Jenis - Jenis Inverter yang jarang orang ketahui - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis - Jenis Inverter yang jarang orang ketahui

Navigasi Info - sebagaimana kita ketahui bahwa Sanya cara kerja inverter adalah mengubah arus listrik DC menjadi arus listrik AC dengan pengaturan frekuensi tertentu sehingga dapat mengatur daya pakai listrik dan kecepatan motor 3 phase.

Jika kalian ingin lengkap mengetahui sistem kerja dan manfaat inverter secara terperinci kalian dapat membaca artikel pada link berikut ini :


Jika telah mengetahui fungsi dan manfaat inverter maka selanjutnya kita membahas jenis inverter apa saja yang beredar serta dipergunakan dan dijual secara umum dipasaran.

Oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari berbagai sumber dan pengalaman sebagai berikut.

Jenis - jenis Inverter


Inverter solar panel


Inverter solar panel
Inverter solar panel

Inverter solar panel berguna untuk mengubah listrik yang dihasilkan solar panel yang berarus listrik DC menjadi AC.

Sehingga dengan adanya inverter solar panel kalian masih bisa menggunakan perangkat listrik rumahan yang memakai arus listrik AC ( PLN ).

Sebagaimana kita ketahui jika di rumah kalian menggunakan listrik yang dihasilkan solar panel ( tenaga matahari ) yang berarus listrik DC tersebut kalian tidak bisa mengunakan peralatan rumahan seperti TV , komputer dan lain - lain yang semuanya menggunakan Arus listrik AC.

UPS ( uninterruptible power supply )


UPS ( uninterruptible power supply )
UPS ( uninterruptible power supply )

UPS sendiri merupakan inverter yang dikombinasi dengan stabilizer serta dengan tambahan sistem charger dan penyimpanan daya listrik.

Sehingga kalian masih bisa menggunakan listrik pada saat mati lampu dengan tegangan dan arus listrik yang setabil walaupun batas waktu pakaiannya tidak lama.

Oleh sebab itu tak jarang dari kita menggunakan UPS di rumah untuk perangkat komputer kita sehingga saat mati lampu kita masih bisa mematikan komputer tanpa beresiko seperti kehilangan data yang lupa di save dan lainnya.

Inverter portable


Inverter portable
Inverter portable

Inverter portable sering kita lihat dan pergunakan pada kendaraan khususnya kendaraan roda 4 ( mobil ).

Yang mana dengan adanya inverter portable pada mobil , kalian masih bisa menggunakan perangkat yang menggunakan arus listrik AC seperti TV , DVD , Console Game dan lainnya saat kalian berkendara.

Sebenarnya ini masih sama dengan inverter solar panel hanya saja media penggunaan nya saja yang berbeda jika di tinjau fungsinya sama mengubah arus listrik DC menjadi AC

Inverter Variable speed 


Inverter Variable speed
Inverter Variable speed 

Inverter Variable speed adalah inverter yang dipergunakan untuk mengatur frekuensi listrik AC yang diterima motor 3 phase sehingga putaran motor 3 phase tersebut dapat diatur kecepatannya.

Inverter Variable speed biasa dipergunakan pada mesin industri untuk mengatur kecepatan putaran motor agar sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh operator mesin produksi.

Inverter jenis ini bisanya dapat kita temukan di perusahaan saja dan jika kalian seorang teknisi mesin pasti akan dan sering menemukan Perkerjaan perbaikan mesin yang menggunakan inverter Variable speed ini.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan pada kalian jika ingin menambahkan kalian dapat berbagi informasi ataupun bertanya pada kolom komentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.