Perbandingan Bisnis Property Kosan dan Kontrakan mana yang lebih Mantap - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan Bisnis Property Kosan dan Kontrakan mana yang lebih Mantap

Navigasi Info - kemarin kita telah membahas hal yang sama yaitu kosan dan kontrakan dengan pandangan kacamata konsumen atau penyewa tapi bagaimana jika kita melihatnya dari sudut pandang kacamata si pelaku usaha atau pembisnisnya sendiri.

Perbandingan Bisnis Property Kosan dan Kontrakan mana yang lebih Mantap
Perbandingan Bisnis Property Kosan dan Kontrakan mana yang lebih Mantap

Hal ini akan lebih menarik lagi jika kalian punya lahan yang strategis dan dana tapi masih bingung untuk digunakan untuk apa mungkin artikel ini dapat membantu kalian sebagai gambaran usaha property kosan maupun kontrakan.


Dari segi pandang kacamata konsumen nya sendiri telah kita beri gambaran sebagai mana artikel sebelum nya , namun jika kalian belum membacanya dapat mengklik link nya disini.

Sedangkan untuk ulasan tentang prospek maupun perbandingan usaha dibidang property kosan dan kontrakan akan kita jabarkan di bawah ini sebagai mana yang telah kita kumpulkan dari pengalaman ,riset , dan dari berbagai sumber lainnya sebagai berikut.

Perbandingan Usah Property Kosan Dan Kontrakan


Kelebihan Bisnis Kosan


Usaha Kosan Konsumen nya lebih terarah


Untuk kosan sendiri konsumennya lebih terarah dan banyak seperti karyawan , pelajar dan mahasiswa ditambah lagi banyak aplikasi yang mendukung untuk usaha penyewaan kosan ini.

Jika dilihat dari karakteristik penyewa nya kebanyakan mereka telah melek teknologi sehingga rata-rata tahu cara menggunakan aplikasi tersebut.

Yang terpenting usaha kosan kalian dekat tempat perusahaan ,perkantoran ,pemerintahan dan kuliahan yang intinya lokasi nya strategis sehingga menjadi nilai plus untuk usaha kosan kalian.

Bisnis Kosan dapat Menambahkan Usaha jasa lainnya


Untuk kosan yang biasanya dihuni oleh sebagian orang yang belum menikah ( lajang ) otomatis lebih besar untuk kalian memasukan usaha jasa disana.

Yang mana kosan selain menyedikan fasilitas umum tapi juga menyedikan fasilitas jasa yang pastinya punya biaya tambahan untuk fasilitas jasa tersebut .

Sedangkan usah jasa yang dapat dimasukan di usaha kosan antara lain:


  • Usaha laundry ( cuci baju )
  • Usaha makanan ( penyedian makanan )
  • Dan sebagai nya.


Sebab para pengguna kosan biasanya mempunyai kegiatan yang padat sehingga mereka tak sempat mengerjakan Perkerjaan tersebut dengan hal itu dapat menjadi peluang besar kalian untuk merauk keuntungan dari para penyewa kosan.

Bisnis Kosan lebih bisa di control 


Dibandingkan dengan kontrakan kosan lebih bisa terkontrol sebab dalam perjanjian sewanya kalian tidak melepas sepenuhnya kepada pengguna kosan jadi resiko kerusakan property lebih sedikit.

Kalian dapat mengawasinya sendiri atau bahkan menyewa seseorang yang kalian percayai untuk mengurus usaha kosan tersebut.

Kekurangan usaha kos kosan


Bisnis kos kosan harus mengeluarkan penyediaan fasilitas 


Hal ini yang terpenting dalam memulai usaha kos kosan. Kalian harus mengeluarkan biaya lebih untuk menyedikan fasilitas seperti kasur , lemari , AC dan sebagainya untuk menarik konsumen menyewa di kosan kalian.

Usaha kosan lebih banyak tanggung jawab


Kosan lebih banyak tanggung jawab sebab berbeda dengan kontrakan jika penyewa ada kehilangan atau perkelahian akan langsung di selesaikan di RT setempat .

Tapi jika kosan ada permasalahan seperti itu hal pertama yang akan dipertanyakan ialah pengawas kosan atau yang sering kita sebut ibu kos maupun bapak kos terlebih dahulu sehingga itu sedikit merepotkan.

Kosan sangat tergantung dengan lokasi 


Bisnis Kosan sangat bergantung dengan lokasi kos kosan itu berada sebab jika kantor maupun perusahan yang dekat lokasi itu pindah akan secara otomatis para penyewa kalian akan ikut pindah juga.

Sehingga peluang mendapatkan pengganti dari penyewa kosan yang baru sedikit lebih sulit

Kelebihan usaha kontrakan 


Bisnis kontrakan tidak terlalu bergantung lokasi


Bisnis kontrakan bisa terbilang tidak terlalu bergantungan dengan lokasi yang penting daerahnya ramai penduduk kalau menurut saya tidak seperti kosan yang harus dekat lokasi perusahaan atau kuliahan.

Sebab yang tinggal di kontrakan banyak yang telah berkeluarga dan juga bukan hanya karyawan , mahasiswa saja seperti kosan.

Usaha kontrakan tidak terlalu banyak tanggung jawab


Usaha kontrakan tidak terlalu banyak tanggung jawab sebab jika ada permasalahan seperti pencurian atau perkelahian akan di selesaikan ke RT setempat atau bahkan ke polisi .

Bisnis kontrakan uang sewanya lebih besar


Usaha kontrakan lebih besar mendapatkan uang sewa sebab bangunan yang disewakan lebih besar tidak seperti kosan yang hanya menyewakan 1 kamar saja sedangkan kontrakan menyewakan sepetak ruangan bahkan satu rumah sewa.

Selain itu terkadang dalam perjanjian sewanya langsung membayar sewa kontrakan 1 tahun ke depan sehingga kalian dapat memperoleh pendapatan dengan jumlah yang besar dalam satu waktu.

Tidak perlu menyediakan fasilitas umum


Jika kita memulai usaha kontrakan kalian tidak perlu menyediakan fasilitas umum seperti kasur , lemari ,AC dan sebagainya tapi kalian cukup menyediakan bangunannya saja.

Kekurangan Bisnis Kontrakan


Bangunan property kontrakan sering rusak


Karena tidak ada control seperti kos kosan terkadang setelah masa sewa usai kalian harus memperbaiki property kalian jika ada kerusakan sehingga memerlukan biaya yang lumayan.

Oleh sebab itu kalian harus lebih selektif dalam memilih orang yang akan menyewa kontrakan kalian.

Usaha kontrakan sedikit lebih sulit untuk memasukan usaha jasa lainnya


Karena biasanya para penyewa kontrakan kebanyakan telah berkeluarga atau jarang yang dihuni satu orang sehingga peluang kalian untuk memasukan usaha jasa seperti laundry dan masakan sedikit lebih sulit.

Kesimpulan 


Jika menurut kacamata saya pribadi sebaiknya kalian pilih usaha yang kira-kira cocok dan mudah kalian jalankan baik itu kos kosan atau pun kontrakan

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat