Cara mudah untuk mengatur uang bulanan bahkan bagi yang noob - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mudah untuk mengatur uang bulanan bahkan bagi yang noob

Navigasi Info - mengatur uang bulanan memanglah tidak dapat dibilang sederhana juga sih , apa lagi bagi kita yang masih muda banyak cobaan dan keinginannya.

Cara mudah untuk mengatur uang bulanan bahkan bagi yang noob
Cara mudah untuk mengatur uang bulanan bahkan bagi yang noob

Sehingga terkadang baru menjalani tengah bulan dari gajian kita sudah terlilit hutang dengan Mbak warteg maupun bang John si bank keliling yang damage bunga nya pedes banget .

Oleh sebab itu kita yang selaku korban yang mengalami hal yang serupa ingin membagikan pengalaman dan pengetahuan agar rekan - rekan pembaca dapat memperbaiki keuangan bulanan kalian.

Oke langsung saja ke Topik pokok bahasan bagaimana cara mengatur uang bulanan sebagaimana kita telah rangkum dari berbagai sumber seperti dibawah ini .

Cara mudah untuk mengatur uang bulanan 


Menulis rincian pengeluaran bulanan

Hal pertama yang harus kalian lakukan ialah kalian harus membuat daftar list pengeluaran bulanan terlebih dahulu seperti pengeluaran perawatan kendaraan, cicilan kredit , keperluan Pokok untuk sebulan. , Pengeluaran pulsa / kuota internet dan sebagainya.

Catatan bulan sendiri didapat dari data pengeluaran harian kalian jadi kalian harus mencatat pengeluaran harian kalian juga sehingga dapat kalian bandingkan nantinya pada data bulanan dengan data bulan yang telah lewat.

Sehingga Dari rincian itu kalian dapat mengetahui pengeluaran apa saja yang membuat kalian menjadi boros dalam membelanjakan uang kalian makan kalian dapat mengerem jika akan melakukan pemborosan uang untuk bulan yang akan datang

Jangan tunda untuk membayar tagihan 

Setelah mengetahui pengeluaran bulanan kalian maka kita akan menuju langkah selanjutnya yang tak kalah penting.

Yaitu kalian harus bayar tepat waktu segala tagihan bulanan kalian sebab jika kalian menunda - muda membayar tagihan bulanan kalian akan terkena denda olehnya .

Sehingga pengeluaran bulanan kalian akan membengkak jadi jika ada waktu untuk membayarnya jangan lah kalian tunda selain akan kena denda kalian juga akan tergoda untuk memakainya.

Menabung dan investasi 

Setelah melihat data pengeluaran kalian dengan sisa uang yang kalian miliki di tangan kalian.

Sebaiknya kalian merencanakan juga untuk menyisipkan uang kalian untuk menabung atau investasi yang akan berguna nanti pada masa yang akan datang.