Kelebihan dan kekurangan kayu Mindi serta manfaatnya - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan kekurangan kayu Mindi serta manfaatnya

Navigasi Info - pembahasan soal kayu maupun tanaman memanglah suatu hal yang menarik untuk kita kupas dan ulas bersama oleh sebab itu kita akan mengulas kembali soal perkayuan. 

Kelebihan dan kekurangan kayu Mindi serta manfaatnya
Kelebihan dan kekurangan kayu Mindi serta manfaatnya

Kali ini kita akan membahas mengenai tanaman Mindi yang mana tanaman ini sering dimanfaatkan batang pohonnya menjadi furniture yang indah dan bermanfaat bagi kita.

Tanaman Mindi sendiri masih satu kelompok tanaman meliaceae dan jika di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama pohon receh , Cakra - cikri , ringging dan Mindi.

Asal tanaman Mindi sendiri berasal dari cina , India serta Burma . Pohon Mindi dapat tumbuh pada cuaca tropis maupun subtropis sedangkan daerah yang pertama kali membudidayakan pohon Mindi ialah wilayah Amerika Utara.

Yang unik dari tanaman Mindi ini adalah hasil warna corak kayu nya dapat berubah - ubah tergantung di daerah mana kalian membudidayakannya hal ini menjadi suatu keunikan tersendiri disebabkan tanaman ini dapat tumbuh di wilayah dengan iklim tropis maupun subtropis.

Pohon Mindi sering tumbuh liar di pedalaman hutan dengan tinggi maksimal mencapai 20 meter dari tanah , di Indonesia sendiri tanaman Mindi masih jarang yang membudidayakannya tak seperti pohon penghasil kayu lainnya.

Pemanfaatan tanaman Mindi


Pemanfaatan tanaman Mindi dibidang kesehatan


Akar tanaman Mindi yang kecil dipercaya dapat menyembuhkan penyakit cacingan oleh masyarakat disebabkan akar tanaman Mindi kecil mengandung toosendanin , margoside , kaemferol , resin , tirterpene kulinone dan tannin.

Pemanfaatan tanaman Mindi untuk bahan dasar furniture


Pohon Mindi sering ditebang untuk kegunaan pembuatan bermacam furniture serta bahan dasar pembuatan rumah kayu Mindi mempunyai tekstur permukaan yang halus nan indah serta terlihat bersih dan cerah .

Disebabkan tekstur serat kayu Mindi sangat halus dan kayu Mindi mudah dibentuk sehingga tak jarang produsen plywood sering mencari kayu Mindi ini untuk di olah menjadi plywood ( kayu lapis / triplek ).

Untuk kekurangan dan kelebihan kayu Mindi dalam pembuatan furniture dapat kalian lihat data yang kita kumpulkan dari berbagai sumber dibawah ini.

Kelebihan serta kekurangan kayu Mindi untuk pembuatan furniture


Kelebihan kayu Mindi


Kayu mindi tahan terhadap rayap dan jamur


Walaupun kayu Mindi ini tergolong kayu berkualitas dengan ketahanan rank 3 akan tetapi kayu Mindi tahan terhadap serangan rayap maupun jamur .

Sehingga jikalau kalian ingin membuat suatu furniture untuk diletakan di indoor maupun outdoor tak masalah .

Kayu Mindi mempunyai corak kayu yang indah dan halus


Corak kayu Mindi termasuk enak dilihat dan indah dipandang sebab corak kayu Mindi menyerupai corak kayu jati.

Selain itu seperti kita singgung diatas bahwa Sanya kayu Mindi mempunyai tekstur kayu yang halus laksana bagaikan kayu oak hal ini juga banyak diburu para pengusaha plywood.

Kayu Mindi mudah dibentuk


Kayu Mindi mudah dibentuk menjadi  olahan berbagai furniture ditambah lagi kayu Mindi ini jika telah menjadi suatu produk tak mudah melengkung ( gelombang ) sehingga kayu Mindi ini sering di buru oleh para pengrajin kayu .

Selain itu kayu Mindi ini bebas dari mata kayu yang sering mengganggu tampilan kayu sangat sempurna untuk menjadi berbagai olahan kayu .

Kekurangan kayu Mindi 


Susah didapat 


Kayu Mindi sendiri banyak yang memburunya disebabkan banyak keunggulannya akan tetapi untuk di Indonesia sendiri kayu ini sulit didapat disebabkan masih jarang yang membudidayakannya .

Harga kayu Mindi


daftar harga kayu Mindi
daftar harga kayu Mindi 

Untuk harga kayu Mindi pada tahun 2020 dapat kalian lihat daftar harga kayu Mindi diatas sedangkan harga tersebut hanya sebagai gambaran sebab harga kayu dapat berubah sewaktu - waktu tergantung permintaan pasar.

Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat jikalau kalian ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah.