Analisa Usaha Serta Cara Mudah Berternak Kelinci Bagi pemula - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisa Usaha Serta Cara Mudah Berternak Kelinci Bagi pemula

Navigasi Info - kalian tahu hewan kelinci yang mana terdapat hampir di setiap dataran bumi baik itu di Afrika , Asia ,Eropa australia maupun di benua Amerika.

Analisa Usaha Serta Cara Mudah Berternak Kelinci Bagi pemula
Analisa Usaha Serta Cara Mudah Berternak Kelinci Bagi pemula

Serta beberapa perusahaan menjadikan kelinci sebagai maskot perusahaan mereka seperti majalah playboy , kacang dua kelinci dan sebagainya hampir semua orang tahu dan familiar dengan hewan mamalia pengerat ini .

Dan tak jarang juga sebagian kita menjadikan hewan pengerat ini dijadikan hewan peliharaan dan beberapa orang juga memanfaatkan daging kelinci untuk di jadikan hidangan kuliner yang lezat.

Selain daging kelinci mempunyai citra rasa yang gurih nan lezat tapi juga mempunyai kandungan gizi yang tinggi yang mana dapat kalian lihat pada data di bawah ini.

Kandungan gizi pada daging kelinci


  1. Kalori
  2. Protein
  3. Kolestrol
  4. Lemak
  5. Zat besi
  6. Fosfor
  7. Magnesium
  8. Selenium
  9. Vitamin B 12
  10. Vitamin B 3

Kandungan vitamin B 3 dalam daging kelinci di percaya dapat meningkatkan hormon sek pada pria maupun wanita sehingga dapat menjadi obat kuat alami dan terpercaya .

Oleh sebab itu banyak dari kaum Adam yang suka memburu dan memakan sate kelinci untuk di jadikan makanan kuliner dan obat kuat .

Selain itu juga daging kelinci dipercaya dapat menjadi obat untuk menyembuhkan penyakit asma maka tak heran jika telat mengantri sate kelinci di kawasan Bogor / puncak pasti kalian tidak kebagian sate kelinci ( ludes terjual ).

Dari tinggi nya minat dan permintaan daging kelinci dipasaran maka dapat dipastikan peluang usaha nya pun sangat tinggi dan menguntungkan .

Oleh sebab itu kita telah merangkum dari berbagai sumber tentang bagai mana cara untuk berternak kelinci serta analisanya sebagai berikut.

Cara berternak kelinci bagi pemula


Persiapkan kandang dan lokasi kelinci


Hal awal yang harus kalian persiapkan ialah kandang dan lokasi dimana kelinci kalian akan di ternak ada dua metode kalian dapat menerimanya secara liar ( seperti ayam kampung ) di kandang .

Jika kalian ingin memermak kelinci secara bebas kalian harus menyediakan pagar di lokasi ternak kelinci kalian tersebut supaya kelinci tidak kabur selain itu kalian harus menyedikan atap juga untuk kelinci berteduh dan beristirahat ( tidur ) selain itu kelinci ini hewannya ga kuat dengan air sebab saya pernah memandikan kelinci dan esok harinya kelinci saya mandikan meninggal karena nya.

Jika kalian ingin memelihara kelinci secara liar kalian harus memberinya atap di dekat lokasi sehingga tidak terkena air tapi keunggulan nya jika berternak kelinci secara ini kalian tidak bingung soal biaya pakan karena dapat memanfaatkan lahan tersebut dengan menanamkan kangkung atau rumput di sana.

Jika kalian tidak memiliki lahan yang luas sebaiknya kalian memelihara kelinci di dalam kandang saja sedangkan kandangnya sama seperti kandang ayam yang bertingkat pun dapat di pakai .

Kedua cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing jika menggunakan kandang kelinci lebih bersih, tidak memakan banyak lahan dan terkontrol tapi kekurangannya kalian akan mengeluarkan banyak biaya untuk pakannya

Jika kalian memelihara kelinci secara bebas kalian tidak bingung jika mereka lupa kalian beri makan sebab mereka dapat mencarinya sendiri selai itu kelinci tidak mudah terkena stress dan kelinci lebih sehat karena terkena banyak sinar matahari kekurangannya kalian akan sedikit sulit mengontrol dan memerlukan lahan yang luas.

Persiapkan bibit kelinci 


Langkah selanjutnya kalian harus persiapkan bibit kelinci dengan cara membelinya pada peternak kelinci lain untuk pemilihannya tidak terlalu sulit bahkan cukup simpel yaitu carilah kelinci yang sehat tidak cacat atau sakit , mempunyai bulu yang bersih dan memiliki berat tubuh standar kelinci dewasa yaitu 4-5 kg per ekor kelinci .

Perawatan kelinci


Untuk perawatan kelinci termasuk mudah dan sederhana kalian dapat memberikan pakan kelinci berupa dedaunan seperti sayuran selain itu kalian dapat juga memberikan buah buahan maupun pelet / Pur untuk kelinci.

Kalian juga dapat menambahkan vitamin maupun suplemen pada pakan kelinci agar kelinci cepat besar dan sehat jika kalian sulit mencari dedaunan maupun sayuran untuk pakan kelinci kalian dapat menggantinya dengan Pur atau pelet buatan pabrik .

Pelet kelinci dapat dengan mudah kalian peroleh dipasaran banyak yang menjualnya kok dan kandungan nya sangat kaya dengan gizi dan baik untuk kelinci tapi permasalahannya biaya pengeluaran kalian akan membengkak jika terusan beli pelet jika kalian mempunyai 1 - 2 ekor kelinci sih tak masalah tapi jika jumlah besar ya lumayan juga .

Selain itu jika kalian ingin memberi makan kelinci dengan dedaunan ataupun sayuran sebaiknya di jemur dulu hingga layu sebab jika dimakan oleh kelinci yang belum dewasa itu akan mengakibatkan perutnya kembung dan beresiko matinya kelinci besar.

Mengembang biakan kelinci ( mengawini kelinci )


Kelinci sudah siap kawin pada usia setengah hingga satu tahun yang mana kelinci akan berkelakuan dan menunjukan gejala atau tanda-tanda bahwa Sanya kelinci tersebut dalam masa kawin sebagai berikut.
  • Kelinci akan terlihat gelisah serta suka menggosokkan kepalanya pada tiang maupun pada tubuh kelinci lain
  • Vulva nya berwarna kemerahan serta sedikit basah.


Kalian dapat mengawini kelinci secara berkelompok dimasukan dalam satu kandang atau secara berpasangan jika kalian ingin mempunyai kelinci yang unik dan berkualitas.

Untuk 1 ekor kelinci jantan mampu menghamili 10 ekor kelinci betina sekaligus .

Untuk masa kehamilan kelinci berkisaran 35 hari dari pembuahan tergantung jenisnya juga sih ada juga cuma 28 hari sudah melahirkan .

Ketika kelinci betina telah melahirkan indukan kelinci itu akan menyusui anaknya kurang lebih selama 1 bulan selama masa menyusui itu anak kelinci jangan di pisah dari induknya.

Biasanya dalam kurun waktu 1 tahun kelinci betina dapat melahirkan 3-5 kali dengan jumlah anak yang di lahirkan nya 5-12 ekor anak kelinci sedangkan untuk kelinci betina untuk subur kembali cukup memakan waktu singkat yaitu sekitar 2 Minggu dari masa melahirkannya kelinci betina sudah dapat dibuahi lagi.

Memanen kelinci


Untuk memanen atau menghasilkan uang dari hewan pengerat ( kelinci ) ini tidak lah sulit atau ribet sebab kelinci yang usia nya 2 bulan sudah dapat kalian jual biasanya pembeli membeli kelinci usia dua bulan untuk di jadikan hewan peliharaan.

Sedangkan untuk menjual daging kelinci biasanya ukuran berat kelinci kisaran 3 kg telah dapat di potong dan dijual dagingnya untuk mencapai berat segitu memakan waktu 4 bulan saja.

Harga kelinci lokal 


Harga kelinci
Harga kelinci
Harga kelinci saat ini dipasaran seperti yang terdapat pada data di atas harga dapat berubah sewaktu - waktu ya ini data pada tahun 2020.

Analisa bisnis ternak kelinci


Analisa modal awal


Kalian dapat memulai berternak kelinci dengan membeli indukan ( bibit ) kelinci 38 ekor saja yang terdiri dari 6 ekor kelinci jantan dan 32 ekor kelinci betina yang mana per ekornya Rp 100.000 jadi .
38 ekor x Rp 100.000 = Rp 3.800.000

Untuk pembuatan kandang akan menghabiskan biaya kisaran Rp 4.000.000

Beli vitamin dan suplemen untuk kelinci menghabiskan biaya Rp 1.200.000

Sayuran atau dedaunan hijau 20 karung x Rp 5.000 x 12 bulan = Rp 1.200.000

Maka untuk modal awal kalian akan menghabiskan biaya Rp. 10.200.000

Analisa keuntungan 


32 ekor kelinci betina mampu hamil 3-5 kali per tahun kita ambil kecilnya saja 3 kali melahirkan dalam 1 tahun dan setiap 1 ekor kelinci betina mampu melahirkan anakan kelinci 5-12 ekor per 1 kali melahirkan kita ambil kecilnya saja 5 ekor anak kelinci maka hitungan kasarnya seperti ini.

32 ekor kelinci betina x 3 kali kelahiran x 5 ekor anak kelinci maka satu tahunya menghasilkan 525 ekor anakan kelinci.

Pada usia 2 bulan anakan kelinci telah dapat di jual yang per ekornya Rp 35.000 jadi 525 ekor anak kelinci x Rp 35.000 = Rp 18.375.000

Maka keuntungan kotor - modal awal = keuntungan bersih

Rp 18.375.000 - Rp 10.200.000 = Rp 8.175.000

Dalam satu tahun kalian akan memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp 8.175.000 ini jika mengambil keuntungan terkecil dan bukan jual daging / indukan kelinci yang per ekornya paling murah Rp 100.000 ya kalian dapat menghitungnya sendiri ini hanya sebagai gambarannya saja.