Kekurangan dan kelebihan kayu trembesi untuk furniture - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan dan kelebihan kayu trembesi untuk furniture

Navigasi Info - pohon trembesi atau ablizia Saman tanaman ini sering ditanam sebagai pencegah tanah longsor disebabkan daya serap air dari tanaman trembesi sangatlah kuat dan mantap.

Kekurangan dan kelebihan kayu trembesi untuk furniture
Kekurangan dan kelebihan kayu trembesi untuk furniture

Disebabkan daya serap airnya yang luar biasa itu tak heran pohon trembesi jika diluar negeri disebut dengan rain tree yang mana dalam bahasa Indonesia dapat diartikan pohon hujan .

Tanaman trembesi di Indonesia disebut juga tanaman kihujan , saur , baujan , munggur , dan kayu Ambon sedangkan asal habitat tanaman trembesi berasal dari wilayah Amerika Selatan .

Selain daya serap air yang hebat tanaman trembesi juga menyerap CO2  ( karbon dioksida / zat asam arang ) yang kuat juga bisa menyerap CO2 beberapa kali lipat dari tanaman biasa yaitu dapat menyerap kurang lebih 30 ton CO2 .

Disebabkan daya serapnya yang kuat itu tak jarang beberapa masyarakat kita menganggap tanaman ini sebagai hama pengganggu tumbuhan pertanian mereka.

Tanaman trembesi mampu tumbuh tinggi mencapai 25 meter dengan luas diameter batang pohon sampai 30 meter .

Pemanfaatan pohon trembesi 


Sebagai mana yang kita ketahui daya serap tanaman trembesi sangatlah hebat tak jarang tanaman trembesi ini di tanam sebagai pencegah banjir serta longsor.

Hal ini juga membuat beberapa daerah menanam tanaman ini di berbagai ruas jalan di daerah walaupun beberapa orang tidak suka akan keberadaan tanaman ini di ruas jalan disebabkan akar tanaman trembesi sangat lah luas dan terkadang merusak jalanan tersebut serta bangunan yang dekat dengan tanaman trembesi.

Selain digunakan sebagai untuk serapan air tanaman trembesi juga dimanfaatkan untuk pembuatan furnitur yang indah dan keren enak dipandang dan kualitas kayu trembesi pun tak kalah bagus yaitu masuk dalam golongan kayu berkualitas tingkat 3 - 4 dari segi daya tahan atau keawetan .

Untuk kekurangan serta kelebihan kayu trembesi dalam pembuatan furniture adalah sebagai berikut.

Kekurangan dan kelebihan kayu trembesi untuk furniture


Kelebihan kayu trembesi


Kayu trembesi diameternya besar


Disebabkan diameter kayu trembesi yang terbilang besar dari kayu untuk pembuatan furniture biasanya sehingga kalian tidak terlalu pusing untuk mencari ukuran kayu yang besar.

Yang mana dalam pembuatan produk kayu yang besar kalian tidak perlu membuat sambungan dalam membuatnya.

Kayu trembesi mempunyai corak kayu dan serat kayu yang indah


Kayu trembesi memiliki corak warna kayu yang alami serta serat kayunya pun terbilang lebih menonjol dari kayu biasanya.

Sehingga jika kalian ingin membuat suatu furniture yang ingin menunjukan kesan alami maupun gaya klasik kayu trembesi dapat di jadikan alternatif untuk membuat furniture tersebut.

Harga kayu trembesi lebih murah


Jika kalian bergerak dibidang produksi furniture kalian dapat membeli kayu ini dengan harga yang terbilang murah.

Disebabkan kemampuan tumbuh kembang kayu ini terbilang cepat sama seperti kayu sengon tapi Dangan corak kayu yang indah dan bergaya klasik 

Kekurangan kayu trembesi


Kayu trembesi tak kuat dengan rayap dan jamur


Kayu trembesi termasuk kayu kelas 3 - 4 yang mana kualitas daya tahannya kurang baik salah satunya kayu ini tak kuat dengan serangga dan rayap.

Ditambah lagi kayu trembesi juga mudah terkena jamur sehingga perlu perawatan dan penanganan lebih untuk mengolahnya.

Tapi untuk saat ini teknik pengawetan kayu termasuk telah canggih kalian dapat mengatasi jamur dan rayap sekaligus walaupun ada tambahan biaya dalam pengolahannya.

Kayu trembesi tidak dapat menopang beban berat


Kayu trembesi termasuk kayu ringan sehingga jika kalian membuat suatu produk furniture yang mengharuskan menahan beban yang berat itu sangat tidak cocok dan membahayakan kalian sangat beresiko patah dan menimpah orang.

Kayu trembesi biasa diolah menjadi furniture seperti meja , kursi dan lemari pakaian yang mana hanya menahan beban yang tidak berat.

Kayu trembesi mudah pecah


Kayu trembesi termasuk kayu yang mudah pecah sehingga dalam pengolahannya kalian harus sedikit berhati dalam pengolahannya.

Kayu trembesi tidak cocok buat furniture yang di letakan di outdor 


Dari berbagai macam kekurangan di atas dapat dipastikan produk furniture dari olahan kayu trembesi tidak cocok untuk di letakan di outdor ( diluar ruangan ).

Sebagai mana yang kita ketahui bahwa Sanya kayu ini mudah terserang rayap maupun jamur.

Sedangkan untuk harga kayu trembesi di pasaran pada tahun 2020 adalah sebagai berikut.

Harga kayu trembesi


Daftar list harga kayu trembesi
Daftar list harga kayu trembesi

Data list harga di atas hanyalah hasil survey yang kita dapat dilapangkan pada tahun 2020 harga dapat berubah tergantung lokasi dan waktu setidaknya list harga tersebut dapat kalian jadikan gambaran .

Mungkin itu saja dari kita jika kalian ingin menambakan dan berbagi pengalaman serta ilmu dapat berkomentar di bawah , terima kasih telah berkunjung dan sukses selalu.