Syarat Pembelian Tanah Yang Perlu Diketahui - Navigasi info a -->
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Pembelian Tanah Yang Perlu Diketahui


Tanah menjadi suatu aset penting untuk kehidupan seseorang, dimana tanah nantinya akan dapat digunakan untuk keperluan banyak hal, baik itu untuk membangun rumah, membangun bisnis, dan lain sebagainya. Tanah sangatlah penting untuk anda miliki supaya kedepannya bisa menjadi lebih baik. Bagi yang belum memiliki tanah pastinya ingin sekali membelinya. Mereka berkeinginan memiliki tanah untuk suatu hal yang akan dibangun nantinya.

Syarat Pembelian Tanah Yang Perlu Diketahui
Syarat Pembelian Tanah Yang Perlu Diketahui

Jika ingin membeli tanah, harus ada beberapa hal penting yang harus anda perhatikan, seperti halnya harga, lokasi, kondisi, dan memperhatikan persyaratan yang diberikan. Hal ini akan sangat membantu anda untuk bisa mendapatkan tanah sesuai yang diinginkan. Dalam membeli tanah juga harus ada bukti transaksi jual beli tanah yang sudah dilakukan kedua belah pihak.

Dengan adanya bukti tersebut nantinya menandakan bahwa tanah yang dijual belikan sudah menjadi kepemilikan dari pihak masing-masing. Bagi si penjual akan menerima uang dan bagi si pembeli akan menerima tanah tersebut. Dengan adanya persyaratan tersebut tentu akan menjadikan anda lebih efektif untuk melakukan jual beli tanah.

Persyaratan harus anda perhatikan jika ingin membeli sebuah tanah. Berikut ini adalah beberapa syarat penting pembelian tanah yang perlu anda ketahui!

Cek Status Tanah


Syarat yang pertama harus anda ketahui adalah mengecek status tanah terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian tanah. Terdapat tiga macam istilah penting dalam jual beli tanah, yakni free, clean dan clear. Ketiga hal tersebut harus anda pahami dengan baik supaya bisa mengecek status tanah.


  1. Free merupakan tanah sangketa, dimana tanah tersebut merupakan nama pemilik sesuai dengan yang tertera di sertifikat tanah.
  2. Clean merupakan tanah yang sedang tidak digunakan untuk kegiatan ekonomi atau untuk kegiatan orang lain yang tidak berhak berada di dalamnya.
  3. Clear merupakan ukuran serta juga batasan-batasan tanah yang tepat sesuai dengan apa yang ada di dalam sertifikat.

Ketiga hal tersebut sangat penting untuk dipahami untuk mengecek bahwa status tanah tersebut dalam kondisi baik atau tidak. Dengan begitu, anda tidak akan melakukan kesalahan dalam pembelian tanah.

Perhatikan Surat Asli dan Lengkap


Surat asli dan lengkap juga menjadi salah satu persyaratan yang sangat penting dalam proses pembelian tanah. Disini anda harus mengecek terlebih dahulu berbagai macam surat-surat penting yang dibutuhkan. Dalam hal ini, legalitas merupakan hal wajib yang harus ditanyakan pertama kali saat anda akan membeli tanah.

Banyak sekali penipuan yang terjadi dengan membuat sertifikat duplikat yang dibuat oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Disini anda harus bisa memastikan bahwasanya sertifikat yang dijual benar-benar asli. Untuk mengecek asli atau tidaknya, anda bisa mengeceknya di Badan Pertahanan Nasional (BPN) setempat.

Proses pengecekan yang dilakukan oleh BPN berdasarkan peta pendaftaran, daftar tanahm surat ukur, dan buku tanah. Hal tersebut sudah diatur dalam peraturan pemerintah Republik Indonesia No 24 Tahun 1997 yang menjelaskan tentang Pendaftaran Tanah pasal 34. Dengan pengecekan tersebut tentu akan minim penipuan yang terjadi di dalamnya.

Melihat sekarang sudah jamannya modern, anda bisa memanfaatkan teknologi anda supaya bisa mengecek keaslian dari sertifikat rumah tersebut dengan cara menggunakan aplikasi Sentuh Tanahku. 
Aplikasi tersebut sengaja disediakan langsung oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang Pertahanan Nasional.

Aplikasi Sentuh Tanahku ini memberikan pelayanan untuk mencari tahu berbagai macam persyaratan dan smulai biaya mengenai layanan pertanahan, penelusuran berkas sertifikat di bidang tanah, dan dapat digunakan untuk melihat secara langsung mengenai lokasi tanah di peta online. Dengan pengecekan yang dilakukan secara detail, hal ini akan mematikan bahwa tanah yang anda beli tidak sedang dijaminkan atau terkena masalah apapun itu.

KTP Penjual Suami Atau Istri


Persyaratan yang harus anda penuhi selanjutnya adalah KTP dari si penjual. Hal ini akan dijadikan sebagai jaminan dalam melakukan pembelian tanah. Anda bisa memfotokopinya terlebih dahulu sebagai persyaratan penting yang harus dipahami. 

Dengan menggunakan KTP, di dalamnya terdapat identitas secara lengkap mengenai syarat jual beli tanah yang harus dipenuhi.
Sangat penting bagi anda untuk mempersiapkan KTP dalam melakuakn jual beli tanah. KTP yang digunakan bisa milik suami saja atau istri. Akan lebih efektif menggunakan KTP suami karena brtindak sebagai kepala keluarga. Dengan begitu, perysaratan akan lebih resmi bilamana menggunakan KTP penjual suami istri.

Bukti Pembayaran Pajak


Dalam melakukan pembelian tanah, anda juga harus memperhatikan hal penting yang satu ini. Dimana bukti pembayaran pajak akan menjadikan jaminan penting dalam jual beli tanah yang dilakukan. Anda bisa meminta bukti pembayaran pajak bumi dan bangunan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Apabila pembayaran pajak sudah dilakukan sebagaimana mestinya, hal ini menjadi kepercayaan tambahan dalam proses jual beli tanah. Dari pihak pembeli tentu akan mempertimbangkan bilamana pajak tidak pernah dibayarkan sama sekali. Sangat penting bagi anda untuk memberikan bukti pembayaran pajak.

Surat Persetujuan  


Bagi anda yang sudah berkeluarga dan ingin melakukan penjualan tanah, anda harus melakukan persetujuan dari kedua belah pihak, baik itu suami atau istri. Hal ini bertujuan agar penjualan yang dilakukan lebih terjamin dan tidak ada pengalihan dari kedua belah pihak. Dengan meminta surat persetujuan suami dan istri tidak akan menjadikan permasalahan bilamana terjadi sesuatu nantinya.

Penjualan tanah tanpa sepengetahuan suami dan istri akan membuat sengeketa nantinya. Seperti halnya suami yang menjual tanahnya kepada orang lain tanpa sepengetahuan istrinya sendiri, hal ini tentu akan mengakibatkan sengketa nantinya. Maka dari itu, dengan meminta surat persetujuan suami dan istri menjadi salah satu pilihan yang paling tepat untuk anda jalankan.

Kartu Keluarga


Persyaratan yang selanjutnya harus anda perhatikan adalah kartku keluarga. Sudah pastinya persayaratan yang satu ini harus dicantumkan dalam proses jual beli tanah.

 Anda bisa memfotokopi kartu keluarga terlebih dahulu untuk diberikan kepada pembeli rumah sebagai jaminan dalam melakukan pembelian.

Sebagai pembeli, anda harus menanyakan detail mengenai kartu keluarga tersebut. Cocokan juga dengan ktp apakah sudah sesuai atau belum. Bilamana keduanya sudah cocok, maka itu bisa menjadi kepercayaan sebagai syarat pembelian tanah.

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Pembeli?


Ada hal penting yang harus pembeli persiapkan dalam melakukan jual beli tanah. Anda cukup menyiapkan KTP dan juga Kartu Keluarga. Sebagai pihak penjual juga tidak ingin tertipu oleh para pembeli. Anda harus mengetahui apa saja yang kiranya dibutuhkan dalam menjalankan proses jual beli tanah.

Demikian beberapa persyaratan penting yang harus dipersiapkan dalam melaksanakan jual beli tanah. Sangat penting bagi anda untuk memperhatikan apa saja persyaratan yang dibutuhkan dalam melakukan jual beli tanah. Dengan begitu, tidak akan menjadi masalah saat proses jual beli tanah sudah dilakukan antara kedua belah pihak.