Cara Mudah Berternak Burung Puyuh Petelur serta Kandungan dan Manfaat Telur Puyuh - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Berternak Burung Puyuh Petelur serta Kandungan dan Manfaat Telur Puyuh

Navigasi Info - telur puyuh sering kita jumpai pada acara kondangan sebagai bahan dasar campuran pembuatan sup dan juga kita dapat dengan mudah menemukan dan membeli telur puyuh rebus yang jajakan oleh pedagang asongan di dalam bus.
Cara Mudah Berternak Burung Puyuh Petelur serta Kandungan dan Manfaat Telur Puyuh
Cara Mudah Berternak Burung Puyuh Petelur serta Kandungan dan Manfaat Telur Puyuh

Telur burung puyuh dihasilkan dari salah satu unggas yang tidak dapat terbang yaitu burung puyuh itu sendiri , selain itu telur puyuh kaya akan gizi dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kalian  .

Kalian dapat melihat data kandungan gizi telur burung puyuh sebagai berikut !

Kandungan gizi dan nutrisi pada telur puyuh


  1. Protein
  2. Kolin
  3. Zat besi
  4. Kolestrol
  5. Vitamin A
  6. Kalori
  7. Lemak
  8. Selenium


Dari data kandungan telur burung puyuh diatas terdapat banyak gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh , manfaat telur puyuh sendiri kalian dapat lihat rangkuman yang telah kita dapat dari berbagai sumber sebagai berikut.

Manfaat telur puyuh bagi kesehatan


Telur puyuh dapat membantu pembentukan masa otot


Pada telur puyuh terdapat kandungan protein yang tinggi sebagaimana yang kita tahu bahwa Sanya protein berfungsi untuk pembentukan dan penguatan masa otot serta sebagai sumber energi.

Sehingga baik sekali dikonsumsi jika kalian ingin membentuk tubuh kalian agar terlihat lebih macho dan berisi

Telur puyuh bermanfaat Untuk kesehatan mata 


Telur burung puyuh mengandung vitamin A yang tinggi yang mana vitamin A berfungsi untuk kesehatan mata sehingga jika kalian mengkonsumsi telur burung puyuh kalian akan mendapat asupan vitamin A yang baik bagi kesehatan mata.

Telur puyuh berfungsi mencegah penyakit anemia


Telur puyuh mempunyai kandungan zat besi yang tinggi sebagai mana kita ketahui bahwa Sanya zat besi berfungsi untuk membantu pembentukan serta pembuatan hemoglobin yang mana dapat memperlancar aliran darah serta mempercepat terbentuknya sel darah merah sehingga akan mencegah kalian terkena anemia.

Walaupun baik bagi tubuh telur puyuh juga jika dikonsumsi berlebihan juga kurang sehat sebab kandungan kolesterol pada telur puyuh juga tinggi .

Dari manfaat baik dari kesehatan dan juga banyak di butuhkan untuk konsumsi tambahan sehingga terdapat peluang bisnis didalamnya oleh sebab itu juga kita telah merangkum juga bagai mana. Cara berternak burung puyuh petelur sebagai berikut.

Cara berternak burung puyuh bagi pemula


Persiapkan lokasi kandang burung puyuh


Persiapan awal untuk memulai berternak burung puyuh ialah pemilihan lokasi penempatan kandang burung puyuh sebab burung puyuh termasuk hewan ternak yang mudah terkena stress oleh sebab itu pemilihan lokasi suatu hal yang penting dalam proses memulai berternak burung puyuh.

Oleh sebab itu kalian harus mencari lokasi yang jauh dari kebisingan seperti pasar , jalan raya yang banyak lalu lalang kendaraan dan pabrik sebab jika burung puyuh diletakan pada lokasi yang bising itu akan membuat burung puyuh mudah terkena stress.

Selanjutnya pastikan lokasinya juga bebas dari banjir dan sirkulasi udaranya bagus sehingga burung puyuh kalian tidak mudah terkena penyakit dan stress.

Persiapan kandang


Untuk kandang sendiri bisa dibilang mirip kandang ayam tapi untuk ukuran speksifik nya kalian dapat membuat kandang dengan ukuran lebar 60 cm panjang 100 cm dengan tinggi kandang 30 cm ukuran ini mampu menampung 30 ekor burung puyuh

Selain itu kalian juga dapat membuat kandangnya bertingkat tapi jangan terlalu banyak juga tingkatnya maksimal 4 tingkat jika kalian ingin membuat kandang bertingkat.

Untuk bahan dasar pembuatan kandang kalian dapat menggunakan bambu , kayu , rangka besi serta kawat tergantung selera dan kemampuan kalian.

Jangan lupa juga setiap kandang diberikan lampu bohlam agar dapat menjaga suhu didalam kandang , suhu yang baik untuk burung puyuh ialah 20 - 25 derajat celsius dengan tingkat kelembaban antara 3 - 80%.

Sedangkan untuk lampu bohlamnya kalian dapat mengunakan lampu bohlam 25-40 Watt pada siang hari dan cuaca cerah serta lampu bohlam 40-60 Watt pada malam hari dan cuaca dingin serta hujan , jika bisa perkandang kalian beri 2 bohlam agar kalian tidak repot menggantinya terus - menerus cukup mematikan dan menyalakan dengan sakelar.

Selain itu untuk kadang burung puyuh jika dilihat dari kegunaan dan fungsinya tergolong 4 macam yaitu


  1. Kandang burung puyuh petelur : kandang ini berfungsi untuk burung puyuh menghasilkan telur yang akan kita jual dan konsumsi
  2. Kandang burung puyuh pembibitan : kandang ini berfungsi untuk indukan burung puyuh agar menghasilkan telur puyuh berkualitas untuk ditetaskan menjadi bibit burung puyuh.
  3. Kandang anakan burung puyuh : kandang ini berfungsi untuk meletakan burung puyuh yang baru menetas biasanya anakan burung puyuh di letakan di sini sampai usia 2 Minggu.
  4. Kandang burung puyuh pembesaran : kandang ini berfungsi untuk membesarkan burung puyuh , burung puyuh yang telah berusia 2 Minggu akan dibesarkan disini.

Persiapkan bibit burung puyuh


Kalian dapat membeli bibit burung puyuh pada  peternak burung puyuh lain , carilah burung puyuh yang usianya kisaran 3 Minggu itu usia yang ideal untuk kalian ternak sebab jika burung puyuh terlalu tua akan kurang produktif dan jika burung puyuh terlalu muda akan mudah terkena stress.

Selanjutnya pilihlah burung puyuh yang gesit serta lincah , tidak memiliki cacat pada tubuhnya dengan warna bulu yang berwarna cerah ini lah salah satu indikator bahwa Sanya burung puyuh tersebut sehat dan baik untuk di ternak.

Selain itu untuk membedakan burung puyuh jantan dan burung puyuh betina kalian dapat simak tips dibawah ini.

Perbedaan burung puyuh jantan dan betina


Burung puyuh jantan


  1. Burung puyuh jantan mempunyai benjolan seperti kelereng di pantatnya
  2. Bulu Burung puyuh jantan tidak memiliki gari ataupun bercak hitam.
  3. Burung puyuh jantan dapat berkokok
  4. Burung puyuh jantan ukuran tubuhnya lebih kecil 


Burung puyuh betina


  1. Burung puyuh betina tidak memiliki benjolan di pantatnya
  2. Burung puyuh betina memiliki bulu berwarna sawo matang dengan motif bergaris atau bercak hitam
  3. Burung puyuh betina mempunyai tubuh yang lebih besar.
  4. Burung puyuh betina tidak dapat berkokok.


Cara perawatan burung puyuh


Pemberian pakan

Untuk pakan sendiri kalian dapat memberi pakan burung puyuh berupa pur / pelet dan pakan tepung

Yang mana untuk pakan berbentuk pelet atau butiran kalian dapat memberinya pada burung puyuh usia 3 Minggu keatas dan untuk pakan tepung kalian dapat menggunakannya pada burung puyuh anakan .

Untuk pemberian pakan burung puyuh dapat dilakukan di pagi hari dan di malam hari dapat dibilang dalam satu harinya kalian memberi pakan 2 x .

Untuk menghemat pakan kalian dapat mencampur pakan pelet dengan jagung perbandingan 3:1 ingat ini untuk burung puyuh dewasa ya.

Menjaga kebersihan kandang burung puyuh serta pemberian vaksinasi


Kebersihan kandang harus selalu di jaga agar burung puyuh kalian terhindar dari  berbagai penyakit berbahaya.

Selain itu 1 Minggu sekali jika bisa berikan burung puyuh kalian vaksinasi dengan dosis vaksinasi setengah dari pemberian vaksinasi kepada ayam .

Vaksinasi dapat dicampur pada tempat minum burung puyuh atau pun kalian dapat meneteskannya langsung pada burung puyuh kalian.

Pengecekan kesehatan burung puyuh


Burung puyuh kalian harus selalu cek jika terlihat kurang sehat langsung di obati agar tidak menyebar ke yang lain .

Untuk pengobatannya kalian dapat meminta petunjuk PPL atau dokter hewan setempat


Proses panen


Kalian dapat memanen telur burung puyuh setiap harinya selama usia burung puyuh kalian masih produktif untuk menghasilkan telur.

Dan juga kalian dapat menetaskan telur telur tersebut untuk kalian jadikan bibit baru untuk menggantikan burung puyuh yang usianya tidak produktif lagi.

Sedangkan burung puyuh yang tidak produktif kalian dapat menjual dagingnya jika di wilayah saya 1 ekor daging puyuh dihargai Rp 15.000

Mantap bukan kalian dapat menjual telur dan daging burung puyuh sekaligus .

Terima kasih telah berkunjung jika ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah.