Mengenal Kayu Merbau serta Kekurangan dan Kelebihannya - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Kayu Merbau serta Kekurangan dan Kelebihannya

Navigasi Info - apakah kalian pernah mendengar tanaman merbau ? Yap mungkin sebagian kita tak asing dengan nama tanaman merbau ini karena sering kita dengar saat memilih kayu untuk sebuah furnitur .

Mengenal tanaman merbau

Mengenal Kayu Merbau serta Kekurangan dan Kelebihannya
Mengenal Kayu Merbau serta Kekurangan dan Kelebihannya

Tumbuhan Merbau sering disebut juga dengan ipil atau kayu besi sebab kayu Merbau memiliki kekerasan yang mantap punya bagaikan besi .

Selain itu tanaman merbau termasuk dalam keluarga tanaman fabaceae dengan nama ilmiah Leguminosae yang juga dalam bahasa Inggris tanaman merbau di sebut mirabow, Moluccan ironwood, Malacca teak, dan lain-lain.

Pohon Merbau tingginya bisa mencapai 50M dari tanah dengan diameter maksimal 250cm dan termasuk dalam golongan kayu yang keras sehingga tak heran banyak yang memburu kayu ini untuk di jadikan furnitur ataupun sebagai bahan baku bangunan seperti kusen dan sebagainya.

Pohon Merbau tumbuh subur di wilayah timur Indonesia seperti Maluku dan Papua.

Kayu Merbau memiliki corak warna kayu berwarna kelabu ,coklat , kuning dan merah dengan tekstur kayu yang kasar serta permukaan kayu yang licin dengan serat kayu yang lurus .

Pemanfaatan kayu merbau


Kayu Merbau sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan rumah , jembatan dan bangunan kayu yang diletakan di outdor sebab kekerasan dan keawetan kayu Merbau tak usah diragukan lagi .

Sehingga beberapa orang juga memanfaatkan kayu Merbau selain menjadi bahan bangunan seperti kusen dan sebagainya tapi juga kayu Merbau digunakan untuk membuat bak truk , furnitur seperti lemari , kursi , meja dan lain-lain .

Dan juga kayu Merbau dijadikan untuk bahan dasar ukir kayu yang keren dan awet serta bernilai jual yang tinggi.

Walaupun banyak keunggulan kayu Merbau tapi juga memiliki kekurangan yang mana telah kita rangkum dari berbagai sumber seperti dibawah ini.

Keunggulan dan kekurangan kayu Merbau

Kelebihan kayu Merbau

Kayu Merbau awet punya


Kayu Merbau memiliki tingkat kekerasan yang tinggi serta tergolong kayu yang berat jadi dapat dijamin kayu Merbau tergolong kayu yang awet dan tahan lama.

Selain itu kayu Merbau tahan terhadap serangga ( rayap ) dan jamur yang merusak kayu tak heran kayu Merbau sering dijadikan lantai kayu ( tatami ) dan kusen yang ditempatkan di outdor.

Kayu Merbau lebih ekonomis


Harga kayu Merbau terbilang lebih murah dari kayu jati serta ketahanan nya juga tak diragukan sehingga dapat menjadi alternatif pengganti kayu jati dengan nilai beli yang lebih ekonomis.

Tak heran kayu Merbau lebih sering digunakan orang daripada kayu jati baik itu untuk bahan bangunan seperti kusen maupun furnitur .

Kekurangan Kayu Merbau

Pengolahan Kayu Merbau Sulit

Kayu Merbau karena memiliki kekerasan yang sehingga dalam mengelolah nya memerlukan tenaga yang ekstra dan teknik yang mumpuni terutama dalam pembuatan furnitur hal ini sendiri memakan tenaga dalam mengelolah nya .

Harga kayu Merbau 


Untuk harga kayu Merbau saat ini dipasaran sebagai berikut.
harga kayu Merbau
harga kayu Merbau
Harga dapat berubah dapat berubah sewaktu - waktu .

Itulah kurang lebih tentang kayu Merbau semoga bermanfaat untuk kalian.