Cara Mudah Berternak Semut Bikin Gatel Tapi Bikin Kaya - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Berternak Semut Bikin Gatel Tapi Bikin Kaya

Navigasi Info - ternak semut pasti kalian sedikit tersenyum kecut saat mendengarnya akan tetapi memang benar adanya dan banyak pelaku usaha yang membudidayakan serangga ini sebab anakan dan telur semut memang dapat dijual dan nilai jualnya pun tinggi .

Cara Mudah Berternak Semut Bikin Gatel Tapi Bikin KQaya
Cara Mudah Berternak Semut Bikin Gatel Tapi Bikin Kaya 

Penghasilan dari penjualan telur semut atau sering di sebut kroto ini bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta perbulannya .

Semut yang diternak juga bukan asal semut loh, sebab semut yang diternak adalah semut rangrang , yaitu semut yang berukuran besar berwarna kemerahan yang sering kita jumpai di pepohonan.

Semut rangrang inilah yang diternak sebab telur semut ( kroto ) dari semut rangrang ukuran nya besar dan sering kita gunakan untuk beberapa hal seperti dibawah ini.

Manfaat Telur Semut / Kroto



  1. Kroto atau telur semut ini sering kita gunakan untuk menjadi umpan pancing 
  2. Kroto juga sering dimanfaatkan sebagai makanan burung maupun ikan
  3. Kroto dimanfaatkan segelintir orang untuk dijadikan olahan makanan yang berbahan dasar dari kroto dengan nilai gizi yang tinggi dan rasa yang lezat


Itulah manfaat dan kegunaan kroto sehingga tidak heran pesanan untuk kebutuhan kroto ini sangat tinggi bukan hanya untuk dalam negeri tapi juga untuk luar negeri sehingga harga jual kroto pun lumayan tinggi dipasaran sedangkan kroto atau telur semut sekarang sangat sulit kita temui di alam liar karena banyak pemburuannya.

Hal itulah yang membuat beberapa orang berinisiatif untuk membudidayakan serangga ini , dan kita telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara berternak semut rangrang sebagai berikut

Cara Berternak Semut Rangrang Untuk Pemula

Hal-hal yang harus di persiapkan dalam berternak semut rangrang sendiri sebagai berikut:

Persiapkan lokasi


Hal awal yang harus kalian persiapkan adalah lokasi untuk membuat kandang atau sarang semut rangrang tersebut.

Usahakan lokasi jauh dari pemukiman khusus nya dari jangkauan anak kecil . Masalahnya pernah terjadi kasus seorang anak balita meninggal tergigit oleh semut rangrang ini ketika mereka sedang mendekati dan bermain di dekat lokasi kandang tersebut.

Persiapkan sarang / kandang semut rangrang


Untuk kandang sendiri kalian dapat memanfaatkan toples atau jika kalian ingin membuat skala besar dan kualitas kroto nya baik kalian dapat menggunakan paralon maupun bambu.

Tapi hal awal yang harus persiapkan dalam pembuatan kandang / sarang semut adalah sebagai berikut

Kalian harus membuat atau membeli rak yang bertingkat untuk bahan dasarnya sendiri dapat menggunakan bambu , kayu , plastik , maupun besi bisa dibilang bebas asal ukurannya muat dan sesuai dengan ruangan lokasi yang kalian persiapkan.

Kemudian di setiap sisi kaki rak tadi kalian masukan kedalam mangkuk atau baskom yang terisi air atau pun minyak ( oli bekas lebih irit ) ini bertujuan agar semut tidak kabur dari rak yang kalian persiapkan tadi.

Selanjutnya posisi rak juga harus di perhatikan jangan sampai bersentuhan dengan dinding ruangan maupun sesuatu yang dapat membuat semut rangrang tersebut kabur dari rak itu.

Lalu persiapkan toples atau jika kalian menggunakan bambu maupun paralon potong lah sehingga sesuai dengan ukuran rak tersebut .

Kemudian masukan dedaunan pada sarang / kandang kalian buat tadi yaitu bambu ,toples atau paralon tadi yang mana daun-daun ini akan merangsang semut - semut itu cepat membuat sarang di paralon , toples , maupun bambu yang kalian letakan di sana tadi.

Persiapkan bibit semut


Untuk bibit kalian dapat membeli dengan petani lain maupun mencarinya di alam liar.

Setelah mendapatkan bibit semut rangrang langkah selanjutnya susun rapih sarang ( toples , paralon ataupun bambu ) tadi kemudian masukan bibit semut rangrang kedalamnya .

Perawatan semut rangrang


Untuk perawatannya semut rangrang sendiri sangatlah simpel kalian dapat memberikan makanan perangsang tumbuh kembangnya dengan makanan yang kaya akan protein seperti belalang , cicak , bekicot ,jangkrik dan hewan kecil lainya kalau bisa saat memberi makannya hewan tersebut telah di potong kecil atau pun di tumbuk halus dulu.

Pemanenan telur semut / kroto


Masa panen semut sendiri tidak lah lama kurang dari sebulan sebenarnya kroto sudah siap panen tepatnya pada masa 20 hari dari pembibitannya tadi kalian dapat mengeceknya jika terlihat dipenuhi telur semut / kroto yang berwarna keputihan berarti sarang tersebut telah siap di panen.

Untuk memanennya kalian harus persiapkan perlengkapan dan pakaian yang safety sebab dalam memanennya akan banyak semut yang ingin menggigit kalian jadi berhati - hati.

Untuk harga kroto saat ini dapat dilihat dibawah ini.

Harga kroto / telur semut

Harga kroto
Harga kroto
Harga dapat berubah sewaktu - waktu tergantung pergerakan pasar .

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.