Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah bagi Pasangan Muda - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah bagi Pasangan Muda

Navigasi Info - tempat hunian ( rumah ) salah satu kebutuhan primer ( kebutuhan pokok ) bagi kita dan menjadi suatu keharusan yang harus di penuhi terutama bagi pasangan yang baru berumah tangga wajib memiliki rencana untuk membangun atau membeli rumah.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah bagi Pasangan Muda
Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah bagi Pasangan Muda

Walaupun sebagian pasangan yang baru menikah dapat tinggal di rumah orang tua dahulu akan tetapi jika kalian memiliki rumah pribadi akan banyak mendapat manfaat seperti dibawah ini

Manfaat Memiliki Rumah untuk Pasangan Muda

Manfaat Memiliki Rumah Pasangan Muda
Manfaat Memiliki Rumah Pasangan Muda

Rumah dapat menjadi Investasi


Rumah dapat menjadi Investasi kalian untuk masa depan dikarenakan harga jual rumah akan terus naik dari tahun ke tahunnya , selain itu juga rumah juga dapat kalian sewakan sehingga dapat menjadi pemasukan tambahan kalian.

Pasangan Muda yang telah Memiliki Rumah Pribadi dapat Melatih kemandirian dan kekompakan 


Pasangan muda yang telah memiliki rumah sendiri atau dalam artian lainnya tidak tinggal dirumah orang tua nya lagi akan lebih mandiri dikarenakan kalian akan mengurus segala pekerjaan rumah sendiri mulai dari cuci piring , memasak , bersih - bersih rumah hingga mengatur pengeluaran bulanan kalian hal itu dapat menempa kalian menjadi pribadi yang mandiri , bertanggung jawab dan kompak .

Di rumah pribadi kalian akan lebih leluasa


Pasangan baru yang telah memiliki rumah akan lebih leluasa sebab kalian dapat bebas mengatur tata rumah dan melakukan berbagai hal tanpa sungkan dan tanpa ada yang melarang.

Lebih privasi 


Jika kalian tinggal dengan orang tua kalian dan suatu waktu ada permasalahan hingga kalian berdua bertengkar itu akan langsung terdengar atau di ketahui oleh orang tua kalian hal itu pasti akan membuat kalian berdua malu berbeda hal bila kalian tinggal di rumah kalian sendiri .

Selain banyak keuntungan nya jika memilik rumah sendiri seperti yang kita jabarkan diatas akan tetapi banyak juga dari kita melakukan kesalahan dalam membeli rumah sehingga bukannya dapat manfaat darinya malah kita mendapat masalah dari pembelian rumah tersebut oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari berbagai sumber tentang hal apa saja yang kita lakukan dalam membeli rumah seperti dibawah ini.

Tips Cara Membeli Rumah

Tips Cara Membeli Rumah
Tips Cara Membeli Rumah

Belilah Rumah sesuai Anggaran kalian


Terkadang kita melakukan pembelian rumah terbawa oleh Nafsu disebabkan melihat fasilitas rumah yang akan kita beli seperti lokasi rumah yang strategis , keindahan rumah , dan hadiah pembelian rumah dari developer .

Sehingga kita membeli rumah tanpa melihat anggaran keuangan kita yang mengakibatkan kita malah terlilit hutang oleh sebab itu kalian harus merinci nya terlebih dahulu sebelum membeli agar tidak terbebani dikemudian hari.

Melakukan survey ke rumah yang akan dibeli


Melakukan survey lokasi ini berfungsi agar kalian tahu lingkungan rumah seperti apa yang akan kalian tinggali nanti jika membelinya .

Selain itu juga dengan melakukan survey di lokasi kalian akan lebih jelas tentang kondisi rumah yang akan kalian beli dengan melakukan survey lokasi juga kalian akan mengetahui fasilitas rumah tersebut seperti apakah rumah tersebut dekat dengan sekolahan , rumah sakit ,tempat kerja kalian dan fasilitas umum lainnya

Dengan melakukan survey juga kalian akan mendapatkan informasi tentang pasaran harga rumah di lokasi tersebut.

Mempersiapkan dana awal


Hal keuangan juga harus kalian persiapkan terutama jika kalian membeli rumah dengan cara kredit sebab membeli rumah dengan cara kredit jika membayar dengan DP yang besar akan mempengaruhi cicilan bulan nya sehingga kalian tidak kesulitan dalam membayarnya.

Untuk mempersiapkan dana kalian dapat menempuh dua cara ini mungkin dapat menjadi masukan kalian


  1. Menabung ini yang umum dilakukan selain itu dengan cara menabung tidak mengalami resiko terlilit hutang , kalian dapat menabung untuk membayar DP atau bahkan membayarnya secara kontan sehingga itu lebih baik tanpa membebani kalian dikemudian hari.
  2. Meminjam uang dengan kerabat kalian sehingga kalian dapat membayar rumah secara cash dengan bunga yang kecil atau bahkan tanpa bunga.


Perbanyak referensi


Hal ini termasuk yang jarang dilakukan beberapa orang sebab akan lebih baik jika kalian mencari banyak referensi dari berbagai sumber untuk mengetahui informasi perumahan / rumah yang akan kalian beli seperti daerah mana saja rumah dengan harga yang murah untuk perbandingan harga sehingga kalian dapat membeli rumah dengan harga yang lebih murah.

Selain itu kalian juga dapat mengetahui lokasi mana saja yang strategis untuk dibeli , reputasi developer perumahan apa saja yang bagus , dan tak kalah penting informasi KPR ( kredit pemilik rumah ) bank apa saja menyediakan bunga yang rendah .

Mungkin segini saja dari saya terima kasih telah berkunjung jika ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah.