5 Cara Agar Bisnis Maupun Usaha Kalian Bertahan Lama - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Agar Bisnis Maupun Usaha Kalian Bertahan Lama

Navigasi Info - dalam usaha ataupun berbisnis pasti ada masa naik turun terkadang bahkan membuat kita sampai menutup bisnis ataupun usaha yang telah kita bangun lama.


Tapi tak jarang juga seseorang yang mampu mempertahankan usaha mereka sampai puluhan bahkan ratusan tahun sehingga dapat di wariskan kepada anak cucu mereka.

Hal tersebut menarik perhatian kita untuk menganalisa dan merangkumnya dari pengalaman serta berbagai sumber untuk kita di ulas bersama di dalam artikel ini.

Yang mana hasil rangkuman tersebut sebagai berikut.

Tips mempertahankan bisnis agar tahan lama


1. Mempertahankan kualitas barang dan jasa


Hal utama yang harus kalian perhatikan adalah kualitas produk ataupun jasa yang kalian jual kepada konsumen.

Jika kualitas produk dan jasa kalian menurun itu dapat membuat pelanggan kalian kecewa dan pindah ke pedagang atau produsen lain yang kualitasnya lebih baik.

Kalian jangan terlena dengan jumlah pelanggan yang kalian miliki dan melupakan kualitas barang maupun jasa kalian , sebab jika hal ini kalian sepelekan dapat membuat kalian jatuh dalam kebangkrutan .

2. Berinovasi 


Hal selanjutnya kalian harus mempunyai inovasi ke depan agar usaha kalian dapat melawan arus teknologi dan perkembangan jaman yang ada.

Sebagai contoh jika kalian berwirausaha dibidang kuliner kalian dapat berinovasi menu makanan baru yang belum pernah dibuat atau pun kalian dapat membuat dagangan kalian dapat dijual belikan secara online seperti kerja sama dengan aplikasi ojol dan sebagainya.

Hal ini dapat meningkatkan konsumen kalian serta memperkenalkan produk maupun jasa kalian secara lebih luas.

3. Membuat ciri khas sendiri


Selanjutnya jika bisa produk maupun jasa kalian memiliki brand serta ciri khas sendiri yang mudah di ingat oleh konsumen.

Salah satu contoh yang seperti minuman air kemas Aqua walaupun banyak yang dapat menirunya akan tetapi konsumen akan selalu mengingat Aqua yang mana mempunyai brand ciri khas yang kuat sulit untuk di tumbangkan Sebagai mana pelopor minuman air kemas pertama di Indonesia.

Dari contoh di atas dapat kita simpulkan ciri khas dapat di ciptakan dari inovasi baik itu untuk produk , jasa maupun brand kalian.

Walaupun untuk berinovasi memerlukan biaya yang lebih tapi apa yang di hasilkan nya suatu ciri khas untuk produk , jasa dan brand kalian , hal itu dapat membuat para pesaing kalian harus melewati tembok yang besar untuk menjatuhkan bisnis kalian.

4. Memperhatikan keinginan konsumen


Walaupun kita harus berinovasi akan tetapi kita juga harus membaca dan menganalisa hal seperti apa saja yang dibutuhkan serta di inginkan oleh konsumen.

Jangan juga kalian membuat inovasi maupun perubahan yang menghilangkan hal terpenting yang di inginkan konsumen kalian.

Jika kalian terlalu egois dalam melakukan perubahan hal itu akan membuat konsumen kalian kecewa dan pergi kepada pesaing kalian.

5. Membuat strategi marketing 


Jika kita bicara bisnis maupun usaha sudah pasti tidak terlepas dari kata perdagangan ( marketing ).

Yang mana marketing menjadi ujung tombak suatu usaha untuk bertahan dan berkembang percuma saja jika banyak produk tapi susah untuk menjualnya.

Dalam hal marketing kita memerlukan strategi untuk melakukannya seperti melakukan promosi , iklan dan sebagainya .


Sebagai contoh yang baru viral saat yaitu Odading Mag Oleh yang mana memakai strategi promosi menggunakan media sosial dengan cara mempertonjolkan ciri khas dalam promosinya.


Hal itu terbukti efektif walaupun secara produk belum tentu pesaing lainnya kalah jauh dari nya dengan cara strategi marketing yang baik hal itu mampu menarik banyak pembeli ke kalian.

Hal - hal tersebutlah yang mampu mempertahankan usaha kalian agar terus berdiri dalam gempuran para pesaing dan perubahan jaman.

Jika kalian ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah terima kasih telah berkunjung dan sukses selalu.