Cara Mudah Berternak Ayam Kampung serta peluang usaha ayam Kampung - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Berternak Ayam Kampung serta peluang usaha ayam Kampung

Navigasi Info - berternak atau memelihara hewan selain menjadi hobi kalian juga akan memperoleh penghasilan dari hewan yang kalian pelihara atau ternak tersebut.

Cara Mudah Berternak Ayam Kampung serta peluang usaha ayam Kampung
Cara Mudah Berternak Ayam Kampung serta peluang usaha ayam Kampung

Terutama jika kalian tinggal di pedesaan yang mempunyai lahan untuk kandang hewan peliharaan atau ternak khususnya jika kalian hobi memelihara ayam kampung .

Itu dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan selain itu rasa daging ayam kampung lebih gurih dan bergizi dibandingkan dengan ayam potong yang biasa kita temui di pasar serta untuk market penjualannya tidak lah terlalu sulit sebab daging maupun telur ayam kampung banyak dicari .

Apalagi telur ayam kampung ini banyak di butuhkan dalam bidang kesehatan terutama untuk campuran jamu ditambah lagi harga jual ayam kampung maupun telur ayam lebih tinggi dari ayam potong maupun ayam petelur.

Peluang berbisnis ayam kampung sangat lah tinggi dan menguntungkan dapat kalian lihat data yang kita dapat dari segala sumber yang kita rangkum dan jabarkan dibawah ini.

Keunggulan usaha ternak ayam kampung 


Saingan tidak banyak


Ayam kampung sangat dicari dipasaran dan tak jarang tidak mencukupi kebutuhan pasar hal ini di sebabkan jumlah peternak ayam kampung tidak lah banyak jika dibandingkan dengan ayam petelur maupun ayam potong.

Jadi dapat dipastikan persaingan dalam bidang penjualan ayam kampung tidaklah tinggi dibandingkan persaingan pasar ayam petelur maupun ayam potong selain itu harga jual ayam kampung pun tinggi.

Harga jual tinggi


Seperti kita singgung diatas bahwa Sanya harga jual daging maupun telur ayam kampung ini sangat lah tinggi hal ini disebabkan karena jumlah peternak ayam kampung yang sedikit ditambah lagi gizi yang terkandung pada telur maupun daging ayam kampung sangatlah tinggi.

Selain itu untuk menjual daging maupun telur ayam kampung tidak lah sulit kalian dapat menjualnya di pasar maupun di rumah makan dan tukang jamu untuk telurnya.

Gizi ayam kampung lebih tinggi


Gizi ayam kampung sangatlah tinggi hal ini lah yang membuat ayam kampung di cari banyak orang apa lagi untuk telur ayam kampung itu sendiri sering dimanfaatkan banyak orang sebagai tambahan obat kuat.

Selain itu untuk daging maupun telur ayam kampung lebih enak dibandingkan ayam potong ( ayam ras ) atau ayam petelur ( ayam negeri ) .

Ayam kampung Lebih mudah dipelihara


Untuk berternak ayam kampung tidak lah terlalu sulit dibandingkan dengan berternak ayam negeri atau ayam petelur yang cepat stress dan sensitif.

Kalian cukup membuat kandang ayam sederhana atau dilepaskan didalam pagar supaya mereka dapat makan sendiri dari segi pakan pun tidak terlalu boros seperti ayam negeri ( ayam potong ) yang konsumsi pakan nya banyak sedangkan untuk ayam kampung cukup kalian beri jagung pun sudah cukup yang mana harga jagung lebih murah dari pakan ( pelet / Pur ).

Jika kita telah mengetahui keunggulan berternak ayam kampung maka selanjutnya kita akan melangkah kepada cara berternak ayam kampung sebagai berikut.

Cara mudah berternak ayam kampung


Sistem perawatan ayam kampung secara tradisional


Untuk berternak ayam kampung kalian dapat melakukan nya dengan sistem tradisional atau dilepas sebagai mana umumnya yang kita lihat dikampung - kampung.

Kalian cukup bermodalkan lokasi yang memiliki atap untuk ayam berteduh jika hujan dan panas serta kalian juga harus membuat tempat mengerjakan telur ayam tak banyak modal kalian cukup manfaatkan yang ada saja.

Keunggulan sistem tradisional ( dilepas ) kalian tidak banyak menghabiskan pakan ayam akan tetapi resiko dari berternak ayam kampung dengan sistem tradisional ayam kampung kalian akan beresiko hilang maupun bertelur tak tahu di mana .

Dapat dipastikan jika kalian memakai sistem betenak ayam kampung dengan cara tradisional ini dalam segi modal biaya kalian akan jauh lebih murah tapi dengan sistem ini kalian setiap sore harus mengecek jumlah ayam kalian serta mencari nya jika ada yang belum pulang

Sistem berternak ayam kampung semi insentif


Sistem ternak secara semi insentif dengan cara membuatkan pagar dan tempat pemisah untuk pengawinan serta pengeraman telur ayam untuk pengeraman jika kalian punya dana / modal yang lebih akan lebih baik jika memiliki mesin penetas telur.

Kalian cukup membuat pagar supaya ayam tidak kabur dan juga memberinya atap supaya ayam kampung kalian tidak terkena hujan , untuk pagarnya sendiri kalian dapat memakai bambu , kayu , kawat bahkan jaring sedangkan atapnya kalian bisa pakai terpal atau jika ingin lebih bagus dapat menggunakan atap plastik .

Yang pastinya jika kalian menggunakan sistem semi insentif kalian akan mengeluarkan biaya modal yang lebih tinggi jika dibandingkan melihara ayam kampung dengan sistem tradisional.

Kelebihan dari sistem berternak ayam kampung dengan cara semi insentif ialah kalian akan mengurangi resiko kehilangan ayam kalian walaupun kekurangannya kalian harus merogoh kantung ( modal ) lebih besar baik untuk pembuatan pagar ataupun pakan ayam.

Perawatan ayam kampung

Perawatan ayam kampung sangat lah mudah dari segi pakan kalian dapat memberikan makan apa saja dapat dengan jagung , Pur / pakan bahkan bisa juga makan rumput 😂😂😂 ( tanaman ane kena bantai Ama ayam emak gw ).

Selain itu pembersihan kandang juga wajib dibersihkan supaya ayam kalian tidak terkena berbagai penyakit.

Untuk pengembang biakan kalian dapat memilih indukan memasukan indukan yang baik dapat kalian lihat dari postur tubuh ayam tersebut sepintas saja tahu kok yang bagus pastinya usia nya lebih muda belum pernah bertelur serta postur tubuhnya lebih besar.

Untuk pemeliharaan anakan ayam kampung sebaiknya kalian pisahkan dari ayam kampung dewasa agar ukuran tubuhnya cepat besar sebab jika di campur terkadang ayam anakan tidak kebagian jatah makanan sebab harus berebut dengan ayam dewasa.

Harga ayam kampung


Sedangkan harga ayam kampung dipasaran pada tahun 2020 kisaran harga Rp 42.000 Rp 170.000 harga ini tergantung lokasi dan sewaktu-waktu bisa berubah hanya untuk gambaran saja .

Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung jika ingin menambakan dapat berkomentar dibawah