Kekurangan dan kelebihan kayu cedar untuk dimanfaatkan menjadi furnitur maupun rumah - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan kelebihan kayu cedar untuk dimanfaatkan menjadi furnitur maupun rumah

Navigasi Info - tanaman cedar atau juga sering di sebut tanaman Aras sebagai mana tanaman cedar / aras ini masih dalam satu rumpun tanaman pinaceae , tanaman cedar / aras ini tumbuh subur di wilayah gunung Himalaya daerah inilah yang menjadi habitat asli tanaman cedar ini .

Kekurangan dan kelebihan kayu cedar untuk dimanfaatkan menjadi furnitur maupun rumah
Kekurangan dan kelebihan kayu cedar untuk dimanfaatkan menjadi furnitur maupun rumah

Nama cedar sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu kedros untuk menyebut pohon cedar ini untuk pohon cedar sendiri mampu tumbuh tinggi hingga mencapai 60 meter dari tanah dengan diameter batang pohon bisa mencapai hampir 2 meter yang pastinya ukuran dan ketinggian pohon ini cukup membuat kalian kagum melihatnya.

Selain itu pohon aras atau kayu cedar ini menghasilkan resin alami disertai aroma khas sehingga tanpa melihat kayu cedar kita dapat langsung mengetahuinya dari dari bau khas nya itu.

Kayu cedar amat tahan dengan cuaca dingin tak terkecuali pada musim salju sehingga tak heran banyak masyarakat membuat kayu cedar dijadikan bahan dasar furnitur maupun bangunan untuk di gunakan di daerah yang dingin maupun lembab dalam kondisi extream seperti itu kayu cedar tidak mudah lapuk maupun busuk.

Selain itu kandungan resin pada kayu tidak disukai rayap dan serangga lain dan juga resin yang terdapat pada kayu cedar mampu menyerap kelembaban dan aroma tidak sedap .

Pohon aras atau pohon cedar juga memiliki nama ilmiah yaitu cedrus trew, kayu cedar sangat populer digunakan menjadi furnitur maupun bangunan rumah di berbagai belahan dunia di sebabkan ketahanan kayu cedar pada kondisi cuaca extream telah terkenal.

Dari berbagai kelebihan pasti juga ada kekurangannya oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari berbagai sumber seperti di bawah ini .

Plus minus kayu cedar / kayu aras

Kelebihan kayu cedar


Kayu cedar mudah dibentuk


Kayu cedar termasuk mudah dibentuk sebab teskturnya yang lunak dan ringan memudahkan para pekerja untuk membentuknya menjadi berbagai furnitur selain itu di karenakan tekstur nya lunak kayu cedar tidak mudah pecah dalam proses pembuatan furnitur maupun kusen walaupun begitu kayu ini termasuk salah satu kayu yang awet juga.

Kayu cedar tahan rayap dan jamur


Kayu cedar ini menghasilkan aroma yang tidak disukai serangga termasuk rayap sehingga kayu ini tahan terhadap rayap dan beberapa serangga lainnya.

Selain itu kandungan resin pada kayu cedar membuat kayu cedar tidak mudah terkena jamur sehingga kayu ini cocok di gunakan menjadi furnitur yang dapat kalian letakan di indor ( dalam ruangan ) maupun outdor ( di luar ruangan )

Kayu cedar tahan terhadap cuaca apa pun 


Kayu cedar terkenal akan ketahanan nya pada cuaca seperti dingin , salju , panas maupun kemarau dalam artian lain kayu cedar mampu bertahan pada cuaca apa pun tak terkecuali cuaca extream sekali pun.

Hal ini di sebabkan kandungan resin pada kayu cedar mampu menyerap kelembaban dan aroma tidak sedap sehingga kayu cedar mampu bertahan pada cuaca dingin dan lembab.

Kayu cedar mudah untuk mendapatkan ukuran kayu yang besar 


Disebabkan pohon cedar mampu tumbuh tinggi hingga 60 meter dengan diameter bisa mencapai 1-2 meter itu membuat para petani mudah mendapatkan ukuran kayu cedar yang besar dan siap di olah menjadi berbagai keperluan pertukangan dan furnitur sehingga kita sebagai pebisnis furnitur tidak kesulitan mendapatkan kayu cedar berukuran besar.

Kayu cedar mempunyai corak kayu khas dan di gemari


Selain kelebihan di atas corak kayu cedar ini sangat digemari disebabkan corak kayu nya yang khas dan unik cocok sekali untuk di jadikan furnitur.

Corak kayu cedar ini sangat disukai oleh masyarakat Asia timur khususnya Jepang tak heran masyarakat Jepang kerap kali menggunakan kayu cedar untuk membuat rumah .

Kekurangan kayu cedar 


Kayu cedar sulit didapatkan di Indonesia


Kayu cedar ini untuk di Indonesia terbilang sulit didapat yang mana kita ketahui bahwa Sanya indonesia bukan habitat asli tanaman cedar sehingga tidak jarang di lapangan khususnya para petani tidak kenal dengan tanaman ini atau dibilang asing itu lah sebabnya terkadang kita sedikit kesulitan untuk mendapatkannya.