Langkah awal untuk memulai bisnis pertanian dengan cara memanfaatkan lahan tak terpakai - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah awal untuk memulai bisnis pertanian dengan cara memanfaatkan lahan tak terpakai

Navigasi Info - di musim pedemi Covid 19 ( Corona ) ini banyak dari kita yang terkena imbas nya dibidang ekonomi tak jarang dari sebagian kalangan malah terkena PHK oleh dampak Corona ini.

Langkah awal untuk memulai bisnis pertanian dengan cara memanfaatkan lahan tak terpakai
Langkah awal untuk memulai bisnis pertanian dengan cara memanfaatkan lahan tak terpakai

Hal ini membuat kita untuk memutar otak agar mendapatkan tambahan pemasukan atau mencari pemasukan utama akibat hilangnya pekerjaan.

Jika kalian di kampung halaman mempunyai lahan yang luas tapi tidak kalian manfaatkan mungkin lebih baik kalian manfaatkan lahan kosong tersebut untuk dijadikan lahan pertanian yang produktif .

Apalagi untuk sekarang ini kebutuhan pokok sangatlah laku dan dibutuhkan dimasa pedemi ini selain kalian mendapatkan uang dari penjualan sayuran maupun tanaman yang kalian tanaman kalian juga dapat manfaat dari konsumsi tanaman yang kalian tanam dapat dipastikan kualitasnya lebih baik sebab kalian tahu proses tanam dan perawatannya.

Tapi sebelum kalian memulai usaha dibidang pertanian sebaiknya kalian memahami beberapa faktor dibawah ini agar tidak kaget untuk memulai bisnis pertanian tersebut.

Langkah awal untuk memulai bisnis pertanian


Mengetahui sistem pertanian


Hal awal untuk memulai bisnis pertanian ialah kalian harus mengetahui dulu sistem pertanian tanaman yang akan kalian tanam.

Sebab setiap tanaman mempunyai cara tanamnya tersendiri tidak dapat asal tanam karena jika salah sistem pertanian ( cara menanamnya ) dapat dipastikan tanaman tersebut tidak tumbuh atau bahkan mati.

Salah satu contoh kalian menanam sayuran di wilayah yang pasokan airnya tidak memadai dapat dipastikan sayuran yang kalian tanam itu akan tidak subur bahkan mati , contoh lainnya lagi seperti menanam kaptus di kawasan rawa atau jumlah pasokan air nya berlebih dapat dipastikan tanaman kaptus tersebut akan mati .

Oleh sebab itu langkah awal yang kalian harus kuasai ialah sistem pertanian tanaman yang akan kalian tanam terlebih dahulu akan kalian tanam pada lahan atau kondisi tanah seperti apa.

Membuat analisa biaya


Setelah kalian menemukan tanaman yang akan kalian tanam dengan sistem pertanian seperti apa maka selanjutnya kalian harus mengetahui jumlah biaya awal yang kalian keluarkan untuk luas jumlah lahan kalian punya tersebut.

Sebab jika kalian tidak menganalisanya terlebih dahulu itu akan menguras biaya berupa modal maupun tenaga.

Contohnya kalian ingin menanam sayuran dengan lahan 1 hektar akan tetapi analisa kalian kurang atau lebih itu akan membuat kalian boros ataupun kurang puas dalam bisnis pertanian oleh sebab itu kalian rinci dan analisa terlebih dahulu sebelum memulai bisnis pertanian tersebut.

Mencari market tanaman yang kalian tanaman


Jika 2 hal diatas telah kalian selesaikan selanjut nya kalian harus mengetahui market pasar tempat melempar produk pertanian kalian.

Sebab jika kalian tidak mempunyai market penjualan produk kalian maka produk pertanian kalian tidak dapat dijadikan uang .

Tapi menurut pengalaman saya sendiri untuk mencari market penjualan produk sayuran ataupun rempah kalian tidaklah terlalu sulit sebab produk hasil pertanian tersebut selalu dibutuhkan akan tetapi untuk mencari nilai harga jual produk hasil pertanian yang tinggi memang sedikit sulit juga.

Mungkin itu saja hal awal yang kalian butuhkan atau ketahui dalam memulai usaha atau bisnis pertanian jika kalian ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah sehingga kita dapat saling berbagi pengalaman terima kasih telah berkunjung dan semoga sukses.