Istilah-Istilah Penting Dalam Dunia Properti - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Istilah-Istilah Penting Dalam Dunia Properti

Navigasi Info - Istilah-Istilah Penting Dalam Dunia Properti

Dunia properti kini sedang populer di kalangan masyarakat, dimana ada banyak sekali orang-orang yang tertarik untuk terjun ke dunia properti. Bukan menjadi alasan karena bisnis properti memang sangatlah menguntungkan bila anda berhasil menjalankannya. Sebab inilah banyak orang yang tertarik untuk terjun menjalankan bisnis properti dibandingkan dengan bisnis lainnya.

Istilah-Istilah Penting Dalam Dunia Properti
Istilah-Istilah Penting Dalam Dunia Properti

Meski begitu, bisnis properti juga memerlukan modal yang besar. Dimana properti memiliki wujud yang nyata ketika dijalankannya. Untuk menjalankan bisnis yang satu ini, modal dalam jumlah yang besar harus anda persiapkan. Hal ini akan membantu anda untuk proses dalam menjalankan bisnis yang satu ini dengan baik.

Dalam dunia properti, terdapat istilah-istilah penting yang harus anda pahami supaya bisa menjalankan bisnis properti dengan baik. Berikut ini adalah beberapa istilah penting yang ada di dalam dunia properti yang harus kamu ketahui!

Agen Properti


Istilah yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda, Agen Properti merupakan seseorang yang bernaung pada sebauh brand real estate agent, dimana tugasnya untuk menjembatani antara penjual dan pembeli properti.

Arsitek


Arsitek ini merupakan sebuah proefesi, dimana seseorang yang memiliki keilmuan dan bekerja sebagai arsitek memiliki tugas untuk membuat sebuah desain dalam properti yang aakan dibangun. Bila memiliki desain yang baik akan menjadi minat banyak orang.

Arsitektur


Berbeda dengan arsitek, arsitektur merupakan ilmu bangunan yang dimiliki oleh arsitek. Dimana seorang arsitek nantinya dapat merancang sebuah bangunan yang dapat menghasilkan arsitektur yang indah nantinya.

Booming


Istilah yang satu ini menggambarkan permintaan masyarakat yang berdampak pada pembelian ketika melonjak tajam. Biasanya developer properti mulai memasarkan properti sebanyak mungkin untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

BPHTB


Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan merpakan suatu pungutan layanan pajak atas tanah dan bangunan yang baru saja dihuni atau ditempati oleh orang-orang. Untuk besarannya kurang lebih 5% dari Nilai Jual Objek Pajak (NJO{).

Cluster


Cluster merupakan pembagian kawasan yang dilakukan oleh pengembang dalam menjalankan bisnis propertinya. Dimana pembagian kawasan tersebut nantinya akan membentuk sebuah properti.

Demand


Demand berasal dari Bahasa Inggris yang memiliki arti permintaan. Daam hal ini Demand berarti bahwa suatu properti sangat menarik untuk dimiliki Karena dapat dijual kembali secara cepat karena ada banyak orang yang tertarik untuk membeli properti.

Developer


Developer merupakan sebuah intansi atau lembaga dalam bentuk suatu perusahaan swasta maupun negeri yang bergerak di bidang properti. Disini deveveloper memiliki peran yang cukup penting untuk membangun banyak properti dalam suatu kawasan.

Façade


Istilah yang satu ini menunjukan tentang bagian eksterior rumah khususnya bagian depan rumah. Dimana kata Façade sendiri diambil dari Bahasa Perancis yang berarti di luar. 

Good Investment


Good Investment memiliki arti sebagai investasi yang baik atau menguntungkan. Dengan memilih investasi properti merupakan Good Investment, itu artinya keputusan yang baik karena menguntungkan.

Intermoda


Istilah Intermoda dalam dunia properti merupakan fasilitas pendukung yang memudahkan pemilik properti untuk bisa mengakses properti tersebut. Beberapa fasilitas Intermoda meliputi MRT, LRT, KRL, dan lain sebagainya.

Loss Transaction


Loss Transaction merupakan biaya-biaya yang tidak terlihat ataupun tidak terduga. Untuk istilah yang satu ini dapat terjadi ketika anda melakukan suatu perencanaan investasi properti dalam perencanaan yang dilakukan.

Nice Property


Nice Property memiliki istilah untuk menunjukan bahwa properti memiliki prospek yang menguntungkan dan jangka panjang. Untuk properti yang layak dikatakan Nice Property seperti halnya lokasi yang strategis, akses transportasi yang mudah, dan lain-lain.

Occupancy


Istilah yang satu ini memiliki arti okupansi, dimana banyaknya propert yang berhasil disewa atau yang akan disewakan. Untuk perhitungan dari bentuk Occupancy ini bisa dilihat dalam bentuk presentase.

Property Crash


Property Cash memiliki arti situasi dimana terjadi kegoncangan atau resesi pada dunia properti. Dapat diindikasikan melalui kenaikan harga properti yang melonjak tajam atau harga yang menurun secara drastic.

Prosperous


Prosperous memiliki arti yang sama dengan prospek, dimana prospek merupakan suatu kondisi dimana investasi properti diadakan di sebuah wilayah tertentu akan memiliki keuntungan dan prospek yang baik.

RAB (Rencana Anggaran Biaya)


Istilah yang satu ini digunakan untuk para developer dalam menentukan anggaran untuk membangun sebuah bangunan kontruksi. Dalam RAB, terdapat rincian secara detail mengenai bahan yang dibutuhkan, kualitas, dan total harga.

Recession


Resesi merupakan situasi makro ekonomi yang terjadi penurunan daya beli, biasany hal ini disebabkan oleh pandemic global yang mengalami penurunan dari berbagai macam sector. Daya properti mengalami penurunan secara keseluruhan.

SBDK


SBDK merupakan singkatan dari SUku Bunga Dasar Kredit yang merupakan suku bunga paling rendah sebagai simulasi perhitungan cicilan dan besaran kredit yang sudah ditentukan oleh bank developer.

SHGB


SHGB merupakan singkatan dari Sertifikat Hak Guna Bangunan yang merupakan bukti bahwa pemegang SHGB memiliki hak untuk menggunakan bangunan tersebut sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

SHM


SHM merupakan singkatan dari Sertifikat Hak Milik yang berfungsi sebagai kepemilikan mutlak atas sebuah properti yang anda miliki, baik itu dalam bentuk tanah ataupun bangunan. SHM menjadi salah satu kepemilikan hak mutlak tertinggi yang ada di Indonesia.

Site Plan


Site Plan merupakan gambar denah dari suatu komplek perumahan yang akan dibuat, dimana di dalamnya berisikan tentang tata letak rumah, jalan, fasilitas, dan lain sebagainya. dengan adanya Site Plan akan dapat mengetahuinya dengan jelas.

Supply


Supply memiliki istilah sebagai penawaran, dalam hal ini terdapat sebuah properti yang ditawarkan oleh pembeli ataupun penjual.

Teknik Sipil


Teknik sipil merupakan suatu ilmu yang bertugas untuk merencanakan kekuatan bangunan, disini anda dapat menjalankan suatu manajemen pembangunan yang tepat.

TOD


Transit Oriented Development merupakan suatu konsep pembangunan properti yang melakukan pendekatan dalam pengembangan tata kota dengan memaksimalkan berbbagai macam akses transportasi agar bisa diakses dengan mudah.

Turn Key


Turn Key merupakan waktu yang disepakati dalam perjanjian untuk serah terima kunci, dimana serah terima kunci bisa saja disepakati dari kontraktor ke developer perumahan ke konsumen.

Turn Over


Turn Over memiliki arti sebuah perhitungan dalam memberikan gambaran mengenai jangka waktu tentang lamanya investor dalam mencapai Break Even Point.

Urban


Urban merupakan sebutan untuk beberapa wilayah yang menjadi alternative tempat tinggal di wilayah kota besar.

Wait and See


Wait and See merupakan tindakan yang dilakukan oleh pihak investor untuk menunggu waktu yang tepat dan sambil mengamati pergerakan properti yang dijalankan.

Yield


Yield merupakan suatu tingkatan pengembalian yang didapatkan dari investasi properti. Untuk perhitungan dilakukan dari selisih harga jual dan harga pasaran properti. 

Demikian beberapa istilah dalam dunia properti. Dengan membaca beberapa istilah tersebut akan membuat anda paham mengenai istilah penting dalam dunia properti.