Cara Mudah Untuk Memulai Usaha Bagi Pemula ( Noob ) - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Untuk Memulai Usaha Bagi Pemula ( Noob )

Navigasi Info - untuk mendapatkan uang ada banyak cara dari sebagai karyawan ,pekerja , pemerintahan serta berwirausaha.

Cara Mudah Untuk Memulai Usaha Bagi Pemula ( Noob )
Cara Mudah Untuk Memulai Usaha Bagi Pemula ( Noob )

Dari semua bidang itu memang menjadi wirausaha lah yang benar-benar berkerja tanpa tekanan , ini menurut saya pribadi loh.

Sebab kenapa jika berwirausaha kalian tidak akan mendapatkan tekanan dari atasan kalian ditambah lagi punya waktu kerja yang bebas walaupun ada konsekuensi nya yaitu jika kalian bermalas-malasan akan berpengaruh pada penghasilan kalian dan akan mengakibatkan usaha kalian bangkrut.

Sebenarnya banyak juga dari kita yang menginginkan untuk berprofesi menjadi wirausaha akan tetapi kebanyakan yang saya jumpai di lapangan kebanyakan mereka takut untuk melangkah memulai usaha atau juga ada yang tidak paham / kurang ilmu dibidang usaha dan beberapa alasan keluh kesah lainnya.

Jika saya analisa sepertinya mereka terlalu lama didalam zona nyaman padahal sebenarnya di semua profesi itu memiliki resiko dan memerlukan ilmu untuk menjalaninya .

Dalam kacamata saya sendiri menjadi karyawan atau pekerja itu justru malah lebih beresiko sebab karyawan atau pekerja itu tidak tahu kapan perusahaan mereka mengalami kebangkrutan berbeda hal jika mereka karyawan pemerintahan ( PNS ) tapi jika mereka wirausaha mereka dapat melihat pergerakan pasar usaha mereka dan dapat mengantisipasi kebangkrutan atau berpindah haluan usaha lainnya yang lebih menguntungkan.

Yang ingin saya tekankan sebenarnya walaupun keduanya beresiko tapi seorang wirausaha tidak terlalu khawatir soal itu sebab mereka telah mempunyai ilmu usaha dan relasi untuk memulai kembali.

Walaupun sebenarnya banyak yang belum tahu cara untuk memulai usaha padahal untuk memulai sebuah usaha tidaklah terlalu sulit seperti yang mereka bayangkan oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi untuk disajikan kepada kalian seperti dibawah ini.

Cara mudah untuk memulai usaha


Pikirkan apa yang ingin kalian jual


Hal awal yang harus kalian pikirkan ialah produk atau jasa apa yang akan kalian jual karena pada dasarnya wirausaha itu ialah berdagang bisa berbentuk barang maupun jasa.

Barang


Untuk barang kalian dapat melihat hal terdekat kalian terlebih dahulu seperti daerah kalian mempunyai penghasilan pertanian apa atau daerah kalian mempunyai produk unggulan tertentu yang hanya dihasilkan di daerah kalian.

Jika telah didapat tinggal kalian kembangkan jadi produk baru kalau tidak bisa cari lokasi jual yang harganya lebih tinggi dari daerah kalian sehingga kalian mendapatkan untung.

Jasa


Untuk jasa kalian hanya pikirkan kemampuan ( skill ) apa saja yang kalian bisa gunakan untuk ditawarkan ke konsumen seperti : membuka jasa servis HandPhone , pengajar private dan lainnya yang memerlukan kemampuan ( skill ) tertentu.

Jika telah terkenal kalian dapat mencari karyawan dapat kalian ajarkan caranya atau mencari karyawan yang memang sudah ahli.

Dari usaha berbentuk barang maupun jasa jika bisa carilah usaha yang sesuai fesyen kalian jika sesuai fesyen kalian saat kalian mengerjakannya akan penuh kesenangan hingga tidak merasa lelah apalagi untuk mengeluh seperti hanya hobi kalian . Yap akan lebih baik usaha tersebut memanglah hobi kalian.

Modal


Jika telah menemukan produk atau jasa yang diinginkan kalian jual selanjutnya kalian pikirkan cara untuk mendapatkan modal awal.

Untuk modal sendiri dapat kalian tempuh dengan jalan sebagai berikut :


  1. Kalian dapat melakukan kerja sama dengan teman kalian untuk memulai usaha dengan pembagian hasil keuntungan dan resiko yang telah disepakati.
  2. Jika tidak menemukan rekan yang bisa diajak kerja sama kalian dapat melakukan peminjaman uang ke bank atau orang terdekat kalian tapi saran saya jika kalian melakukan peminjaman lebih baik cari orang terdekat kalian terlebih dahulu sebab untuk bunga dan waktu pembayaran orang terdekat lebih bisa diajak musyawarah.
  3. jika masih belum bisa mendapatkan modal cobalah lihat barang atau property kalian yang kiranya tidak terlalu berguna maupun bermanfaat untuk kalian di jual saja untuk modal.
  4. Cara diatas tidak bisa langkah terakhir dan tanpa resiko ialah dengan cara menabung ini solusi aman tapu kekurangannya perlu proses panjang dan membutuhkan kesabaran sampai terkumpul modal yang kita perlukan.


Tapi jika kalian usaha dibidang jasa saya rasa modalnya tidak terlalu besar karena kalian cukup membeli peralatan kerja sebab modal terbesar usaha dibidang jasa ialah skill ( kemampuan ) itu sendiri .

Nama / merek / Brand


Jika hal diatas telah terpenuhi langkah selanjutnya kalian harus menentukan merek / nama / brand produk dan jasa kalian agar konsumen mengingat brand barang atau jasa yang kalian jual.

Untuk brand / nama sendiri buatlah yang jangan terlalu panjang dan sulit diucapkan yang simpel saja agar mudah diingat mereka seperti contoh blog ini ( Navigasi Info ) hanya menggunakan 2 kosa kata saja yaitu navigasi dan Info supaya mudah di ingat orang.

Usahakan nama barang maupun jasa kalian paling maksimal menggunakan 2 kosa kata saja malah lebih bagus lagi jika cuma 1 kosa kata saja itu akan lebih cepat diingat.

Jangan gengsi


Hal ini memang sedikit sulit dan hampir dialami semua wirausaha muda walaupun begitu hal ini wajib dilakukan jika kalian ingin menjadi wirausaha sebab kenapa untuk awal melakukan usaha pasti kita belum punya banyak relasi jika kalian gengsi itu akan sulit untuk menjajakan produk atau jasa kalian dan ditambah lagi gengsi juga akan membuat kalian kesulitan untuk mendapatkan relasi.

Promosi


Promosi juga wajib dilakukan supaya nama / brand produk atau jasa kalian dapat dikenal banyak orang untuk promosi awal kalian dapat menjajakan produk dan jasa kalian pada orang terdekat kalian dan juga kalian dapat promosikannya di media sosial seperti Facebook , WhatsApp , istragram dan lainnya akan lebih baik lagi jika kalian beriklan berbayar seperti google ads , Facebook ads dan lainnya tidak mahal kok Rp 100.000 saja sudah dapat promosi selama 1 Minggu.

Hal itu harus dilakukan agar produk atau jasa kalian terkenal dan banyak yang membeli yang pastinya tujuan akhirnya ya mendapatkan cuan ( untung )

Mungkin segitu saja jika ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah kita sama - sama berbagi pengalaman.