Kelebihan dan kekurangan Kayu Eboni yang Harus kalian Ketahui - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan Kayu Eboni yang Harus kalian Ketahui

Navigasi Info - kayu eboni si kayu hitam dari Sulawesi ini sangat dicari - cari untuk membuat berbagai furniture mewah dengan harga yang mahal.

Kelebihan dan kekurangan Kayu Eboni yang Harus kalian Ketahui
Kelebihan dan kekurangan Kayu Eboni yang Harus kalian Ketahui

Tanaman eboni sendiri masih tergolong jenis tanaman ebenaceae yang mana habit asalnya di wilayah Indonesia timur khususnya di pulau Sulawesi paling banyak tubuh di wilayah palu atau Sulawesi tengah.

Pohon eboni bisa mencapai tinggi maksimal 40 meter dengan diameter mencapai 1 meter disertai kulit batang khas yang terlihat terkelupas dan corak kayu yang berwarna hitam khas dengan bercak warna kayu putih , kuning dan kemerahan.

Tanaman eboni mempunyai nama ilmiah diopyros celebica serta dikenal diluar negeri dengan nama maccasar ebony dari nama-nama nya selalu berkaitan dengan wilayah habitat asal nya yaitu pulau Sulawesi.

Selain kayu eboni juga dikenal di indonesia dengan berbagai nama yaitu kayu hitam , Sora , toetandu , kayu maitong dan kayu lontong , kayu eboni telah lama dimanfaatkan masyarakat setempat untuk menjadi berbagai olahan kayu sebagai berikut.

Manfaat kayu eboni 


Kayu eboni telah lama dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk di jadikan furniture , ukiran kayu , dan kusen.

Tak jarang juga kayu eboni ini digunakan untuk pembuatan alat musik seperti gitar , piano , biola dan alat musik lainnya.

Kayu eboni paling banyak di cari terutama oleh para pencinta kayu dan furniture di sebabkan kayu eboni mempunyai corak warna kayu yang khas dan terkesan berkelas.

Sedangkan untuk kelebihan dan kekurangan kayu eboni untuk dijadikan furniture sebagai berikut.

Kelebihan dan kekurangan kayu eboni


Kelebihan kayu eboni


Kayu eboni awet / tahan lama


Kayu eboni tergolong kayu kuat dan tahan lama , kayu eboni termasuk jajaran kayu terawet kelas 1.

Dan juga kayu eboni kuat dalam cuaca apa pun sehingga tak masalah untuk meletakan olahan kayu eboni baik di  indoor ( dalam ruangan ) ataupun  outdoor ( di luar ruangan ).

Baca juga : Kelebihan dan kekurangan kayu Cempaka hutan

Kayu eboni mempunyai corak kayu yang khas dan terkesan mewah 


Dapat kita lihat secara khas yang berwarna hitam legam dengan belang putih dan kemerahan yang berkesan mewah dan indah.

Disebabkan corak kayu yang khas ini lah tak jarang di buru para pencinta kayu sehingga kayu eboni terancam akan punah.

Harga jual yang tinggi


Disebabkan kayu eboni hanya tumbuh di Sulawesi dan permintaannya banyak membuat kayu eboni terancam akan punah sehingga harga jual kayu eboni ini menjadi sangat tinggi satu balokan kayu saja di hargai Rp. 500.000 sedangkan untuk per batang pohonnya bisa mencapai Rp. 50.000.000

Wajar saja saat ini kayu eboni termasuk kayu di lindungi sehingga jika kalian ingin memanfaatkannya kalian harus membuat perijinan yang rumit serta harus memiliki lahan budidaya kayu ini juga agar dapat menjaga kelestarian kayu eboni .

Kekurangan kayu eboni


Kayu eboni sulit diolah


Kayu eboni termasuk kayu yang memerlukan teknik pengolahan kayu yang mumpuni disebabkan kayu eboni ini sangat sensitif dalam artian mudah pecah.

Oleh sebab itu jika memiliki skill pengolahan kayu dan peralatan yang kurang mumpuni sangat beresiko dalam pengolahannya.

Kayu eboni pengeringannya lama


Kayu eboni termasuk kayu yang sulit dan lama untuk di keringkan dikarenakan kayu eboni mengandung minyak dan air yang tinggi.

Hal ini lah yang membuat membutuhkan waktu yang lama serta peralatan pengeringan kayu yang canggih untuk mengeringkan kayu eboni.

Terlalu beresiko


Kayu eboni terlalu beresiko disebabkan kayu eboni termasuk dalam kayu yang dilindungi negara dan badan internasional seperti IUCN dan CITES.

Jadi jika kalian mengambil nya sembarangan kalian dapat terjerat hukum, sehingga jika kalian ingin memanfaatkan nya harus ada izin dan ketentuan yang harus terpenuhi terlebih dahulu.

Itulah sepenggal tentang kayu eboni yang harus kalian ketahui sebelum memulai usaha pengolahan kayu sebab kayu ini termasuk kayu akan punah sehingga kalian harus membuat perizinan dan mengikuti aturan yang berlaku.

Terima kasih telah berkunjung dan jika kalian ingin menambakan kalian dapat berkomentar dibawah.