Kekurangan dan Kelebihan Kayu Mahoni Jika dijadikan Furnitur - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan Kelebihan Kayu Mahoni Jika dijadikan Furnitur

Navigasi Info - Tanaman Mahoni merupakan tanaman jenis meliaceae yang bernama ilmiah swietenia mahagoni dengan ketinggian pohon mahoni dapat mencapai 40 M dan diameter bisa mencapai 125cm.

Kayu mahoni
Kayu mahoni

Pohon mahoni dapat bertahan hidup di wilayah yang minim dengan air sehingga tak heran jika beberapa negara memanfaatkan tanaman mahoni untuk menjadi tanaman penghijau ruas jalan selain itu pohon mahoni juga dapat memfilter udara sampai 70 % sehingga mampu menghilangkan polusi udara.

Sedangkan untuk kayu mahoni sendiri sudah sejak dahulu dimanfaatkan oleh masyarakat kita untuk dijadikan bahan baku pembuatan furnitur dan bangunan disebabkan corak warna kayu mahoni yang bagus dan kualitas kayu mahoni yang tidak di ragukan lagi.

Dari segi kualitas dan ketahanan kayu mahoni masuk dalam jajaran kayu berkualitas nomor 2 yang masih satu poin dibawah kayu jati jadi tak heran bila mana kayu mahoni juga sering diburu di pasaran untuk di jadikan furnitur seperti lemari , kursi ,meja dan furnitur lainnya.

Walaupun banyak kelebihan kayu mahoni pasti juga memiliki kekurangan oleh sebab itu saya telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut .

Kelebihan dan Kekurangan Kayu Mahoni


Kelebihan Kayu Mahoni



  1. Kayu mahoni mudah dalam melakukan pengecatan maupun finishing disebabkan pori - pori kayu mahoni yang kecil serta serat kayu yang halus membuat kita mudah mengerjakannya .
  2. Kayu mahoni tidak mudah berubah bentuk dalam artian jika kalian telah membuat kayu mahoni menjadi produk seperti furnitur maupun bahan bangunan ( kusen ) kayu mahoni tidak akan mengalami penyusutan atau pun berubah bentuk menjadi melengkung tak heran jika kayu mahoni kerap dijadikan bahan pembuatan alat musik seperti gitar , biola dan piano.
  3. Daya tahan maupun kualitas kayu mahoni sudah terkenal sedangkan kualitas kayu mahoni hanya selisih satu tingkat saja dengan kayu jati.
  4. Kayu mahoni sangat cocok dijadikan furnitur yang bergaya klasik dikarenakan kayu mahoni mempunyai serat yang halus dan corak warna kayu yang indah dan beragam jika kalian membuatnya menjadi furnitur tak perlu di cat pun memang sudah keren sehingga kerap kali kayu mahoni dimanfaatkan menjadi furnitur yang bergaya klasik dan natural.
  5. Dari berbagai kelebihan kayu mahoni juga memiliki harga yang lebih murah dari pada kayu jati sehingga dapat menjadi pilihan kayu selain jati .


Kekurangan kayu mahoni



  1. Kayu mahoni harus di olah terlebih dahulu dengan sistem pengawetan kayu dan pengovenan kayu sebab kayu mahoni mudah terkena rayap dan hama lain sehingga kalian harus menyediakan lokasi khusus untuk menyimpannya.
  2. Kayu mahoni dalam pengeringannya memakan banyak waktu dan proses yang lama untuk dapat menjadikannya kering maksimal dan berkualitas unggul.
  3. Kayu mahoni tidak bagus untuk dijadikan furnitur atau bahan bangunan yang posisinya akan diletakan di outdoor ( di luar ruangan ) sebab kayu mahoni mudah terkena jamur , rayap dan hama lainnya.


Selain itu untuk penjualan kayu mahoni termasuk setabil dapat kalian lihat
 tabel harga kayu mahoni pada tahun 2020 sebagai berikut.

Harga Kayu Mahoni


Harga kayu Mahoni
Harga kayu Mahoni 
Note : Harga dapat berubah sewaktu - waktu

Terima kasih telah berkunjung jika ingin menambahkan dapat berkomentar di bawah.