kekurangan dan kelebihan kayu mangga untuk furniture - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

kekurangan dan kelebihan kayu mangga untuk furniture

Navigasi info - kayu saat ini sudah sedikit sulit di dapat dan juga jika ada harganya pun mahal sehingga tak jarang juga masyarakat memanfaatkan kayu perkebunan pertanian mereka untuk dijual ataupun diolah menjadi berbagai macam keperluan olahan kayu seperti furniture , kontruksi bangunan ,  alat musik dan lainnya yang berbahan dari kayu.

kekurangan dan kelebihan kayu mangga untuk furniture
kekurangan dan kelebihan kayu mangga untuk furniture

Salah satu kayu pertanian yang sering digunakan masyarakat kita untuk dijadikan produk berbahan dasar kayu ialah berasal dari kayu pohon mangga selain buah nya dapat dikonsumsi serta banyak gizinya bantang pohon mangga juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi berbagai furniture seperti lemari , kursi ,meja dan rak kayu.

Pemanfaatan pohon mangga

Pohon mangga punya nilai ekonomi yang tinggi tanaman mangga yang masih produktif buahnya bisa kalian jual dan jika tidak produktif lagi batang pohonnya masih dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan olahan kayu yang punya nilai jual tinggi .


selain pertumbuhan mangga saatlah cepat jika kalian menanam mangga dari bijinya usia 7 tahun saja kalian telah dapat menikmati buahnya dan jika kalian menanam mangga cangkokan cukup 3 tahun sudah dapat menikmati hasilnya walaupun batang pohon mangga hasil cangkokan kurang bagus kayunya tapi masih dapat dimanfaatkan.

Kelebihan kayu mangga

Walaupun kayu mangga merupakan kayu hasil pertanian akan tetapi kayu mangga juga tak kalah dengan kayu komersial untuk produk furniture lain nya yang mana kita telah merangkumnya sebagai berikut:

Kayu mangga kokoh

Kayu mangga termasuk kayu yang kokoh dari tingkat kekuatan kayunya masuk dalam jajaran kayu kuat peringkat kedua sama hal dengan kayu mahoni .

Walaupun tak sekuat kayu jati akan tetapi untuk kelas kayu hasil dari produk pertanian kayu mangga termasuk bagus 

Mudah dikeringkan

Kayu mangga untuk proses pengeringannya termasuk lebih mudah dan ringan hal ini disebabkan oleh kandungan getah pada batang pohon mangga yang sedikit.

Dalam proses pengeringannya kayu mangga memakan waktu kurang dari 1 bulan dengan cara pengering alami saja termasuk kayu yang mudah untuk di keringkan.

Mempunyai corak kayu yang menarik

Kayu mangga memiliki corak serat kayu yang bervariasi dengan pola serat Curly cocok sekali jika dibuat furniture industrial , clasic , moderen ataupun  rustic.

Hal ini pun yang membuat kayu mangga diminati oleh orang luar negeri.

Mudah dipanen

Pohon mangga termasuk tanaman yang mudah tumbuh tidak memakan waktu lama untuk dipanen dan dimanfaatkan buah dan kayunya.

Jika kalian menanam pohon mangga dari bijinya cukup waktu 7 tahun kalian sudah dapat memanen bantang maupun buahnya sangat cepat serta punya nilai ekonomi yang tinggi .

Mudah di Finishing 

Pada saat finishing kayu mangga termasuk mudah hal ini disebabkan serat kayu mangga mudah menyerap cat dengan baik sehingga kalian dapat mewarnai nya dengan beragam jenis cat yang kalian inginkan.

Kekurangan kayu mangga

Dari kelebihan kayu mangga diatas kayu mangga juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

Pengolahannya cukup sulit

Untuk mengolah kayu mangga perlu teknik khusus walaupun kayu mangga mudah dalam pengecatan akibat pori-pori kayu mangga yang mudah menyerap cat akan tetapi kayu mangga juga mudah terkena jamur yang mengakibatkan noda berwarna biru pada kayu atau sering disebut blue stain.

Blue stain ini cukup sulit ditangani memerlukan tenaga ekstra serta teknik khusus dalam pengolahan kayu mangga sebagai mana masyarakat kita tidak menyukai kayu yang terkena blue stain ini akan tetapi hal ini akan berbanding terbalik jika konsumen kalian orang luar negeri yang mana mereka lebih menyukai olahan kayu mangga yang terkena blue stain disebabkan kayu mangga yang terkena blue stain menurut mereka  menambah kesan natural pada furniture dan malah mereka cari nya.

Mungkin itu saja dari kita jika kalian ingin menambahkan dapat berkomentar di bawah dan terima kasih telah berkunjung.