6 cara untuk memulai berdagang online pasti menguntungkan - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 cara untuk memulai berdagang online pasti menguntungkan

Navigasi Info - saat ini kita telah memasuki era digital yang mana semua kegiatan kita dapat dilakukan di dalam rumah secara online tanpa harus keluar rumah seperti saran dan pemerintah di masa pedemi Covid 19 saat ini.

6 cara untuk memulai berdagang online pasti menguntungkan
6 cara untuk memulai berdagang online pasti menguntungkan

Dan juga berjualan maupun pembelian secara online saat ini telah mewabah sehingga sudah tidak menjadi hal asing lagi bagi kita sebab hampir semua kalangan baik tua maupun muda pernah melakukan transaksi secara online.

Hal ini membuka peluang besar bagi kita untuk membuat bisnis berjualan secara online dan pula berjualan secara online kalian tidak perlu menyewa ruko yang harga sewanya tidak murah.

Kalian cukup memanfaatkan PC / laptop bahkan kalian dapat menggunakan smart phone untuk memulai dan menjalankan usaha kalian.

Walaupun terdengar mudah dan simpel untuk berdagang secara online tidaklah sesederhana itu sebab proses untuk memulai berdagang online ini tidak lah mudah karena kalian harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut agar bisnis kalian cepat maju dan memperoleh banyak keuntungan.

Cara memulai berjualan secara online


Persiapkan tekat usaha kalian


Hal awal yang harus dipersiapkan ialah tekat kalian dalam berbisnis sebab jika kalian tidak memiliki tekat ingin usaha yang kuat ( mental lemah ) dapat dipastikan kalian akan menyerah di tengah perjalanan.

Hal itu akan mengarahkan kalian dalam kebangkrutan tanpa mendapatkan pelajaran serta keuntungan dari tindakan kalian itu sama saja dengan membuang - buang waktu dan tenaga kalian jadi sebelum memulai usaha pikirkan dahulu dan kalian harus memperkuat tekat dan keyakinan kalian terlebih dahulu sebelum memulainya.

Tentukan produk yang akan kalian jual


Setelah persiapkan mental dan tekat kalian selanjutnya tentukan produk apa yang akan kalian jual dalam artian kalian harus mengetahui dimana saja untuk mendapatkan produk yang murah sehingga dapat kalian jual dan memperoleh keuntungan dari nya.

Hal itu dapat kalian lakukan dengan cara membeli produk tersebut dengan supplier / agen bila perlu membelinya langsung dengan produsen barang tersebut sehingga kalian akan memperoleh harga barang yang jauh lebih murah .

Membuat toko online


Kalian dapat membuat toko online ( online shop ) dengan menggunakan blog atau memanfaatkan marketplace gratis seperti Bukalapak , Tokopedia dan sebagainya .

Hal ini akan menambahkan nilai lebih dari produk yang akan kalian jual sebab pembeli akan lebih yakin dan percaya untuk membeli produk kalian .

Tentukan target pembeli 


Hal selanjutnya ialah tentukan target pembeli produk kalian sebab jika salah target produk kalian akan sulit laku dijual.

Kalian dapat memanfaatkan sosial media dengan cara membuat grup atau fanspage mengenai produk yang akan kalian jual atau pun kalian dapat bergabung di grup-grup Facebook yang membahas tentang produk serupa dengan kalian.

Sebab di grup-grup Facebook atau sosial media yang membahas produk tersebut dapat dipastikan mereka akan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut sehingga lebih tertarget.

Jangan sampai kalian share atau menawarkan produk kalian di grup yang salah sebagai contoh kalian menjual produk bangunan lalu kalian tawarkan di grup hobi memancing dapat dipastikan produk kalian akan sulit laku di sana.

Promosikan produk kalian


Promosikan produk kalian sebab hal ini dapat meningkatkan penjualan produk kalian 50%-80% dari biasanya kalian dapat memanfaatkan google ads , Facebook ads , Tokopedia ada dan media periklanan lainnya.

Selain itu kalian dapat meng - endorse produk kalian kepada artis maupun Selegram di instragram supaya produk kalian lebih terkenal dan berkelas.

Hal itu juga dapat meningkatkan harga ataupun nilai jual produk kalian.

Buatlah sistem kemitraan ( reseller )


Supaya bisnis online kalian berkembang lebih pesat kalian dapat membuat sistem kemitraan ( reseller ) dengan cara memanfaatkan pelanggan ataupun relasi kalian untuk menjual produk kalian dengan cara bagi hasil dari keuntungan setiap produk yang berhasil mereka jual sistem ini lebih dikenal dengan nama reseller dengan cara ini kalian akan sama-sama mendapat untung.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan jika ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah satu lagi jika usaha kalian maju jangan lupa membantu orang yang kurang mampu supaya usaha dan rejeki kalian berkah