Mengenal kekurangan dan kelebihan kayu ramin serta manfaatnya yang jarang orang tahu - Navigasi info -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal kekurangan dan kelebihan kayu ramin serta manfaatnya yang jarang orang tahu

Navigasi Info - Tanaman ramin ialah salah satu tanaman yang menghasilkan kayu yang cukup bermutu dan banyak di cari terutama dalam pembuatan plywood ( triplek ) , serta tumbuh subur di wilayah pulau Sumatra dan pulau kalimantan .

Mengenal kekurangan dan kelebihan kayu ramin serta manfaatnya yang jarang orang tahu
Mengenal kekurangan dan kelebihan kayu ramin serta manfaatnya yang jarang orang tahu

Pohon ramin masih satu kelompok dalam rumpun tanaman thymelaeaceae , jika di Kalimantan pohon ramin di kenal oleh masyarakat Kalimantan sendiri disebut dengan nama pohon jamin .

Pohon ramin  biasa tumbuh di wilayah daerah yang kondisi tanahnya gambut dengan iklim cuaca nya tropis seperti negara kita Indonesia , tak jarang juga sering kita temui tanaman ramin ini di daerah yang berawa .

Selain di Indonesia kalian juga dapat menjumpai tanaman ramin ini di negara Asia tenggara seperti di negara Malaysia dan negara Brunai Darussalam .

Pohon ramin dapat tumbuh tinggi maksimal hingga 45 meter dari tanah dengan diameter maksimal batang kayu mencapai 21 meter.

Manfaat kayu ramin


Pohon ramin sering ditebang dan dimanfaatkan masyarakat untuk diambil kayu nya digunakan untuk bahan dasar pembuatan furniture , dinding rumah serta plywood ( kayu lapis / triplek ).

Kayu ramin banyak di buru untuk dijadikan plywood dan keperluan kerajinan kayu khususnya untuk ukiran maupun pembuatan furniture seperti lemari , kursi dan meja.

Kayu ramin yang mempunyai corak kayu berwarna kekuningan serta putih dengan tekstur permukaan kayu yang halus disertai berwarna cerah yang terkesan bersih.

Selain itu kayu ramin juga termasuk kayu yang ringan dan lunak sehingga tak jarang orang memanfaatkan kayu ramin untuk dijadikan bahan dasar pembuatan kontruksi bangunan ringan dan juga beberapa orang mencari kayu ramin ini untuk dijadikan ukiran kayu yang keren karena kelunakan kayunya mempermudah dalam mengukirnya dan juga kayu ramin mempunyai kesan yang bersih menambah kesan elegan dan berkelas.

Dari semua pemanfaatan kayu ramin yang pastinya kayu ramin ini sangat  populer dan diminati untuk pembuatan plywood ( kayu lapis / triplek ).

Untuk kelebihan maupun kekurangan kayu ramin telah kita rangkum dari berbagai sumber seperti dibawah ini.

Plus minus kayu ramin


Kelebihan kayu ramin


Kayu ramin termasuk kayu yang kuat


Kayu ramin termasuk golongan kayu yang kuat dengan kualitas kekuatan kayu tingkat ke 3 sehingga kayu ramin dapat menahan beban yang lumayan berat oleh karena itu tak jarang juga masyarakat memanfaatkan kayu ramin untuk pembuatan furniture seperti lemari , rak kayu ,kursi dan lainnya sebagai bahan dasarnya .

Kayu ramin mempunyai corak kayu yang bersih


Seperti yang telah kita singgung diatas bahwa Sanya kayu ramin mempunyai corak kayu yang berwarna kuning dan putih disertai tampilan yang cerah sehingga memberikan kesan bersih nan ilegan tampilannya itu cocok sekali untuk dijadikan plywood dan ukiran kayu.

Kayu ramin mempunyai tekstur halus dan lunak


Sebagai mana yang kita ketahui bahwa kayu ramin mempunyai tekstur kayu yang halus dan rata selain itu kayu ramin pun lunak sehingga mudah dalam pembentukannya baik untuk pembuatan furniture atau pun pembuatan ukiran kayu.

Kekurangan kayu ramin


Kayu ramin mudah terkena jamur dan rayap


Walaupun kayu ramin termasuk kayu yang kuat akan tetapi kayu ramin ini bukan lah kayu yang awet sebab kayu ramin mudah sekali terkena jamur maupun rayap oleh sebab itu kayu ramin ini tidak lah cocok sebagai bahan dasar furniture  maupun bangunan lainnya yang penempatannya di outdor ( di luar ruangan ).

Kayu ramin mempunyai aroma yang tidak sedap.


Kayu ramin jika baru di tebang akan mengeluarkan getah kayu dengan aroma yang kurang sedap di cium walaupun begitu saat kayu ramin ini telah kering aroma tidak sedap itu pun perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

Jika kalian mengeringkan kayu ramin ini secara alami akan memakan waktu yang lama yaitu 70 hari sehingga jika kalian ingin mempercepat proses pengeringannya kalian dapat menggunakan mesin dry yang memakan waktu 1 Minggu untuk kayu ramin kering sempurna .

Itu lah beberapa informasi tentang kayu ramin yang telah kita kumpulkan dari beberapa sumber yang terpercaya semoga bermanfaat untuk kalian jika ingin menambahkannya kalian dapat berkomentar dibawah.