Spot Ngubek Ikan Yang yahuut di Lampung Utara - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spot Ngubek Ikan Yang yahuut di Lampung Utara

Navigasi Info - peristiwa ini terjadi pada hari Kamis tanggal 27 Agustus 2020 pada saat itu udara sangat panas terik menyengat kulit sebab masuk masa ini memasuki musim kemarau wajar saja sebagian empang atau rawa mengalami kekeringan tak terkecuali di wilayah Kotabumi Lampung Utara.

Spot Ngubek Ikan Yang yahuut di Lampung Utara
Spot Ngubek Ikan Yang yahuut di Lampung Utara

Saat itu Saya dan rekan-rekan lagi nongkrong bersama biasa lah kegiatan untuk mengabiskan waktu ngobrol apa saja yang penting ada rokok dan kopi menemani , kita ngobrol di dalam ruangan sambil menghindari udara yang sangat panas menyengat itu tiba - tiba salah satu rekan kami yang tak ingin namanya disebut oleh sebab itu kita panggil saja Joni iya mendatangi kami di kediaman Rz .

Dan Joni pun memberikan fatwa yang sedikit mencengangkan bahwa sanya ada kegiatan ngubek ikan di daerah Banjar agung ia pun mengajak kami ke sana dan lokasinya ternyata tidak jauh dari kebun singkong Joni.

Tapi tahukah kalian apa itu ngubek ikan ?


Ngubek ikan adalah suatu kegiatan mencari atau menangkap ikan dengan cara membuat Butek air sehingga dapat membuat ikan yang terdapat pada rawa atau pun Empang tersebut mabuk sehingga mudah ditangkap oleh ngubeker .

Dan biasanya kegiatan ngubek ikan dapat dilakukan pada genangan air yang dangkal seperti sekarang yang ke adaan rawa di daerah Banjar agung telah dangkal kegiatan ngubek ikan ini biasa saya lakukan sedari kecil di cilegon maupun di Lampung tak terkecuali di Tangerang yang mana di daerah pasundan juga mempunyai tradisi ngubek ikan ini jika di sana di sebut ngubek lauk yang mana maknanya sama yaitu ngubek ikan.

Lalu kami berempat ( Joni , Romi , Toni dan saya ) telah menyiapkan diri untuk berangkat ke Banjar agung  dengan menggunakan motor menuju spot ngubek ikan tersebut.

Tak butuh waktu lama kami mengegas motor dengan penuh kecepatan hingga menghabiskan 45 menit saja menuju lokasi spot ngubek ikan tersebut di Banjar agung .

Benar saja dapat kami lihat banyak sekali masyarakat yang sedang mengubek ikan dan sangat langka untuk saat ini di saksikan sebab tradisi ngubek ikan sudah terancam punah mungkin .

Terjun Ke TKP
Terjun Ke TKP

Kita pun terjun langsung ke TKP tersebut untuk menelusuri dan mengetahui fakta yang ada di sana apa benar di lokasi tersebut banyak ikannya .

Ternyata benar saja banyak sekali ikan yang di dapati warga setempat kami pun jadi lebih semangat melihatnya biasa nyari punyew buat nyerewit walaupun sebenarnya rada ngeri juga sebab katanya banyak isu yang beredar ikan banyak yang kena Corona di Lampung Utara.

Kami pun memberanikan diri untuk turun dan mengubek ikan di lokasi tersebut selang beberapa waktu Joni dan Romi menemukan lokasi spot yang cihuy punya di dekat dari lokasi tempat ngubek sebelumnya mereka berdua lebih terlihat bersemangat mencarikan ikan alhasil memperoleh banyak ikan dengan cara ngubek.

Tanpa di sengaja mata Romi dan Joni bertemu mata dan tertuju ke satu titik ialah pada bubu yang berukuran 1 setengah meter dan mereka pun tersenyum melihat penuh maksud dan harapan.

Walaupun hati mereka tidak tega dan berat sekali untuk mengambil ikan di dalam bubu namun apa daya ikan menggoda sekali karena banyak dan besar - besar.

Kami ucapkan terima kasih kepada yang punya bubu maaf sekali ikan udah kami seruwit dan kepada Tuhan kami minta ampun