Apa itu TDR ( time delay relay / timer ) pada mesin Industri ? - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu TDR ( time delay relay / timer ) pada mesin Industri ?

Navigasi Info - Timer / TDR ( time delay relay ) adalah suatu komponen / sparepart listrik pada mesin industri yang berfungsi untuk mengatur waktu baik untuk operasi nya maupun mengnoaktifkan nya.

Dengan kata lain fungsi timer berguna untuk mengontrol waktu untuk memutus atau menyambung arus listrik.

Jika kita tinjau dari fungsinya sama hal dengan relay dan kontaktor yang mana berfungsi untuk memutus dan menyambung arus listrik yang jadi perbedaannya hanyalah sistem kerjanya yang ditambahkan pengaturan waktu.

Sparepart timer terbagi dua komponen yaitu soket timer dan juga timer itu sendiri jika salah satu dari sparepart ( komponen ) tersebut tidak ada dapat dipastikan timer kalian tidak dapat digunakan .

Oleh sebab itu kita akan menjelaskannya kepada kalian berserta gambarnya yang mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber seperti dibawah ini.

Komponen bagian TDR ( time delay relay )


Timer ( TDR )


Timer komponen utama yang kita gunakan untuk mengatur waktu memutus ataupun menyambungkan arus listrik.

Sedangkan untuk timer sendiri terbagi dua jenis yaitu :

Timer digital dan analog
Timer digital dan analog 


  1. Timer digital
  2. Timer analog ( manual )


Jika ditinjau dari kepraktisan dan keakuratan timer digital jauh lebih unggul kalian dapat mengatur waktu dengan mudah dan lebih akurat serta indikator waktunya dapat kita lihat dari display angka yang terdapat pada LED nya kekurangan timer digital hanya harganya yang jauh lebih mahal dari pada timer analog.

Sedangkan timer analog harganya lebih murah dari pada timer digital akan tetapi pengaturan waktu nya terkadang kurang akurat serta jika untuk melihat batas waktu kerja timer kalian cuma mengandalkan lampu indikator LED yang berada didepan saja.

Soket timer


Soket timer atau juga ada yang mengatakan slot timer yang mana berfungsi sebagai dudukan timer serta untuk mengkoneksi atau menyambung rangkaian control listrik kepada setiap kali timer.

Sedangkan untuk jenis atau model nya kalian harus menyesuaikan dengan jumlah kaki timer yang kalian gunakan salah satu contoh slot timer dapat kalian lihat gambar dibawah ini.
Soket timer
Soket timer

 Yang mana pada gambar diatas menunjukan fungsi dan kegunaan slot atau konekting pada setiap kaki timer yaitu:

Koil timer

Pada gambar diatas kalian dapat menggunakan koil timer pada slot timer nomor 2 dan 7 yang mana tinggal kalian instal dengan arus listrik phase dan Nol ( masa ) 220 volt.

Input power ( power input )

Input power jika kita lihat pada gambar diatas ditunjukan pada slot timer nomor 1 dan 8 yang mana tinggal kalian koneksikan pada phase listrik yang mana itu akan menghubungkan kepada slot kaki timer NC ataupun NO.

Input power sebagian orang ada yang menyebutnya power input tapi pada intinya fungsinya untuk memberikan arus listrik pada kaki timer NC dan NO.

NO timer

NO timer terdapat pada slot kaki timer nomor 3 dan 6 yang mana saat batas waktu timer belum mencapai batasnya jika kalian tester ataupun test pen arus listrik belum terhubung dengan Power Input timer .

Sedangkan jika batas waktu timer telah menunjukan waktu settingnya maka NO akan terhubung oleh Power Input timer maka arus listrik akan mengngalir pada Slot kaki timer NO.

NC Timer

Sedangkan NC timer kebalikan dari fungsi NO timer yang mana saat batas waktu timer belum mencapai batasnya maka NC timer akan terhubung dengan Power Input timer jika kalian mentesternya.

Jika batas waktu telah terpenuhi maka NC timer akan terputus dengan Power Input timer sehingga arus listrik pun akan terputus  menuju NC timer.

Sedangkan untuk mengaplikasikan pada mesin industri telah umum digunakan terutama pada saat kalian menggunakan rangkai listrik star delta otomatis.

Jika kalian ingin melihat dan mengerti tentang rangkaian listrik motor 3 phase star delta kalian dapat membaca artikel dengan cara mengklik link disini.

Itu saja dari saya jika kalian ingin bertanya atau menambakan dapat berkomentar dibawah terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.