apa itu resesi ? dan bagaimana cara mengatasi dampak dari resesi ? - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

apa itu resesi ? dan bagaimana cara mengatasi dampak dari resesi ?

Navigasi Info - beberapa hari ini telah bertabuaran berita tentang Indonesia akan mengalami resesi sehingga membuat sebagian masyarakat menjadi sedikit panic tentang masalah resesi Tapi tahukah kalian apa itu resesi ?

apa itu resesi ? dan bagaimana cara mengatasi dampak dari resesi ?
apa itu resesi ? dan bagaimana cara mengatasi dampak dari resesi ?

Resesi adalah sesuatu peristiwa atau  gejala ekonomi dimana terjadinya penurunan ekonomi secara nyata selama lebih dari satu tahun disebabkan oleh produk domestik bruto ( GDP ) yang menurun.

Resesi dapat mengakibatkan daya beli masyarakat ikut menurun dan berbagai kegiatan penunjang ekonomi pun ikut menurun seperti berkurangnya lapangan kerja , penurunan investasi , keuntungan suatu perusahaan ikut menurun , bahkan banyak yang mengalami kerugian.

Wajar saja jika sebagian besar masyarakat kita jadi khawatir tentang berita permasalahan resesi ini . jika terus mengalami resesi bisa mengakibatkan depresi ekonomi dan jika terus berlangsung depresi ekonomi akan menjadi kebangkrutan ekonomi hal ini yang sangat ditakutkan oleh kebanyakan orang.

Indonesia mengalami penurunan ekonomi semenjak terjadinya permasalahan pedemi Covid 19 yang berada diberbagai provinsi wilayah Indonesia membuat nilai pertumbuhan ekonomi negara kita terus negatif .

Jika terus berlangsung Indonesia biasa ikut masuk dengan negara lain yang lebih dulu mengalami resesi yang mana sinyal petanda Indonesia akan terkena resesi ialah laporan pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua 2020 disebutkan bahwanya pertumbuhan ekonomi Indonesia mendapat nilai negatif 5,32% secara catatan tahunannya.

Akan sulit sekali kita lakukan untuk mengembalikan ke posisi positif kembali sebab saat ini kita juga harus mengatasi permasalah pedemi Corona yang membuat hampir sebagian besar dari berbagai sektor mengalami penurunan .

Tips menghadapi resesi

Untuk beberapa cara untuk mengatasi efek dari dampak permasalahan resesi bagi kiata adalah sebagai berikut:

Berhemat

Beli lah kebutuhan yang benar-benar kalian butuhkan terutama untuk kebutuhan pokok pada intinya harus lebih berhemat jangan terlalu menghamburkan uang dengan hal yang Tek perlu.

Persiapkan tabungan

Persiapkan tabungan jikalau kalian sampai terkena dapak resesi yang mana efek terjadinya resesi ialah terjadi nya PHK besaran jika kalian karyawan persiapkan diri kalian jikalau terkena PHK.

Persiapkan dana cadangan

Persiapkan dana cadangan untuk memenuhi kebutuhan seperti sakit dan berbagai kebutuhan urgen lainnya.

Mencari alternatif pemasukan

Cari alternatif pemasukan baru seperti membuat suatu usaha yang produk nya sangat di butuhkan saat resesi seperti kebutuhan pokok yang mana sesulit apa pun pasti manusia perlu makan dan minum serta itu pasti laku.

Ya kita berdo'a saja jangan sampai negara kita mengalami resesi karena efeknya bisa berdampak kemana .