Cara Berternak Cacing tanah Walaupun bikin Geli tapi Menjanjikan Kekayaan - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berternak Cacing tanah Walaupun bikin Geli tapi Menjanjikan Kekayaan

Navigasi Info - cacing tanah hewan yang sering kita gunakan untuk memancing ikan di rawa atau kali maupun di perairan yang terdapat ikan di dalamnya tapi tahukah kalian didalam tampilan cacing yang menjijikan ternyata mengandung gizi yang tinggi.
Cara Berternak Cacing tanah Walaupun bikin Geli tapi Menjanjikan Kekayaan
Cara Berternak Cacing tanah Walaupun bikin Geli tapi Menjanjikan Kekayaan

Cacing tanah juga telah lama manusia gunakan sebagai bahan pembuatan obat tipes yang terjamin khasiatnya , biasanya cacing tanah dijadikan obat tipes berbentuk tablet ( pil ) , bubuk dan kapsul agar tidak nampak bentuk cacing yang menjijikan itu.

Manfaat cacing tanah ternyata bukan hanya mengobati penyakit tipes saja akan tetapi digunakan untuk banyak hal dalam bidang kesehatan sebagai berikut.

Manfaat Cacing Tanah Yang jarang Orang Tahu



  1. Cacing tanah dapat kita gunakan sebagai bahan obat penyakit tipes yang sudah terjamin khasiatnya .
  2. Cacing tanah dapat digunakan untuk menyembuhkan luka agar tidak terkena infeksi di akibatkan luka tersebut sebab cacing tanah mengandung antibakteri yang sangat baik untuk mengatasi infeksi pada luka.
  3. Cacing tanah bermanfaat juga untuk menghancurkan kolesterol jahat pada tubuh sebab cacing tanah mengandung enzim yang baik untuk tubuh.
  4. Cacing tanah juga kaya akan protein dan rendah kolesterol sehingga sangat baik dalam menambah energi yang sangat baik digunakan dalam proses kesembuhan atau pembentukan masa otot dan tubuh.


Sebenarnya masih banyak lagi manfaat cacing tanah tak heran jika kebutuhan akan cacing tanah di dalam bidang kesehatan atau farmasi sangatlah tinggi dengan nilai ekonomis yang baik pula sehingga tak jarang untuk beberapa orang membudidayakan cacing tanah dan memperoleh banyak keuntungan perbulannya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Oleh sebab itu kita telah merangkum dari berbagai sumber yang membahas tentang cara ternak / budidaya cacing tanah sebagai berikut.

Cara berternak cacing tanah untuk pemula


Sebenarnya untuk membudidayakan cacing tanah tidaklah sulit dan juga tidak memakan banyak biaya dalam perawatan hal awal yang harus disiapkan sebagai berikut.

Persiapkan lokasi dan kandang


Langkah awal kalian harus mempersiapkan lokasi yang jauh dari sinar matahari sebagaimana yang kita tahu cacing hidup di lokasi yang lembab dan teduh tak terkena sinar matahari , jadi kalian dapat memanfaatkan bangunan rumah atau pepohonan rindang yang jauh dari hewan ternak dan hama yang memangsa cacing.

Untuk kandang nya sendiri kalian dapat menggunakan box yang terbuat dari kayu , drum plastik , dan bahkan karung yang intinya bisa memanfaatkan apa pun yang dapat digunakan untuk di jadikan sarang bagi cacing tanah asalkan tempatnya luas dan memudahkan kalian dalam memanennya

Akan tapi lebih baik jika kalian menggunakan box kayu dan media tanahnya menggunakan tanah humus agar cacing cepat dalam pembesarannya.

Persiapkan benih cacing


Untuk pembibitan atau pembenihan nya sendiri kalian cukup memasukan 2 atau 4 cacing saja pada satu kandang sebenarnya sudah cukup tapi jika seperti itu proses untuk memanennya akan memakan waktu yang sangat lama maka dari itu kalian harus memasukan jumlah cacing sesuai dengan ukuran kandangnya agar lebih cepat bisa memanen.

Cara perawatan cacing tanah


Untuk perawatan cacing tanah sangatlah simpel tidak rumit kok caranya sebagai berikut:

Pemindahan benih

Jika kalian menggunakan box kayu yang tidak tertutup untuk hari pertama pemasukan cacing kalian harus sering mengeceknya setiap jam sebab biasanya di hari pertama pemindahan benih ada saja cacing tanah yang ingin keluar kandang tapi setelah 2-3 hari cacing tanah akan terbiasa dan tidak akan ingin keluar lagi dari kandang.

Pemberian pakan cacing tanah

Pemberian makan / pakan cacing tanah tidaklah sulit bahkan sangat simpel dan murah kalian dapat menambakan nutrisi ( pakan ) pada cacing tanah kalian dapat memberikan kotoran hewan atau kompos yang terbuat dari sampah rumahan seperti sayuran , buah - buahan dan bangkai hewan yang telah di jadikan kompos.

Untuk mempercepat proses menjadikan kompos kalian dapat menambakan kotoran / sampah tadi dengan cairan EM4 yang telah di campur air dan percikan pada sampah yang akan di jadikan kompos tadi .

Cara memberi makan cacing tanah tinggal letakan kotoran atau kompos tadi di atas tanah ( kandang ) kalian.

Penggantian tanah

Penggantian tanah dapat dilakukan setiap 2 bulan sekali ini berfungsi agar cacing tanah terjamin nutrisinya sehingga cacing tanah cepat besar.

Tanah yang lama dapat kalian manfaatkan untuk bertani karena kandungan hara nya sangat bagus dan subur selain itu penggantian tanah juga dapat menjaga kesehatan cacing tanah.

Pengecekan rutin pada kandang

Hal ini dilakukan setiap hari atau 1 Minggu sekali agar kandang cacing tanah terhindar dari hama atau hewan yang ingin memangsa cacing tanah seperti semut , ayam , bebek , serangga dan lainnya.

Selain itu pengecekan juga dilakukan untuk melihat tanah pada kandang lembab atau tidak jika terlihat tidak lembab ( kering ) kalian dapat memberikan air pada tanah di kandang cacing tanah itu.

Pemanenan

Dalam waktu kurang lebih 6 bilang cacing tanah sudah siap panen. Dan saat pemanenan jangan lupa sisakan beberapa untuk di jadikan benih atau bibit agar usaha cacing tanah kalian terus berputar

Harga cacing tanah


Untuk harga cacing tanah saat ini tahun 2020 dapat kalian lihat pada gambar berikut ini.
Harga cacing tanah
Harga cacing tanah

Harga ini dapat berubah sewaktu - waktu dan kalian dapat menjualnya secara online maupun tengkulanya.

Selamat mencoba dan terima kasih telah berkunjung jika ingin menambahkan nya kalian dapat berkomentar di bawah .