Mengenal fungsi dan jenis aki pada kendaraan serta cara perawatan nya - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal fungsi dan jenis aki pada kendaraan serta cara perawatan nya

Navigasi Info - aki ( accu / baterai ) adalah salah satu komponen sparepart pada kendaraan yang berfungsi untuk membantu kelistrikan kendaraan terutama pada saat starter serta membantu memenuhi kebutuhan listrik nya pada kendaraan baik itu mobil maupun motor.

Mengenal fungsi dan jenis aki pada kendaraan serta cara perawatan nya
Mengenal fungsi dan jenis aki pada kendaraan serta cara perawatan nya

Dari fungsi dan kebutuhan aki ( Accu / baterai ) sangat membantu kendaraan kalian agar nyaman pada saat kita berkendara , sedangkan jika melihat dari jenis kandungan zat kimia yang terkandung pada aki maka akan terbagi 5 jenis yaitu sebagai berikut.

5 jenis aki yang biasa dipakai


Aki Kering 


Aki kering ( maintenace free ) adalah baterai ( aki ) yang paling sedikit menggunakan cairan elektrolit ( asam sulfat ) selain itu aki kering menggunakan timah kalsium tidak seperti aki basah yang menggunakan timah antimoni .

Secara keunggulan timah kalsium lebih baik dibandingkan timah antimoni sebagai mana kita ketahui bahwa Sanya timah kalsium daya uap padanya lebih kecil dibandingkan timah antimoni sehingga penggunaan cairan elektrolit lebih sedikit atau lebih hemat .

Aki basah 


Aki basah adalah aki ( baterai ) yang paling banyak menggunakan cairan asam sulfat ( cairan elektrolit ) .

Serta menggunakan timah antimoni sebagai penghantar reaksinya sebagai mana kita ketahui timah antimoni daya uap nya sangat lah tinggi sehingga dalam pemakaian cairan asam sulfat ( cairan elektrolit ) lebih banyak dari yang lain.

Aki basah juga yang paling banyak di gunakan pada masyarakat sehingga memudahkan kita mencari / membeli nya di pasaran bahkan sampai di daerah pelosok pun kita dapat menemukan aki jenis ini.

Aki kalsium


Aki kalsium adalah aki ( baterai ) yang menggunakan timah kalsium sebagai kutub positif dan negatif aki tersebut.

Sebagai mana kita ketahui daya uap pada timah kalsium sangatlah rendah selain itu daya listriknya pun terbilang lebih baik dibandingkan jenis 2 aki diatas.

Hal ini juga membuat kita sulit mencari ( membeli ) aki ini dipasaran di sebabkan memang jarang yang memakai aki jenis ini jika ada harganya pastilah mahal.

Aki hybrid


Aki hybrid adalah jenis aki ( baterai ) yang menggunakan penggabungan 2 jenis sistem aki yaitu aki basah dan aki kering .

Sehingga kita mendapat semua keunggulan dari aki basah maupun kering yang mana perawatannya simpel dan juga hemat cairan elektrolit .

Jenis aki ini jarang kita temui dipasaran walaupun tidak sejarang aki kalsium .

Aki gel 


Aki gel adalah jenis aki ( baterai ) yang menggunakan gel sebagai pengganti cairan elektrolit nya.

Aki jenis ini merupakan teknologi terbaru dan tercanggih saat ini , dengan mengganti cairan asam sulfat ( cairan elektrolit ) dengan gel membuat aki ini menghilangkan efek negatif dari asam sulfat yang mana membahayakan manusia sebagai mana kita ketahui bahwa cairan sulfat mempunyai efek korosif.

Selain itu aki gel perawatannya simpel dan juga daya tahan ( awet ) nya lebih tahan lama dibandingkan aki lain .

Aki jenis ini paling jarang di temukan di sebabkan memang jenis aki terbaru dan bila ada harganya paling mahal dari jenis aki yang lain.

Sedangkan untuk perawatan aki pada kendaraan telah kita rangkum dari pengalaman serta berbagai sumber sebagai berikut.

Tips cara perawatan aki ( accu / baterai ) pada kendaraan


Pengecekan beban listrik pada kendaraan 


Pengecekan beban listrik pada kendaran kalian wajib di lakukan sebab terkadang beban listrik berubah tinggi di sebabkan karat ataupun konselet pada jaringan listrik kendaraan.

Hal ini dapat membuat aki kendaraan kalian cepat soak ( rusak ) jika aki menerima beban listrik yang berlebih dari kemampuannya oleh sebab itu kalian harus melakukan pengecekan beban listrik kendaraan kalian secara rutin dan berkala agar aki kendaraan kalian awet.

Perawatan pembersihan rutin


Selain pengecekan beban listrik kendaraan  kalian juga harus memperhatikan kebersihan aki kalian hal ini di lakukan untuk supaya aki kalian tidak cepat berkarat yang membuat beban listrik menjadi tinggi.

Selain itu kalian juga dapat melihat jumlah cairan elektrolit pada aki kalian sehingga jika mengalami pengurangan kalian dapat langsung mengisi nya .

Melakukan pengecekan listrik pada aki


Jika kalian mempunyai multi tester ataupun volt meter dan ampere meter akan lebih baik kalian mengecek aki pada kendaraan kalian.

Supaya jika kandungan listriknya jauh berkurang kalian dapat langsung mengecasnya ataupun jika tidak banyak berkurang dapat mengecasnya dengan memanaskan kendaraan kalian.

Memanaskan kendaraan


Setelah melakukan perawatan dan pengecekan aki diatas selanjutnya lakukan pemanasan kendaraan hal ini berfungsi untuk mengecas listrik yang ada pada aki agar selalu mencukupi .

Selain itu dengan melakukan pemanasan kendaraan juga sirkulasi oli pada kendaraan akan lebih lancar dan baik oleh sebab itu pemanasan kendaraan harian secara rutin hukum nya wajib dilakukan.

Melepas kabel kendaraan pada aki saat kendaraan tidak dipakai.


Melepaskan kabel pada aki berfungsi agar daya listrik aki tidak berkurang walaupun hal ini hanya mengurangi daya listrik yang kecil tapi jika dalam waktu yang lama dapat membuat aki kalian jebol ( soak / rusak ).

Hal ini biasa terjadi saat kita mudik atau pulang kampung dalam waktu lama tanpa membawa kendaraan kita tersebut sehingga kita tidak melakukan pemanasan pada kendaraan yang mana salah satu fungsinya mengisi daya listrik pada aki kendaraan.

Gunakan aki yang standar pada kendaraan


Untuk kendaraan sendiri pilihlah aki yang standar untuk kendaraan kalian sebab jika daya aki kurang akan mengakibatkan aki mudah soak / rusak .

Sedangkan jika aki daya listriknya tinggi akan membuat alternator pada kendaraan akan cepat rusak sebagai mana kita ketahui alternator berfungsi untuk pengisian daya listrik pada aki kedaraan jika aki kendaraan kalian mempunyai kapasitas yang lebih tinggi ( tidak standar ) akan membuat alternator berkerja lebih keras sehingga retan mengalami kerusakan.

Jadi pada intinya pilihlah aki yang standar dan berkualitas agar aki dan kendaraan kalian tahan lama tak bermasalah saat kalian mengendarai nya.

Mungkin itu saja dari saya jika ingin menambahkan dapat berkomentar dibawah semoga informasi dari kami dapat membantu kalian.