Kekurangan dan kelebihan kayu Meranti merah - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan kelebihan kayu Meranti merah

Navigasi Info - tanaman Meranti sudah tak asing lagi untuk  masyarakat kita terutama dalam bidang pengolahan kayu.

Kekurangan dan kelebihan kayu Meranti merah
Kekurangan dan kelebihan kayu Meranti merah

Di Indonesia sendiri kayu Meranti merah lah yang sering digunakan untuk dijadikan berbagai macam furniture dan juga sebagai bahan dasar bangunan .

Sebagai mana kita ketahui bahwa Sanya pohon Meranti mempunyai 70 macam variasi spesiesnya salah satunya ialah meranti merah yang umum dan sering kita jumpai di lapangan.

Pohon Meranti merah sendiri masih masuk dalam golongan tanaman shorea yang mana habitat aslinya memanglah di kawasan Asia tenggara serta telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat dikawasan Asia tenggara dan menjadikannya sebagai komoditas dengan nilai ekonomis yang menjanjikan.

Baca Juga : kelebihan kekurangan kayu sonokeling


Dari segi kualitas kayu Meranti masuk dalam jajaran kayu kuat golongan ke 2 dan dalam segi ketahanan atau keawetan kayu Meranti masuk dalam jajaran kayu golongan tiga.

Kayu Meranti sendiri sangat familiar dan umum digunakan menjadi berbagai macam produk olahan kayu pada masyarakat di kawasan Indonesia timur yang mana tanaman Meranti merah tubuh subur di sana.

Pemanfaatan kayu Meranti


Pohon Meranti sendiri sering di tebang untuk di gunakan kayu menjadi berbagai furniture seperti lemari , kursi , meja dan furniture lainnya.

Selain itu pohon Meranti yang usianya tua dapat dipakai menjadi bahan dasar pembuatan rumah dan juga menjadi berbagai macam kontruksi kayu bangunan seperti kusen , papan untuk Diding rumah , plafon , atap rumah dan sebagainya.

Kayu Meranti bagus juga untuk di jadikan partikel , veneer plywood terlebih lagi jika dijadikan bubuk kayu untuk pembuatan kertas hasil dan kualitas nya mantap.

Di Indonesia timur juga tak jarang masyarakat setempat membuat peti mati menggunakan bahan dasar dari kayu Meranti merah ini.

Sedangkan untuk kekurangan maupun kelebihan kayu Meranti merah dapat kalian lihat dibawah ini:

Kelebihan kayu Meranti merah


kelebihan dari kayu Meranti merah sendiri telah kita rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut :

Mudah dikeringkan


Dalam pengeringan kayu Meranti merah terbilang mudah di lakukan bagaimana tidak kayu Meranti yang ketebalannya 3 cm kalian dapat mengeringkan secara alami cukup memakan waktu 90 hari saja dan jika kalian memakai oven atau alat pengering kayu kalian hanya memakan waktu kurang dari 1 Minggu.

Mudah dibentuk


Kayu Meranti memiliki sel kayu yang tersusun dengan rapih dan tekstur serat kayu yang rata membuat kayu Meranti tidak mudah pecah sehingga mengolahnya tidak terlalu sulit dan beresiko seperti kayu lain.

Anti rayap dan jamur


Kayu Meranti mengandung getah yang membuat rayap ogah memakannya dan juga kayu Meranti tahan terhadap jamur .

Sehingga kayu Meranti dapat di olah menjadi berbagai keperluan dari bahan kayu untuk di letakan di outdor ( luar ruangan ) maupun indor ( dalam ruangan ).

Kokoh


Kayu Meranti juga terkenal kokoh yang mana masuk dalam jajaran kayu kelas kuat ke 2 dan juga jajaran kayu awet kelas ke 3 ditambah lagi kayu Meranti tahan terhadap rayap maupun jamur.

Maka tak jarang masyarakat kita menggunakan kayu Meranti sebagai kontruksi bangunan karena memang sudah terkenal akan kekokohannya.

Kekurangan kayu Meranti


Dari kelebihan diatas pasti juga ada kekurangannya oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi sebagai berikut :

Sulit di haluskan


Walaupun kayu Meranti terbilang kayu tidak mudah pecah akibat dari kelebihan serat kayu nya akan tetapi serat kayunya juga menjadi kekurangan nya juga sebab serat kayu Meranti terbilang kasar dan membutuhkan kesabaran serta tenaga ekstra dalam menghaluskan kayu nya.

Harga lebih mahal dari kayu kelas dua yang 


Walaupun Meranti termasuk kayu kokoh akan tetapi dia masuk dalam kayu kelas 2 yang mana harganya lebih mahal dari kayu kelas dua lainnya sehingga harus bisa nyari pemasok kayu yang harganya lebih miring dan punya surat ijin yang jelas atau kayu legal.

Itulah kekurangan dan kelebihan kayu Meranti merah sedangkan untuk harganya saat ini sebagai berikut:

Harga kayu Meranti merah


Harga kayu Meranti merah
Harga kayu Meranti merah

Daftar diatas harga kayu Meranti pada tahun 2020 bulan September sebab harga dapat berubah - rubah tergantung lokasi dan waktu data di atas hanya sebagai gambaran saja untuk referensi kalian.

Jika ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung.