan di atas " konten adalah raja " jadi kunci utamanya ialah kalian harus rajin memosting konten artikel blog kalian setiap hari minimal 1 postingan perhari dan usahakan konten kalian berkualitas.

2. Membuat postingan konten blog yang Evergreen


Konten Evergreen mungkin terdengar asing sebab menggunakan istilah bahasa inggris postingan Evergreen sendiri berarti konten artikel yang selalu orang cari atau ga ada matinya seperti :


  • Pendidikan
  • Cara memasak
  • Kunci gitar
  • Tips kesehatan 
  • Dan sebagainya yang tiap hari atau tiap tahun selalu orang cari.


Konten Evergreen bukan lah sebuah konten yang cepat meredup atau hanya populer sesaat seperti gosip artis , berita korupsi , berita viral dan lain nya yang hanya banyak di cari ketika sedang viral saja konten Evergreen adalah konten yang selalu orang butuhkan setiap waktu jadi artikel kalian tidak ada masa kadaluarsa.

3. Mendaftarkan Blog pada mesin pencari ( webmaster )


Blog kalian harus terdaftar di webmaster seperti google webmaster , Bing webmaster ( untuk Bing dan Yahoo ) dan yandex webmaster .

Mendaftarkan blog atau web kalian di webmaster berfungsi agar blog atau situs kalian terindex oleh mesin pencari mereka oleh sebab itu jika kalian tidak mendaftarkan blog kalian dapat dipastikan pengunjung blog akan sedikit bahkan tidak ada.


  1. Untuk tutorial mendaftarkan blog di yandex webmaster klik disini
  2. Untuk tutorial mendaftarkan blog di Google webmaster klik disini


Sedangkan untuk link pendaftarannya dapat disini :

  • Link daftar bing webmaster klik disini
  • Link daftar google webmaster klik disini
  • Link daftar yandex webmaster klik disini


Jika kalian menggunakan blog dari produk google ( blogger ) sebenarnya dengan otomatis akan di index google akan tetapi prosesnya memakan waktu lain hanya jika kalian mendaftarkan langsung blog kalian di google webmaster kalian dapat melakukan index blog secara manual dalam waktu kurang dari 5 menit artikel kalian akan muncul di mesin pencari google.

4. Promosikan blog kalian


Promosikan situs kalian dapat meningkatkan pengunjung situs kalian dengan cepat , selain itu untuk promosikan situs kalian dapat melakukan share link blog atau web kalian di berbagai media sosial seperti Facebook , Twitter , WhatsApp dan lainnya itu mampu meningkatkan traffic pengunjung blog dengan cepat dan juga gratis walaupun punya kekurangan nya juga seperti  penghasilan adsense kecil yang mana pengunjung yang berasal dari media sosial biasanya iklan yang ditampilkan adsense CPM nya kecil lebih parah lagi jika di jiggling blogger lain yang iseng bahkan terkadang terkena block Facebook karena tindakan spam .

Akan lebih baik jika kalian membuat backlink ( menyematkan link situs atau blog kalian di blog lain / blog itu sendiri ) pada blog yang bertraffic pengunjung yang tinggi cara ini sangat di sukai oleh google tapi dalam tanda kutip jika kalian membuat backlink ke blog yang tak sesuai atau situs yang tidak ramah ( konten yang vulgar ) atau sepi itu akan menjadi bumerang sendiri bagi blog kalian sendiri jadi tidak heran jika blog yang mempunyai traffic yang tinggi dan kualitas konten yang baik terkadang mereka menjual jasa backlink di blog atau web mereka .

Cara yang paling aman dan memerlukan modal adalah dengan mempromosikan ( mengiklankan ) situs kalian menggunakan google ads atau media pengiklan lainya .

5. Membuat judul yang menarik


Sebagai seorang blogger kalian dituntut untuk harus dapat membuat judul postingan artikel blog yang menarik pengunjung untuk membaca artikel kalian.

Beberapa orang bahkan mengatakan judul postingan artikel blog lebih penting dari pada isi artikel blog itu sendiri , sebab jika kalian membuat konten yang berkualitas akan tetapi judul konten postingan artikel blog kalian tidak menarik itu dapat dipastikan sulit untuk di klik apa lagi di baca pengunjung blog kalian.

Oleh sebab itu kalian juga di tuntut untuk bereksperimen membuat judul postingan sedikit berbeda dengan yang lain .

Sebaiknya kalian menggunakan judul postingan blog kalian dengan kata kunci long tail sebab jika kalian menggunakan judul postingan dengan kata kunci long tail itu akan berpeluang tinggi artikel blog kalian untuk muncul diatas mesin pencarian.

Ditambah lagi jika kalian memosting dengan judul yang singkat dengan hanya menggunakan 3 suku kata saja seperti " cara membuat blog " ini telah banyak pesaingnya untuk menjadi page one atau teratas dalam mesin pencari akan sulit jika kalian ingin blog kalian menjadi teratas di mesin pencarian saya saran kan kalian menggunakan judul dengan kata kunci long tail .

Judul blog dengan kata kunci long tail
Judul blog dengan kata kunci long tail 

Seperti gambar diatas ketika kalian mengetik di mesin pencari " cara membuat blog " akan muncul tambahan kata menjadi " cara membuat blog pribadi yang menarik " seperti itu lah yang di maksud long tail itu akan membuat blog atau web kalian akan muncul di atas mesin pencari contoh lain nya judul dengan teknik long tail seperti ini :
Cara mudah membuat blog pribadi dalam 2 menit 

Penambahan kata - kata tersebut juga akan meningkatkan jumlah kata kunci blog kalian .

6. Optimalkan kecepatan blog kalian


Pada dasarnya pengunjung blog tidak menyukai blog dengan kecepatan yang lambat dalam menampilkan isi blognya itu dapat membuat pengunjung blog kalian berpindah kepada blog pesaing kalian yang kecepatannya lebih baik.

Jadi kalian harus memperbaiki kecepatan loading situs kalian untuk mengetes kecepatan situs atau blog kalian dapat di uji di link disini.

7. Jangan terlalu memikirkan SEO


Walaupun SEO itu penting tapi menurut pengalaman saya pribadi jumlah dan kualitas artikel jauh lebih penting percuma jika SEO kalian bagus akan tetapi konten kalian minim itu akan kalah dengan blog yang jumlah kontennya lebih banyak dan berkualitas walaupun SEO nya kurang baik.

Selain itu untuk mengatasi SEO kalian dapat membeli Tamplate blog yang berkualitas dengan SEO yang baik atau bahkan kalian dapat menyewa jasa SEO yang banyak bertebaran di Internet.

Mungkin sekian dulu jika kalian ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah ini.