Kos - kosan atau Kontrakan ? Pilihan yang membingungkan bagi perantau pemula - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kos - kosan atau Kontrakan ? Pilihan yang membingungkan bagi perantau pemula

Navigasi Info - disaat pertama kali kalian di perantauan baik itu untuk kuliah maupun berkerja , kalian pasti butuh tempat hunian pasti kalian kebingungan untuk memilih tinggal di kos - kosan atau di kontrakan .

Kos - kosan atau Kontrakan ? Pilihan yang membingungkan bagi perantau pemula
Kos - kosan atau Kontrakan ? Pilihan yang membingungkan bagi perantau pemula

Karena hal ini untuk pertama kalinya kalian alami sebab sebelumnya di kampung halaman kalian , kalian tinggal bersama orang tua kalian dan tak terlalu memikirkan atau mempermasalahkan tempat tinggal karena telah disediakan oleh orang tua kalian.

Apa sih itu kosan dan apa sih itu kontrakan ? Perbedaannya bagai mana baik itu kelebihan nya maupun kekurangannya masih suatu tanda tanya besar buat kalian bukan.

Oleh sebab itu kita telah merangkumnya untuk kalian sebagai berikut.

Perbandingan menyewa kosan atau pun menyewa kontrakan


Kelebihan menyewa kosan


Fasilitas kosan sudah siap pakai 


Jika kalian menyewa kosan secara otomatis kalian akan mendapatkan berbagai fasilitas seperti kasur ,lemari ,AC ,kulkas , WiFi dan sebagainya minimal - minimalnya dapat kasur dan lemari yang sudah dapat kalian pakai.

Sehingga biaya lebih hemat untuk pengeluaran awal sebab tak perlu untuk membeli kasur , lemari dan sebagainya itu sudah di sediakan oleh pemilik kos kosan.

Harga sewa kosan lebih murah


Jika kalian menyewa kosan biasanya harga sewanya lebih murah dari kontrakan karena kalian hanya menyewa satu kamar saja tidak seperti kontrakan yang biasanya satu peta bangunan atau bahkan satu rumah hunian.

Kekurangan menyewa kosan 


Kosan lebih banyak aturan


Jika kalian menyewa kosan terkadang fasilitasnya harus berbagi sehingga membuatnya banyak aturan dari pemilik kosan seperti pembatasan pemakaian air , tidak boleh memasak ,  jam 9 malam gerbang di tutup dan sebagainya.

Sehingga membuat kalian akan kurang leluasa dan kurang bebas dengan aturan itu walaupun dampak positifnya jika kalian pelajar lebih terkontrol itupun jika pemilik kosannya memang peduli dengan para pelajar orang baik - baik.

Biaya sewa kosan dibebankan pada kalian seorang


Karena kosan hanya menyewakan kamar berserta fasilitas itu membuat kalian menanggung segala biayanya sendiri sehingga lebih memberatkan juga sih untuk membayarnya jika ekonomi kalian kurang

Ruangan tidak luas 


Itu tadi kalian hanya menyewa hanya satu kamar sehingga tempatnya rada sempit jika ada kerabat kalian dari kampung ingin berkunjung akan membuat kalian sedikit kebingungan untuk memberi tumpangan menginap.

Kelebihan menyewa kontrakan


Biaya sewa kontrakan dapat patungan


Menyewa kontrakan kurang lebih seperti menyewa rumah karena bukan hanya satu kamar saja yang kalian sewa sehingga membuat kalian dapat mencari teman untuk menyewa kontrakan bersama.

Oleh sebab itu kalian dapat patungan dalam membayarnya jadi terasa lebih ringan dari pada ngekos yang harus dibebankan pada satu orang saja .

Menyewa kontrakan terlalu banyak aturan


Kontrakan biasanya punya kamar mandi didalam dan beberapa fasilitas yang terdapat di ruangan kontrakan yang kalian sewa sehingga tidak banyak aturan seperti kosan.

Ditambah lagi ada kunci kontrakan atau kunci rumah sendiri sehingga tidak ada aturan harus pulang jam berapa atau sebagainya pada intinya lebih bebas asal bisa mengontrol diri saja agar tidak kearah yang negatif .

Kontrakan lebih luas


Karena kontrakan biasanya menyewa satu peta ruangan atau bahkan satu rumah sehingga areanya lebih luas dari kosan yang hanya menyewakan satu kamar saja.

Sehingga jika ada teman atau kerabat kalian ingin menginap jadi tak masalah karena ruangannya luas .

Kekurangan menyewa kontrakan


Fasilitas awal perlu biaya 


Karena menyewa kontrakan kalian hanya menyewa tempat huniannya saja sehingga untuk fasilitas awal seperti kasur dan lemari kalian harus membelinya sendiri .

Sehingga kalian memerlukan biaya tambahan untuk fasilitas itu

Kesimpulan pribadi


Antara menyewa rumah ataupun kontrakan sebaiknya lokasinya dekat tempat kuliah maupun tempat kerja kalian sehingga tidak ada biaya tambahan untuk itu.

Jika kalian ingin mengontrak dengan teman sebaiknya carilah orang yang sudah kalian kenal dekat sehingga mengurangi resiko untuk bermasalah dikemudian hari.

Tapi semuanya lari lagi dengan kenyamanan kalian dan mana yang kelihatan terbaik untuk kalian ,terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.