Keunggulan serta kekurangan PLC ( programmable logic controller ) harus kalian ketahui sebelum membelinya - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan serta kekurangan PLC ( programmable logic controller ) harus kalian ketahui sebelum membelinya

Navigasi Info - saat ini hampir dari semua lini kehidupan pasti memakai listrik tak terkecuali perusahaan manufaktur yang mana sangat berketergantungan dengan mesin industri.

Keunggulan serta kekurangan PLC ( programmable logic controller ) harus kalian ketahui sebelum membelinya
Keunggulan serta kekurangan PLC ( programmable logic controller ) harus kalian ketahui sebelum membelinya

Dapat dipastikan setiap mesin industri memerlukan listrik untuk mengoperasikannya baik itu mesin industri rumahan maupun mesin industri sekala besar sebagai mana yang kita ketahui bahwa Sanya mesin industri memerlukan sistem control kelistrikan untuk mengoperasikannya .

Sedangkan didalam sistem control kelistrikan tersebut memerlukan banyak komponen ( sparepart ) seperti kontaktor , timer , relay , counter dan sebagainya.

Hal ini membuat komponen ( sparepart ) tersebut memadati panel listrik yang kita pakai untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu caranya kalian dapat menggunakan PLC.

PLC adalah singkatan dari bahasa Inggris yaitu programmable logic controller jika di artikan dalam bahasa Indonesia ialah pengontrolan logika yang terprogram .

Dengan PLC kalian dapat membuat sebuah sistem control kelistrikan mengunakan prinsip sistem pengkabelan (  wiring ) sebagai dasar logika pembuatan program nya.

PLC sendiri banyak kelebihannya walaupun juga pasti ada kekurangannya oleh sebab itu kita telah merangkumnya sebagai berikut.

Kelebihan dan kekurangan PLC ( programmable logic controller )


Kelebihan PLC ( programmable logic controller ) 


PLC Mempermudah dalam mencari permasalahan kerusakan sistem kelistrikan mesin industri


Sebagai mana kita ketahui bahwa Sanya PLC dapat mengurangi banyak komponen ( sparepart ) yang dipakai dalam sistem kontrol kelistrikan mesin industri .

Hal ini membuat jumlah kabel yang digunakan otomatis lebih berkurang yang mana mempermudah kita dalam pencarian kerusakan komponen listrik dalam mesin industri tersebut.

Selain itu PLC juga mempunyai lampu indikator arus listrik yang masuk pada slot PLC tersebut di tambah lagi jika kalian mempunyai laptop dapat langsung memantau dari monitor laptop jalur listrik mana yang rusak atau terputus pada mesin tersebut.

PLC dapat mengurangi biaya pembelian sparepart ( komponen ) listrik


Jika mesin industri menggunakan PLC itu akan mengurangi banyak biaya pembelian kabel dan juga mengurangi biaya pembelian sparepart listrik seperti Contrator , timer , counter , relay dan sebagainya

Jika kita hitung dari segi ekonomis menggunakan PLC jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan sistem control kelistrikan  analog ( convetional ) yang banyak memakan biaya pembelian kabel dan komponen listrik selain itu mencari permasalahan kerusakan listriknya pun terbilang simpel.

Jumlah slot ( kontak ) lebih banyak


Untuk slot atau kontak PLC jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan kontaktor maupun relay yang jumlah slotnya sedikit.

Selain itu setiap slot ( kontak ) dapat kalian program menjadi berbagai komponen listrik yang kalian ingin kan .

PLC mudah di program ulang serta mudah dalam perbaikan


PLC mudah dibuat program baru jikalau program sebelumnya ada kesalahan rangkaian listrik sebab kalian cukup mengecek rangkaian nya cukup melalui monitor laptop.

Berbeda hal jika kalian masih menggunakan rangkaian listrik dalam sistem konvensional yang mana membutuhkan banyak waktu dalam perbaikannya.

Selain itu jika kalian menggunakan PLC  untuk pembuatan programnya tidak lah lama dan tidak terlalu ribet sebab cukup menggunakan laptop serta dalam hitungan menit program baru dapat terselesaikan dan sudah di instal ulang dengan program sistem rangkaian yang baru .

PLC dapat di instal dengan berbagai sistem rangkaian listrik 


Penggunaan PLC tidak terpaku dengan satu rangkain listrik saja sebab kalian dapat menginstal PLC dengan berbagai variasi rangkaian listrik .

Hal ini salah satu nilai plus yang dimiliki oleh PLC jika ada rangkaian baru kalian dapat menguji serta menginstalnya langsung untuk di coba digunakan.

PLC dapat menyederhanakan rangkaian listrik dan mudah dirapihkan 


Dengan PLC kalian dapat membuat rangkaian listrik jadi lebih sederhana dan simpel sebab PLC dapat mengurangi penggunaan sparepart ( komponen ) listrik sebagai mana yang kita ketahui jumlah komponen listrik yang terlalu banyak akan mempersulit kita dalam pengecekan dan perbaikan.

Selain itu penggunaan kabel pun ikut berkurang sehingga untuk esktika kerapihan rangkaian listrik pun mudah dibuat tidak seperti menggunakan sistem konvensional yang memakai banyak kabel sehingga terkadang sulit untuk merapihkan nya.

PLC keamanan nya lebih terjamin


Dengan PLC kalian dapat mengujinya tanpa harus menghidupkan listrik 3 phase sebab ada beberapa rangkaian konvensional yang memaksakan kalian harus menyalakan listrik 3 phase .

Jika kalian mengunakan PLC cukup mengeceknya di monitor laptop saja selain itu kalian dapat mengunci ( lock ) sehingga tidak ada yang bisa sembarangan mengakses , mengubah bahkan mencuri rangkaian .

Interface PLC Mempermudah kita membuat rangkaian baru


Dengan interface PLC yang dapat kita pantau di monitor komputer ( PC ) maupun laptop sebelum kita aplikasikan ke mesin.

Hal ini mempermudah kita dalam membuat rancangan rangkaian listrik yang lebih sederhana dari rangkaian sebelumnya disebabkan kita dapat mengecek kesalahan rangkaian listrik tanpa harus mengaplikasikannya.

PLC mudah membuat dokumentasi


Dengan PLC kalian dapat dengan mudah mencetak ( print ) rangkaian mesin hanya hitungan menit saja.

Berbeda hal dengan sistem konvensional yang mana kalian akan sulit membuat dokumentasi rangkaian control mesin .

Hal ini mempermudah kita dalam mendata setiap rangkaian mesin yang kita punya.

Dapat memantau kerusakan dari jarak jauh


Untuk versi terbaru beberapa PLC telah diberikan sistem wireless sehingga mempermudah kita dalam mengakses nya di manapun tidak musti harus tiba di lokasi untuk memantau kerusakan rangkaian control listrik tersebut

Kekurangan PLC ( programmable logic controller ) 


Dari berbagai macam kelebihan di atas pasti juga ada kekurangannya oleh sebab itu kita telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut.

Tenaga ahli yang dapat mengoperasikan PLC jarang


Disebabkan PLC salah satu teknologi terbaru sehingga untuk mencari orang yang mampu memprogram serta mengaplikasikannya di mesin termasuk jarang yang bisa.

Sehingga kalian harus selektif kesulitan dalam mencari tenaga ahli yang menguasai PLC .

PLC tidak kuat dalam lingkungan suhu tertentu


Lingkungan yang terlalu panas dapat membuat PLC rusak atau error' selain itu suhu terlalu lembab juga mampu memacu konsleting listrik PLC .

Jadi untuk mengaplikasikan PLC kita harus melihat dahulu kondisi peletakan mesin industri .

Mungkin itulah yang dapat saya sampaikan kepada kalian jikalau kalian ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah dan terima kasih telah berkunjung di blog kami.