Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris Serta Cara Membuatnya - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris Serta Cara Membuatnya

Navigasi Info - surat pernyataan ahli waris sering ditanyakan oleh pihak bank maupun saat kita melakukan jual beli tanah , rumah dan property lainnya ketika pemilik sahnya telah wafat.
Sarat dan cara membuat Surat Pernyataan Ahli Waris
Sarat dan cara membuat Surat Pernyataan Ahli Waris

Bukan tanpa sebab bila pihak bank maupun pihak pembeli property menanyakan surat pernyataan ahli waris tersebut karena tujuan surat pernyataan ahli waris tersebut sebagai berikut.

Tujuan surat pernyataan ahli waris 


Tujuan surat pernyataan ahli waris ialah bertujuan untuk memberi bukti nyata bahwa Sanya ahli waris telah diberikan kuasa ( hak milik ) dari pemilik sebelumnya biasanya berupa tanah , rumah , property ,rekening bank dan lainnya telah sah di miliki ahli waris.

Jadi jangan heran surat pernyataan ahli waris ini dipertanyakan ketika kalian menjual tanah ,rumah dan property maupun ketika kalian mengambil uang rekening bank apa bila sang pemilik awalnya telah meninggal .

Begitu juga bila kalian membeli property dan tanah bila mana pemilik awalnya telah meninggal kalian wajib menanyakan surat pernyataan ahli waris sebab bila tidak ini akan menjadi masalah dan sengketa di kemudian hari.

Karena walaupun penjual anak sah ( anak kandung ) pemilik awal tapi tidak memiliki surat pernyataan ahli waris Dimata hukum negara kita Indonesia dia dianggap belum sah sebagai ahli waris dari tanah , rumah dan property tersebut.

Manfaat atau fungsi surat pernyataan ahli waris


Surat pernyataan ahli waris bukan hanya untuk menunjukan kesahan kepemilikan barang dan property almarhum ( pewaris ) kepada ahli waris tapi juga berfungsi atau manfaat lain sebagai berikut :


  1. Surat pernyataan ahli waris sebagai bukti sah kepemilikan barang , tanah , rumah , property dan lainnya telah dilimpahkan perwaris ( almarhum ) kepada ahli waris
  2. Surat pernyataan ahli waris digunakan sebagai salah satu sarat untuk mencairkan ( mengambil ) tabungan , deposito dan simpanan lainnya di bank milik pewaris ( almarhum ) yang disimpan di bank tersebut.
  3. Surat pernyataan ahli waris diperlukan untuk mengalihkan nama kepemilikan tanah , property ,dan barang milik pewaris menjadi nama ahli waris.


Dokumen yang dibutukan untuk Syarat pembuatan Surat pernyataan ahli waris



  • Pertama - Tama kalian persiapkan foto copy KTP dan KK ahli waris ( pemohon )
  • Selanjutnya kalian siapkan juga foto copy KTP , Surat nikah serta surat kematian milik pewaris ( almarhum ).


Itulah syarat dokumen yang diperlukan untuk membuat Surat pernyataan ahli waris sedangkan cara membuatnya sebagai berikut.

Cara membuat Surat pernyataan ahli waris



  • Kalian harus membuat surat permohonan yang dapat kalian buat di RT/RW setempat
  • Kemudian ajukan surat permohonan tersebut kepada kantor kelurahan setempat
  • Selanjutnya isi formulir yang telah kalian terima dari orang kelurahan tersebut
  • Lalu bawalah dokumen yang kalian terima dari pihak kelurahan tersebut kepada pihak pengadilan agama agar kalian dapat memperoleh fatwa waris.


Untuk proses nya jika menunjuk pada surat edaran mahkamah agung No. 3 tahun 1989 untuk proses pembuatan surat pernyataan ahli waris akan menghabiskan waktu selama 6 bulan baru selesai.

Sedangkan untuk biaya dan proses dalam menangani pembuatan surat pernyataan ahli waris untuk lebih jelasnya dapat kalian lihat pada undang - undang pengadilan agama pasal 90 ayat 1 .

Untuk contoh surat pernyataan ahli waris sebagai berikut.

Contoh surat pernyataan ahli waris 


Contoh surat pernyataan ahli waris lembar 1
Contoh surat pernyataan ahli waris lembar 1
Contoh surat pernyataan ahli waris lembar 2
Contoh surat pernyataan ahli waris lembar 2

Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk kalian