Mengenal dan Manfaat Inverter - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal dan Manfaat Inverter

Navigasi Info - apa itu inverter ? Hal ini pasti menjadi tanda tanya besar buat kita terutama yang tidak faham soal kelistrikan.

Mengenal inverter berserta manfaatnya
Mengenal inverter berserta manfaatnya

Inverter selalu di dengung - dengungkan pada setiap iklan AC ( Air Conditioner ) di TV maupun jaringan internet yang dikatakan bahwa sanya AC yang menggunakan inverter jauh lebih irit pemakaian daya listrik nya benarkah demikian.

Sebagai mana kita ketahui bahwa Sanya sendiri sistem kerja inverter sama hal dengan adaptor yang mana berfungsi mengubah arus listrik AC menjadi arus listrik DC.

Akan tetapi Inverter mempunyai sistem kerja kebalikan dari sistem kerja adaptor tersebut yaitu mengubah arus listrik DC menjadi arus listrik AC.

Manfaat inverter sendiri bukan hanya itu saja sebagai mana kita telah merangkumnya dari berbagai sumber sebagai berikut.

Manfaat atau fungsi Inverter


Inverter sebagai alat pengubah arus listrik DC ke AC


Dengan inverter kita dapat mengubah arus listrik DC ( arus listrik searah ) menjadi arus listrik AC ( arus listrik bolak - balik ).

Hal itu bisa terjadi diakibatkan ada nya komponen trafo switching yang mengkonversikan arus listrik DC menjadi arus listrik AC dengan frekuensi listrik tertentu yang melalui sirkuit control yang terangkai tepat pada inverter.

Inverter dapat mengatur kecepatan motor 3 phase


Jika kalian berkerja pada perusahaan tepatnya dibidang teknik pasti tidak asing lagi dengan inverter yang mana kita menggunakannya untuk mengatur kecepatan putaran motor 3 phase.

Hal itu bisa terjadi karena ada pengatur frekuensi listrik pada inverter yang mengakibatkan pergerakan putaran motor listrik terpengaruh akibat arus listrik AC yang masuk ke motor listrik 3 phase frekuensi nya kita atur pada frekuensi tertentu yang kita inginkan.

Inverter berguna untuk menghemat listrik


Inverter juga dapat kita pergunakan dalam penghematan daya listrik yang terpakai sehingga pembayaran listrik rumah kalian pun lebih irit .

Hal ini sistem kerjanya sama seperti untuk mengatur kecepatan motor listrik yang mana frekuensi arus listrik AC kita control sedemikian rupa agar penggunaan listrik nya lebih hemat maka tak heran bahwa AC ( air Conditioner ) jika memakai inverter akan lebih irit pemakaian listrik.

Itulah manfaat inverter sebenarnya tak heran bahwa Sanya iklan AC yang menggunakan Inverter pada komponen AC nya jauh lebih irit penggunaan listriknya jika dibandingkan dengan yang tidak memakai inverter walaupun harga belinya AC ( air Conditioner ) tersebut jauh lebih mahal.

Sedangkan untuk jenis - jenis inverter kalian dapat membaca pada link disini

Terima kasih telah berkunjung semoga artikel yang kita buat bermanfaat untuk kalian jika ingin menambahkan kalian dapat berkomentar dibawah.